Satu Pendaki Meninggal, Jalur Pendakian Gunung Prau via Igirmranak Ditutup Sementara!

Pendaki Prau Meninggal

Kabar duka kembali datang dari gunung. Kali ini datang dari gunung Prau yang punya pesona keindahan alam yang luar biasa. Salah seorang pendaki dari Depok meninggal dunia saat mendaki gunung yang berada di Wonosobo tersebut. Kejadian nahas ini terjadi pada tanggal 7 Desember 2019 akhir pekan lalu, tepatnya di hari Sabtu. Pendaki bernama Yunawan Prasetiyoko harus menghembuskan nafas terakhirnya saat dibawa ke Puskesmas Kejajar.

Advertisement

Bagaimana kronologis kejadian yang memilukan tersebut? Yuk simak ulasan Hipwee Travel berikut.

Pendaki datang bersama rombongannya dan mendaki pada Sabtu pagi. Korban memang mempunyai riwayat penyakit paru-paru

turut berduka cita via www.instagram.com

Yunawan Prasetiyoko adalah pendaki asal Perumahan Griya Yuda, Desa Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Ia mendaki gunung Prau beserta rombongannya lewat jalur Igirmranak. Korban dan rombongan datang ke basecamp pada pukul 06.00 WIB. Mereka lalu melakukan persiapan pendakian dan registrasi pada pukul 09.00 pagi. Dua puluh menit kemudian, rombongan melakukan pendakian ke Gunung Prau.

Hujan pun turun di pos 3 ke atas, akhirnya rombongan memutuskan untuk mendirikan tenda di Plawangan. Lalu korban pingsan di sana

korban meninggal di prau via www.instagram.com

Sesampai di camp, korban mengalami pingsan di area Plawangan. Lalu salah satu temannya menghubungi basecamp Wates. Ranger pun segera bergerak menuju lokasi korban. Satu jam kemudian ranger datang di lokasi, total ada 9 ranger yang berada di sana. Lalu korban segera dievakuasi turun.

Advertisement

korban meninggal di prau via www.instagram.com

Total ada 9 ranger yang melakukan evakuasi terhadap korban. Mereka turun melalui jalur wates karena dianggap jalur paling cepat dan memungkinkan untuk melakukan evakuasi. Waktu yang dibutuhkan dari TKP sampai pos 1 adalah 1 jam lalu dari pos 1 ke basecamp dievakuasi menggunakan motor. Terakhir proses evakuasi dilanjutkan ke Puskesmas Kejajar 1 menggunakan mobil. Setelah dilakukan identifikasi oleh pihak dokter, korban dinyatakan meninggal pada jam 19:25 WIB. Korban memang punya riwayat penyakit paru-paru.

Efek kejadian tersebut, Gunung Prau via Igirmranak pun ditutup untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan

jalur prau ditutup via www.instagram.com

Kematian pendaki di jalur Igirmranak pun jadi duka mendalam seluruh stakeholders pendakian di Gunung Prau. Jalur pendakian Prau via Igirmranak pun ditutup untuk sementara mulai dari tanggal 8 Desember sampai waktu yang belum ditentukan. Buat kamu yang mau mendaki Prau pilih jalur lain saja ya, masih dibuka kok.

Sedih ya mendengar kabar duka di gunung lagi dan lagi. Mudah-mudahan ini jadi kejadian terakhir ya. Amin.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE