Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 segera datang menyapa kita semua. Agenda tahunan ini akan digelar pada tanggal 10-30 November 2017. Seperti biasa, lokasi pasar malam tetap berada di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Pasar Malam Perayaan Sekaten kali ini masih mengusung acara yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada kesenian, pasar malam, atraksi wahana permainan sampai wisata kuliner.

Nah, buat kamu yang belum tau apa itu Sekaten dan keseruan yang ada di sana, yuk simak aja ulasan Hipwee Travel kali ini.

Diadakan setahun sekali, Sekaten adalah sebuah konsep pasar rakyat Yogyakarta selama hampir sebulan penuh

Pasar Malam Sekaten via kotajogja.com

Advertisement

Buat kamu yang belum tahu tentang serunya Sekaten, tahun ini kamu mesti coba deh. Pasar Malam yang β€˜merakyat’ banget ini sangat ramai dikunjungi warga Jogja dan juga wisatawan dari luar kota. Hajatan setahun sekali ini memang sangat menarik karena menyajikan barang-barang mulai dari baju, kerajinan, mainan, ataupun keperluan sehari-hari dengan harga yang sangat terjangkau. Selain itu ada banyak wahana permainan yang unik dan seru. Sederhana bukan, tapi akam tetap berkesan.

Banyak wahana permainan yang seru dan memacu adrenalin. Yang bikin serem adalah semua wahana hampir tak dilengkapi pengamanan yang memadai

Aneka wahana permainan sekaten via yogyakarta.panduanwisata.id

Salah satu yang ditunggu-tunggu dari pelaksanaan Pasar Malam Perayaan Sekaten adalah wahana permainan yang seru banget. Ada banyak wahana di sana, mulai dari bianglala, tong stand (bacanya tong setan), rumah hantu, ombak banyu, hingga kora-kora. Wahana itu selalu dibanjiri pengunjung sepanjang pelaksanaan Sekaten. Sayangnya, wahana tersebut kurang dilengkapi alat pengamanan yang baik. Jadi resiko terjadi kecelakaan ditanggung sendiri. Meskipun begitu, tetap banyak orang yang mengunjungi Sekaten setiap harinya. Sekaten ini sendiri akan berakhir pada 30 November dan akan ditutup dengan Grebeg Maulud pada keesokan harinya.

Salah satu wahana permainan yang paling menegangkan adakah kora-kora. Rasain sendiri deh ketegangannya!

kora-kora via cdns.klimg.com

Bisa dikatakan, kora-kora adalah wahana permainan paling ekstrem di Pasar Malam Perayaan Sekaten Jogja. Wahana berbentuk kapal dan diayun-ayunkan dengan tenaga mesin (seringnya sih tenaga manusia) ini memang serem abis. Kamu bisa terayun sampai posisi hampir 90 derajat dan tanpa pengaman sama sekali. Kecepatannya pun bikin jantung mau copot saking seremnya. Cuma besi pegangan yang bisa jadi penyelamat. Tak ayal teriakan dan jeritan histeris senantiasa mewarnai keseruan wahana ini. Cocok banget sih kakau teriak-teriak bareng pasangan. Jadi merasa takut barengan. Hehehe. Nah apakah kamu berani coba?

Advertisement

Nah buat kamu yang lagi pengen ke Jogja, jangan lupa ya mampir ke Pasar Malam Perayaan Sekaten mulai tanggal 10 sampai 30 November 2017 di alun-alun utara Jogja. Jangan lupa bawa pasangan ya. Kalau punya aja sih.

Advertisement