Liburan Seru ke Pantai Nampu di Wonogiri. Surga Tersembunyi yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Nampu Wonogiri

Buat kamu yang suka liburan ke pantai, pasti sudah sering liburan ke pantai yang terkenal di sekitar Jogja dan sekitarnya. Kebiasaan sih berada di Gunungkidul bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah ini dikenal dengan pantai-pantainya yang cantik. Ternyata, nggak jauh dari Gunungkidul, ada pantai cantik juga yang lokasinya cukup tersembunyi. Tepatnya berada di Wonogiri.

Advertisement

Wonogiri adalah kabupaten yang terletak di bagian tenggara provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan Waduk Gajah Mungkur juga bakso dan mie ayamnya. Lebih dari itu, Wonogiri memiliki beberapa pantai cantik yang bisa dikunjungi, salah satunya Pantai Nampu. Hipwee Travel kali ini akan mengulas perjalanan ke Pantai Nampu, biar weekend list kamu nambah satu!

Untuk menuju Pantai Nampu harus melawati jalan yang naik turun. Belum lagi tikungan yang tajam seringkali menjadi tantangan

Kondisi jalan ke Pantai Nampu via www.gubugkecilsangentung.net

Berangkat dari kota Solo, kami memulai perjalanan pada pagi hari agar bisa menikmati Pantai Nampu lebih lama. Membutuhkan waktu tempuh 2 jam 30 menit dari kota Solo, dengan jarak sekitar 90 km. Kamu yang dari Jogjakarta juga bisa ke Pantai Nampu dengan waktu tempuh yang nggak beda jauh.

Kami melalui jalan yang naik turun dan tikungan yang cukup tajam karena Pantai Nampu terletak di perbukitan. Walaupun begitu, kondisi jalan sudah teraspal dengan baik. Namun, sekitar 2 km sebelum pantai, kami berhadapan dengan jalanan yang penuh pasir dan berbatu. Siapkan kendaraan yang ‘sehat’ ya biar nggak bermasalah nantinya.

Advertisement

Tiba di Pantai Nampu, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan menuruni bukit menggunakan tangga

Tangga menuju pantai via backpackerjakarta.com

Suara ombak dan birunya pantai sebenarnya sudah bisa dinikmati ketika sampai di area parkir Pantai Nampu. Namun, untuk menyentuh bibir pantai, kami masih harus menuruni tangga yang menjadi penghubung antara tempat parkir dan pantai. Tangga yang dibuat sudah tertata rapi dan hanya membutuhkan waktu sekitar 5-10 menit untuk turun.

Ombak Pantai Nampu yang cukup besar membuat beberapa dari kami menolak diajak berenang. Tapi sebenarnya Pantai Nampu relatif aman untuk pengunjung yang ingin berenang, asal nggak terlalu ke tengah. Selain itu, nggak jauh dari bibir pantai terdapat karang tajam yang berbahaya. Jadi harus tetap hati-hati, ya!

Pantai Nampu memiliki gardu pandang yang sudah lama nggak terpakai. Kalau nggak mau berenang, coba deh ke sini!

Pantai Nampu dari gardu pandang via www.instagram.com

Setelah puas berenang, kami kembali ke atas untuk mengunjungi gardu pandang yang nggak jauh dari parkiran. Kelihatannya gardu pandang ini adalah bangunan yang nggak selesai, sehingga digunakan wisatawan untuk melihat Pantai Nampu dari atas. Gardu pandang membuat kami menikmati luasnya samudera hindia yang biru. Tempat ini bisa jadi cara lain untuk menikmati Pantai Nampu dan melihat matahari tenggelam di sore hari.

Advertisement

Dari gardu pandang kamu juga bisa melihat pantai tersembunyi yang jarang dikunjungi. Bisa jadi alternatif kalau sedang banyak wisatawan di Pantai Nampu, lho

Pantai Pringjono, pantai tersembunyi~ via www.instagram.com

Dibalik bukit Pantai Nampu, ternyata ada Pantai Pringjono  yang katanya jarang dikunjungi wisatawan. Emang sih, nggak selebar Pantai Nampu, tapi Pantai Pringjono juga nggak kalah cantik. Di pantai ini, kami nggak melihat ada warung yang mendekati bibir pantai, bahkan nggak ada orang juga di sana.

Sama seperti Pantai Nampu, untuk sampai di Pantai Pringjono juga harus menuruni bukit melalui jalan setapak. Suasana Pantai Pringjono yang sepi dan tenang cocok buat yang ingin pikirannya kembali jernih. Sayangnya saat itu hari mulai sore dan angin semakin kencang, mungkin lain waktu kami akan mengunjungi pantai ini.

Sambil menunggu matahari tenggelam, warung-warung di sekitar pantai menyediakan tempat untuk bersantai

Menunggu matahari tenggelam via www.instagram.com

Kami memutuskan untuk menunggu matahari tenggelam sambil bersantai di warung-warung sekitar pantai. Warung-warung di Pantai Nampu terletak nggak jauh dari bibir pantai dan ada juga di atas bukit. Keduanya menyediakan makanan instan dan minuman seperti es degan sampai teh manis hangat. Jadi nggak perlu khawatir, kalau lapar dan haus tinggal dipilih aja mau ke warung yang mana.

Pagi hari sampai sore emang waktu yang pas untuk mengunjungi Pantai Nampu. Kalau punya waktu lebih, camping di sini juga boleh

Camping juga bisa kok! via www.instagram.com

Pantai Nampu emang paling pas dikunjungi saat pagi hingga sore karena saat malam hari kondisi jalan Pantai Nampu minim cahaya. Kamu bisa mengunjungi Pantai Nampu yang terletak di Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah setiap hari. Untuk menikmati pantai ini, cukup membayar Rp 5.000 per orang, parkir motor Rp 5.000, dan parkir mobil Rp 15.000.

Pantai Nampu emang nggak dikelola sama pemerintah, tapi fasilitas yang ada cukup memadai. Mulai dari toilet, tempat parkir, dan warung-warung juga tersedia. Pantai Nampu juga memiliki camping ground untukmu yang ingin bermalam.

Jadi, kapan kamu mau ke Pantai Nampu?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE