Udah menjelang musim liburan nih! Kalo belum tahu mau ngapain, kenapa gak traveling aja? Baik itu di dalam atau di luar negeri, traveling selalu jadi hal asik untuk dilakukan. Nah, sedikit tips dari Hipwee ini mungkin bisa membantu kamu merencanakan kegiatan itu. Semoga perjalananmu kali ini jadi yang terseru!

1. Lakukan riset dan minta rekomendasi

Cari info sebanyak mungkin. via hd4desktop.com

Setelah kamu menentukan mau pergi ke mana, hal yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah melakukan riset tentang area yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa mencari informasi lewat jejaring sosial, situs-situs perjalanan macam Tripadvisor, atau bahkan lewat buku yang bisa kamu temukan di toko buku di kotamu. Tapi, lebih asik lagi sih kalo bisa minta rekomendasi dari temen kamu yang udah pernah ke sana.

Selanjutnya, bikin daftar tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi dan hal-hal yang bisa kamu lakukan di sana. Kalo ada, miliki peta area destinasi — bisa beli atau cetak dari map digital di internet — dan tandai tempat-tempat yang menarik. Ini cara yang efektif untuk memahami seberapa dekat atau seberapa jauh tempat-tempat yang mau kamu tuju.

Daftar tempat yang pengen kamu kunjungi udah beres, selanjutnya? Itinerary alias rencana perjalanan. Bikin itinerary yang longgar, jadi kamu punya kesempatan untuk mengeksplorasi tempat-tempat menarik yang gak terduga sebelumnya, tanpa kehilangan arah: “Abis ini ke mana lagi ya?”

2. Memutuskan apa yang mesti dibawa

Advertisement

Jangan sampe kayak gini deh. via www.studentuniverse.com

Sebelum packing, pastikan kamu tahu kondisi cuaca tempat tujuan untuk beberapa hari ke depan. Jangan sampai kostummu salah musim. Sesuaikan juga bawaanmu dengan tujuanmu traveling. Kalo kamu cewek yang traveling dengan koper dan tujuanmu sekadar eksplorasi dan foto-foto di landmark, mungkin kamu akan mempertimbangkan baju-baju bagus dan modis untuk dibawa. Tapi kalo kamu adalah tipe backpacker, penting banget untuk packing barang-barang yang fungsional dan seringan mungkin.

Yang pasti, bawa perlengkapan mandi yang kamu rasa penting dan sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Dan hindari packing pas mau berangkat.

3. Bawa barang-barang penting bersama kamu

Ringkas tapi penting via thegirloutdoors.co.uk

Tas kecil bakal sangat bermanfaat untuk memuat segala kebutuhanmu selama perjalanan ke tempat tujuan, karena dua hal berikut. Pertama, koper atau ranselmu mungkin gak bisa masuk ke kabin penumpang dan harus dimasukkan ke bagasi. Nah, kalo ada tas kecil, kamu bisa memuat barang-barang kecil yang penting, seperti dompet, ponsel, buku bacaan, kamera saku, charger, dan satu baju ganti. Jadi, kalo mau mengambil barang-barang tadi, kamu gak perlu repot lagi membongkar ransel. Kedua, tas kecil itu juga bakal membantu kamu saat berkeliling di destinasi kamu.

4. Begitu sampai, ngapain dulu?

Makan bisa jadi ajang berinteraksi dengan warga lokal via www.veronikasadventure.com

Setelah kamu menjejakkan kaki ke tanah tujuanmu, kenapa gak cari makan dulu aja di sekitar tempat kamu menginap? Selain perut kenyang, ini juga merupakan eksplorasi awal kamu sebelum kamu memasuki itinerary kamu yang sebenarnya. Temukan hal yang menarik di sekitar hotel, coba citarasa masakan lokal dan mengobrollah dengan warga lokal. Sisanya, manfaatkan itinerary yang kamu persiapkan sebagai panduan umum aja, gak usah terlalu saklek. Bersikap spontan aja dan menemukan hal-hal menarik yang gak terduga bisa bikin perjalananmu menjadi trip yang gak terlupakan.

Gak butuh persiapan yang heboh kok biar bisa menikmati liburan yang seru. Jadi, kamu udah ada rencana belum nih?