Kembali ke Jogjakarta, berarti kembali mengulang kisah lama berbalut rindu. Penuntasan rindu atas kota istimewa Jogjakarta adalah dambaan semua orang, tak terkecuali para pelancong yang selalu ingin mengabadikan momen indahnya selama berada di Jogja.

Berbicara tentang rindu Jogja, tak melulu soal Tugu, Malioboro, Pantai Parangtritis, Candi Borobudur, dan Sarkem. Kali ini Hipwee Travel ingin membagi rindu atas spot wisata di Sleman yang bisa kamu abadikan dalam kameramu. Seenggaknya, di sini kamu bisa mengambil foto yang cukup instagramable dan memorable dalam hidupmu.

Advertisement

Di mana sajakah itu? Ayuk keliling Sleman!

Berkunjunglah ke Candi Boko, Sleman. Berwisata sejarah sekaligus berburu foto senja di balik kompleks candi yang menawan!

Berpose di balik senja, di Candi Boko.

Berpose di balik senja, di Candi Boko. via www.instagram.com

Siapa sih yang nggak tahu Candi Boko? Candi yang konon merupakan bekas kerajaan Ratu Boko (ayah Roro Jonggrang) ini terletak di dua desa, yakni Desa Bokoharjo dan Desa Sambireja, Sleman. Buat foto-foto sih ciamik, Gaes! Apalagi kalau sore hari, kamu akan menemui senja yang berkilau dari balik candi ini.

Pengin berpose di antara tiga candi berlatar belakang matahari tenggelam? Cobalah mampir ke Candi Ijo sore hari!

Siluetnya itu loh, cantik kali! Kayak kamu. :*

Siluetnya itu loh, cantik kali! Kayak kamu. :* via www.piknikdong.com

Candi peninggalan kerajaan Hindu yang konon dibangun pada tahun 906 Masehi ini merupakan candi tertinggi di Jogjakarta loh. Tepatnya berada pada ketinggian 375 mdpl di bukit hijau atau Gumuk Hijau. Dinamai Candi Ijo, karena memang candi ini terletak di perbukitan yang hijau asri di Dusun Goryokan, Desa Sambirejo, Sleman.

Advertisement

Candi ini memiliki 11 teras alias anak tangga yang lumayan bikin keringetan buat kamu yang nggak pernah olahraga. Nah, di puncaknyalah kamu bisa menikmati panorama alam Yogyakarta dari segala sudut candi ini. Cobalah ke sini pas sore hari. Berdiri di antara candi berlatar belakang senja. Deuh! Siluet nan anggun bisa kamu dapetin dan langsung upload ke Instagram deh!

Candi Abang, candi di Sleman yang menyerupai bukit teletubies. Ini candi loh, bukan bukit!

Cekrek!

Cekrek! via instagram.com

Jangan heran kalau kamu menginjakkan kaki di kawasan candi ini dan nggak menemukan sepotong peninggalan sejarah berupa candi-candi. Justru, kamu hanya bisa berlarian, naik-turun bukit (kalau kurang kerjaan sih). Nah, di bukit inilah sebuah candi berbahan dasar batu bata merah terpendam. Jarang banget ada candi pakai bahan batu dari bata merah, kebanyakan terdiri dari batuan andesit. Candi yang berada di Dusun Sentonorejo, desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman ini juga cantik loh buat kamu jadiin background foto buat di Instagram-mu. Berlatar bukit atau berlatar pemandangan dari atas bukit, niscaya bakal dapet foto yang hits! ehehe..

Candi Sambisari, sebuah candi yang terpendam selama ratusan tahun ini juga cukup cantik untuk menghasilkan foto yang apik buat Instagram-mu loh.

Assalamu'alaikum, Ukhti.

Assalamu’alaikum, Ukhti. via www.instagram.com

Candi ini awalnya terkubur sedalam kurang lebih 6,6 meter oleh material vulkanik bekas lahar dingin akibat letusan gunung Merapi pada tahun 1000 M. Candi Hindu ini nggak sengaja ditemukan pada tahun 1966 oleh seorang petani yang sedang mencangkul.

Buat kamu yang pengin berwisata atau sekadar berfoto di candi ini, nggak perlu takut kepanasan! Candi yang terletak di Desa Sambisari, Kelurahan Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman ini memiliki suasana yang adem nan sejuk. Kamu juga bisa berpose atau memotret kemegahan candi ini dari atas bukitnya. Biaya masuknya pun nggak bikin kantongmu kering, Gaes!

Masih bernuansa heritage, cobalah berpose di bawah Taman Tebing Breksi. Salah satu geoheritage dari Sleman yang diakui negara.

Yang baju merah jangan sampai lolos~

Yang baju merah jangan sampai lolos~ via www.instagram.com

Geoheritage dari Sleman ini cocok buat foto prewedd atau sekadar foto buat Instagram-mu. Dari puncaknya, kamu bisa menyaksikan kompleks Candi Prambanan, beberapa pesawat yang turun kandang di Bandara Adisucipto, dan keindahan alam kota Jogja dan Sleman.

Bergeserlah ke museum kenangan atas duka erupsi Gunung Merapi. Museum Sisa Hartaku juga bisa bikin Instagram-mu lebih berwarna.

Sisa harta. :(

Sisa harta. 🙁 via www.instagram.com

Museum yang berisi barang-barang tertinggal milik penduduk di sekitaran Gunung Merapi ini mengusung bahwa kenangan nggak bisa dengan mudah kita lupakan. Justru kenanganlah yang akan membawa kita pada kesuksesan di masa depan. Cekrek!

Sembari belajar tentang vulkanologi dan kebudayaan masyarakat, berfoto di Museum Gunung Merapi juga bisa kok.

Nice one, Kak.

Nice one, Kak. via www.instagram.com

Museum Gunung Merapi ini sengaja dibangun sebagai edu-wisata bagi pelancong akan masalah vulkanologi, sosial, dan budaya masyarakat di Gunung Merapi. Museum ini berada di Dusun Banteng, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Mampirlah sekadar untuk merekam pelajaran dan foto-foto kenangan atas Gunung Merapi.

Masih ingat Mbah Maridjan? Mampirlah ke kediaman terakhir Mbah Maridjan, kuncen Gunung Merapi, di Kinahrejo, Sleman.

Tenanglah di surga, Mbah.

Tenanglah di surga, Mbah. via www.instagram.com

Museum yang didedikasikan untuk Mbah Maridjan ini memuat segala macam peninggalan sang kuncen Gunung Merapi. Meski apik untuk latar foto buat album Instagram-mu, museum ini seakan memberi kesedihan yang tenggelam dalam lava Gunung Merapi. 🙁

Museum Dapur Tradisional yang berdiri karena keprihatinan masyarakat Sleman atas tersisihnya alat dan masakan konvensional dari Jogja.

Tampak dalam Museum Dapur Tradisional.

Tampak dalam Museum Dapur Tradisional. via www.ciputranews.com

Keprihatinan seorang warga Sleman atas terkikisnya minat masyarakat atas alat dan masakan tradisional dari tanah Jawa, lahirlah sebuah museum yang berisi peralatan dapur tradisional; Museum Dapur Tradisional.

Jangan salah, Sleman juga punya Blue Lagoon loh! Coba deh mampir ke Pemandian Tirta Budi, Sleman.

Blue Lagoon-nya Sleman.

Blue Lagoon-nya Sleman. via www.instagram.com

Pemandian Tirta Budi di Dusun Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman ini merupakan sebuah kolam kecil di bawah rimbunnya pepohonan dan bambu yang meriung asri. Kolam berair biru kehijauan karena pantulan dari dedaunan ini memiliki kedalaman yang hanya 1-3 meter. View pemandangan di sini pun terbilang cucok buat foto-foto di Instagram-mu loh. Coba deh, kalau nggak percaya!

Bagaimana, tuntaskah rindumu atas kenanganmu di Sleman, Jogjakarta? Jangan lupa, sempatkan foto di beberapa destinasi di Sleman, ya. Dijamin album fotomu di Instagram-mu akan lebih cantik! Kapan ke sini, Gaes?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya