5 Pasar Seni di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Pecinta Barang Antik atau Pemburu Oleh-Oleh

Pasar seni di Indonesia

Entah sejak kapan persisnya, liburan atau jalan-jalan hingga kini identik dengan berburu oleh-oleh. Baik itu untuk diri sendiri, atau untuk dibagikan ke teman-teman. Satu alasan yang pasti dari kebiasaan berburu oleh-oleh adalah sebagai kenang-kenangan.

Advertisement

Karena ditujukan sebagai kenang-kenangan, maka oleh-oleh tentu harus produk khas daerah yang dikunjungi, atau barang-barang antik nan unik. Namun, untuk menemukan penjual produk seperti itu gampang-gampang susah, lo. Sekalinya nemu di sudut destinasi wisata, biasanya dipatok harga mahal.

Nah, untuk itu Hipwee Travel sudah rangkum 6 pasar seni di beberapa daerah Indonesia yang bisa jadi alternatif berburu oleh-oleh dengan skill menawar setara emak-emak.

1. Pasar Baru, Jakarta

Pasar Baru Jakarta Midori, CC BY 3.0, via Wikimedia Commons via commons.wikimedia.org

Sebagian orang yang liburan ke Jakarta pasti agak bingung jika harus membawa pulang oleh-oleh. Pasalnya, Ibu Kota Indonesia ini sejak lama telah didiami oleh orang-orang dari beragam suku. Kekhasan yang bisa dibawa pulang dari Jakarta, yakni serba-serbi produk khas Betawi, sayangnya juga sudah mulai susah ditemukan.

Advertisement

Tapi meski begitu, bukan berarti kamu nggak bisa berburu oleh-oleh di Jakarta. Pasar Baru yang berlokasi di Jalan Gereja Ayam adalah tempat yang tepat untuk melakukan itu. Di pasar yang telah berdiri sejak tahun 1800-an ini, kamu bisa menemukan berbagai macam benda mulai dari pakaian, aksesoris, hingga barang antik.

2. Pasar Seni Gabusan, Bantul

Advertisement

Jalan-jalan ke Yogyakarta sebenarnya nggak akan bikin kamu pusing mikirin oleh-oleh. Karena hampir setiap produk yang dijajakan di kota istimewa ini bisa dijadikan oleh-oleh. Tapi meski begitu, nggak ada salahnya untuk mengunjungi Pasar Seni Gabusan yang terletak di Jalan Parangtritis, Bantul.

Di Pasar Seni Gabusan, kamu bisa menemukan berbagai macam hasil kreasi pengrajin lokal, mulai dari anyaman rotan, berbagai wadah dari bambu, beragam topeng, dan banyak lainnya karena pasar ini memang dibangun untuk memfasilitasi penjualan produk pengrajin lokal.

3. Pasar Klewer, Surakarta

Masih dekat-dekat Yogyakarta, Surakarta yang tersohor dengan batiknya juga nggak akan bikin pusing saat harus menentukan oleh-oleh. Kamu hanya perlu mengunjungi Pasar Klewer yang berlokasi di Jalan DR. Radjiman, atau tepatnya di sebelah Keraton Surakarta.

Di pasar tekstil terbesar di Surakarta ini, batik adalah pilihan utama yang bisa kamu borong sebagai oleh-oleh. Bahkan bagi sebagian orang, Pasar Klewer adalah surga batik dengan berbagai macam motif yang indah. Tapi selain batik, di sana kamu juga bisa menemukan berbagai kerajinan berkualitas ekspor.

4. Pasar Triwindu, Surakarta

Jika yang kamu inginkan sebagai oleh-oleh nggak ada di Pasar Klewer, nggak perlu berkecil hati. Sebab, Surakarta masih punya satu pasar antik yang bisa kamu sambangi. Adalah Pasar Triwindu yang berlokasi di Timuran, Banjarsari.

Pesona dan aroma masa lalu seketika akan menyeruak setibanya di pasar ini. Dari sekian banyak toko yang berjejer, kamu bisa mendapati banyak barang antik mulai dari keris, perangko, kepingan uang, perabotan dan dekorasi rumah. Soal harga sudah pasti relatif. Tinggal ajukan saja penawaran yang bijak kepada pedagangnya.

5. Pasar Seni Sukawati, Bali

Berkunjung ke Bali sudah pasti harus membawa oleh-oleh. Minimal untuk diri sendiri, deh. Lagi pula oleh-oleh dari Bali terkenal unik. Nah, untuk itu, Pasar Seni Sukawati adalah satu dari sekian banyak pasar seni di Bali yang cocok untuk kamu sambangi.

Berlokasi di Jalan Raya Sukawati, Gianyar, di pasar ini kamu bisa memboyong berbagai kerajinan tangan seperti tas, gelang, patung tradisional, hiasan dinding, kain khas Bali, hingga lukisan dalam berbagai ukuran. Soal harga, katanya sih barang-barang di Pasar Seni Sukawati relatif lebih murah, lo.

6. Pasar Seni Banyumulek, Lombok

Menyeberang ke Lombok setelah dari Bali, oleh-oleh juga menjadi penting untuk dibawa pulang. Untuk itu, satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Pasar Seni Banyumulek, yang berlokasi di Desa Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat.

Apa yang bisa kamu temukan di pasar ini umumnya adalah karya-karya unik warga Desa Banyumulek berbahan dasar gerabah. Dengan harga mulai dari Rp15 ribu hingga Rp125 ribu, di Pasar Seni Banyumulek kamu bisa membawa pulang beragam peralatan dapur seperti mangkuk, gelas, piring, hingga ukiran dinding. Menarik, kan?

Nah, itu dia 6 pasar seni di beberapa daerah Indonesia yang bisa jadi alternatif tempat berburu oleh-oleh. Kalau kamu punya rekomendasi tempat berburu oleh-oleh di daerahmu, yuk bagikan!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE