Jepang dan Singapura Punya Paspor Terkuat di Tahun 2019. Bagaimana dengan Indonesia?

Paspor Terkuat di Dunia

Harley Passport Index, sebuah lembaga pemeringkat paspor dunia merilis global ranking untuk paspor index untuk tahun 2019. Pemeringkatan paspor ini didasarkan pada International Air Transport Association (IATA) yang menganalisis berapa negara yang bisa dimasukkan ke pemegang paspor bebas visa atau berdasarkan visa pada saat kedatangan.

Advertisement

Di tahun 2019 ini, secara mengejutkan 3 posisi teratas diisi oleh negara Asia. Tiga negara ini punya paspor terkuat karena bisa bebas masuk ke banyak negara di dunia. Penasaran negara mana saja? Lalu bagaimana dengan paspor Indonesia di tahun ini?

Tahun 2019 adalah tahun yang baik bagi benua Asia. Jepang dan Singapura jadi negara dengan paspor terkuat alias punya bebas visa ke 189 negara!

paspor jepang via www.dailymail.co.uk

Jepang dan Singapura berada di posisi teratas sebagai pemilik paspor terkuat di dunia. Dengan paspor dari kedua negara tersebut, pemiliknya bisa datang ke 189 negara di dunia dengan bebas visa. Kedua negara ini mengungguli Korea Selatan yang berada di posisi ke 2 dengan kekuatan paspornya yang bisa ke 187 negara tanpa visa. Bersama Korea Selatan ada Jerman dan Finlandia yang berada di posisi yang sama. Luar biasa sih 3 negara Asia yang punya paspor terkuat di dunia. Sesuatu yang biasanya melekat dengan Amerika Serikat, Inggris ataupun Jerman.

Inggris dan Amerika justru cuma berada di peringkat ke 6 dengan bebas visa ke 183 negara. Kalah dari negara-negara Eropa dan Skandinavia

global ranking top 20 via www.henleypassportindex.com

Menyusul di belakangnya, ada Denmark, Italia dan Luxembourg di peringkat 3 dengan bebas visa ke 186 negara. Peringkat 4 masih diisi negara Eropa seperti Prancis, Swedia, dan Spanyol dengan paspor yang bebas visa ke 185 negara. Di peringkat 5 ada Austria, Belanda, Portugal, Swiss dan Norwegia. Praktis negara Eropa dan Skandinavia menguasai papan atas ini. Justru paspor Inggris dan paspor Amerika ‘nyungsep’ di peringkat 6. Padahal selama ini dua negara ini yang dianggap jadi kiblat adidaya dunia.

Advertisement
Lalu bagaimana dengan paspor Indonesia? Naik peringkat nggak nih?

paspor indonesia via www.pikniek.com

Kabar baiknya, paspor Indonesia naik ke peringkat 70 dari sebelumnya 72. Kini Indonesia bisa pergi ke 75 negara di dunia dengan bebas visa. Meskipun masih kalah jauh dibanding paspor negara ASEAN lainnya seperti Singapura (1), Malaysia (13), Brunei (22), dan Timor Leste (56). Namun Indonesia mesti berbangga karena setiap tahun selalu bertambah negara yang bisa didatangi tanpa visa. Buat traveler sih, harapannya paspor Indonesia bisa masuk ke Eropa tanpa visa Schengen sih. Hehehe.

Kita doakan tahun 2020 paspor Indonesia bisa makin kuat dan bisa menyaingi Jepang atau Singapura. Mungkin-mungkin aja kalau mau kerja keras. Hehehe.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE