Parade Foto Kesedihan Binatang yang Diakibatkan Sampah dari Manusia! Apa yang Bisa Kamu Lakukan?

Persoalan sampah menjadi masalah yang belum terselesaikan dengan baik hingga saat ini. Malah bisa dibilang, akan semakin parah ‘perkembangannya’ bila nggak ada solusi yang benar-benar bisa direalisasikan untuk mereduksi sampah. Apalagi produksi sampah plastik yang kian melaut.

Advertisement

Indonesia menghasilkan sampah plastik ke laut sebanyak 187,2 juta ton atau peringkat kedua terbanyak di dunia di bawah Cina (262,9 juta ton). Di peringkat ketiga ada Filipina (83,4 juta ton), disusul dengan Vietnam dan Sri Lanka, masing-masing 55,9 juta ton dan 14,6 juta ton sampah plastik ke laut per tahun. Jadi, bisa kamu bayangkan bagaimana dampak yang bisa mengganggu ekosistem di laut.

Berikut ini adalah parade foto binatang yang ada di darat dan di laut yang terkena dampak buruk dari produksi sampah anorganik. Dan, semua ini akibat dari ulah manusia!

Seekor kura-kura yang terperangkap dalam cincin plastik yang nggak bisa hancur. Cangkangnya yang hancur.

Kasian. :(

Kasian. 🙁 via pinterest.com

Kura-kura ini terjebak dalam gelang plastik yang nggak bisa didaur ulang. Ya, ampun!

Advertisement

Satu lagi, kura-kura yang tersiksa sepanjang hidupnya oleh sampah plastik.

Ini juga kasian. :(

Ini juga kasian. 🙁 via pinterest.com

Meski kura-kura ini mampu bertahan hidup, tapi organ tubuhnya nggak bisa bekerja maksimal. Cacat buatan akibat ulah manusia. 🙁

Mungkin cangkang cukup kuat untuk menahan cekikan. Bagaimana nasib anjing laut satu ini? 🙁

Serba salah. :(

Serba salah. 🙁 via 4.bp.blogspot.com

Rasanya percuma seekor anjing laut ini melanjutkan hidupnya. Serba salah. Kalau dia hidup, makin dia tumbuh, makin erat lilitan sampah itu. 🙁

Bukan cuma dari sampah plastik, bencana dari karamnya kapal pengangkut minyak ini juga membahayakan populasi burung di Rusia.

Berlumur minyak. :(

Berlumur minyak. 🙁 via scribol.com

Karamnya sebuah kapal pengangkut minyak di Laut Hitam pada tahun 2007, menyebabkan punahnya beberapa persen populasi hewan di sekitar Semenanjung Taman, Krasnodar Krai, Rusia.

Advertisement

Kawanan Pelikan yang terendam minyak akibat pengerukan di Louisiana. Untung masih bisa diselamatkan!

Pelikan

Pelikan yang terendam minyak. 🙁 via pinterest.com

Seekor Pelikan yang tertangkap kamera, tengah merana terendam minyak hasil pengerukan di Grand Isle, Louisiana pada 2007 silam. Untungnya, kawanan Pelikan ini segera diselamatkan oleh Departemen Margasatwa dan Perikanan Louisiana.

Kembali jauh ke tahun 2000, sebuah tragedi tenggelamnya kapal kargo bermuatan minyak yang melumpuhkan populasi Pinguin di Afrika. Salah siapa?

Pinguin.

Pinguin. via scribol.com

Ini adalah beberapa ekor pinguin yang terjebak dalam lautan, ketika sebuah kapal kargo bermuatan minyak karam di dekat Cape Town, Afrika Selatan. Dampak buruk yang sangat meresahkan kehidupan populasi pinguin.

Selain minyak, bencana kebakaran juga bisa merusak ekosistem loh. Ini buktinya, seekor Koala yang kehilangan habitatnya.

Tunawisma. :(

Tunawisma. 🙁 via www.emaze.com

Dampak dari deforestasi pepohonan di New South Wales, Australia pada tahun 2012.

Yang terbaru, kawanan Orangutan ini harus ngegembel setelah adanya pembakaran hutan di Indonesia.

Yaampun, ini lucu banget! :(

Yaampun, ini lucu banget! 🙁 via www.channelnewsasia.com

Korban kebakaran hutan di Kalimantan. Populasi Orangutan makin terancam. Salah manusia!

Lagi, sampah di laut yang merusak populasi mamalia laut. Seekor paus abu-abu terjaring oleh sampah.

Terjerat sampah plastik. :(

Terjerat sampah plastik. 🙁 via www.onegreenplanet.org

Kasihan. 🙁

Anjing laut ini pun harus bersusah payah keluar dari lautan sampah plastik.

Dia nyerah. :(

Dia nyerah. 🙁 via marinedebrisblog.com

Siapa yang harus disalahkan kalau sudah begini?

Dengan makin maraknya sampah yang menumpuk dan keserakahan manusia, sapi ini pun harus makan sampah dan plastik untuk kelangsungan hidupnya!

Nggak ada makanan lagi. :(

Nggak ada makanan lagi. 🙁 via vspca.org

Bukan padang rumput, melainkan padang sampah! 🙁

Fosil burung Albatross yang menyisakan isi dalam perut sang burung. Sampah plastik nggak bisa burai hingga puluhan tahun!

Isi perut burung Albatross.

Isi perut burung Albatross. via www.onegreenplanet.org

Isi perut burung Albatross sebelum tinggal tulang belulang.

Sampai tinggal belulang pun sampah plastik nggak bisa ilang. :(

Sampai tinggal belulang pun sampah plastik nggak bisa ilang. 🙁 via www.iflscience.com

Ini bukti bahwa plastik memang nggak gampang untuk terburai. Meski sudah dicerna oleh Albatross, ternyata lambung dan tanah nggak mampu menghancurkan sampah plastik itu. Sedih.

Itulah parade kesedihan pada habitat binatang karena ulah manusia; sampah plastik yang kian membuncah perkembangannya. Untuk kasus ini di Indonesia, rasanya program kantong plastik berbayar sama sekali nggak efektif. Jadi menurutmu, apa yang bisa kita lakukan untuk kelangsungan hidup para binatang ini, Gaes? Tulis di kolom komentar, yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Senois.

119 Comments

  1. Sarah Shafiya berkata:

    Gue kasih saran, kalo sampah plastik dikumpulin trus dibakar semua plastik sampah itu. Diolah jadi pulau sampah, butuh dana besar sih. Tapi, cuma itu solusi yang pingin gue kasih. Biar destinasi pulau di Indonesia bertambah. Daripada capek-capek ngeruk pasir pantai yang nanti makin lama makin tipit buat bikin pulau buat reklamasi. Mending pake sampah plastik yang di olah buat bikin pulau. Maaf kalau kurang berkenan, itu opini gue. Thnks

  2. Roihan berkata:

    Manusia emng egois -_- nyadarnya pasti kalau udah berdampak pada dirinya sendiri

  3. Desi Setiani berkata:

    sedih bgt dalem perut ada sampah plastik gitu 🙁

  4. Arisandi Tkd berkata:

    haha

  5. Arisandi Tkd berkata:

    Akibat ulah manusia yang rakus

  6. Genhaniel Yosafat berkata:

    setau saya sampah plastik gak boleh dibakar apalagi kalo dalam jumlah besar ,, hehe

  7. Muhammad Andy berkata:

    Kalau dibakar asapnya malah jadi polusi mba

  8. Zulham Liem berkata:

    Tidur2..kamu lelah

  9. Nona Banda Naire berkata:

    Org lebih takut klw ada denda deh.

  10. Umi Mursida berkata:

    Bikin plastik branded,dikasi desain unik,dipromoin sama artis,harganya mahal,diproduksi dlm jmlh sdikit, biar dipakai berulang" jd kek bikin tren save our earth gitu

CLOSE