Seorang penumpang berkewarganegaraan Indonesia (WNI) ditangkap kepolisian Malaysia karena menumpang secara gelap di pesawat. Pria ini kedapatan masuk ke bandara Penang International Airport secara ilegal. Konyolnya, ia nekat bersembunyi di bagian dalam roda salah satu pesawat. Entah apa alasan yang mendasari tindakan nggak masuk akal ini.

Buat kamu yang penasaran dengan kisahnya, yuk simak ulasan Hipwee Travel berikut yang disarikan dari media Malay Mail dari Malaysia.

Pria yang belum diketahui identitasnya ini nekat bersembunyi di roda pesawat. Tujuannya ingin balik ke kampung halamannya di Medan. Mau mudik Bang?

roda pesawat via regional.kompas.com

Advertisement

Entah apa yang ada di pikiran pria ini. Karena identitasnya tidak dibuka ke publik, mari kita sebut dia Bang N. Bang N rela mempertaruhkan nyawanya dengan menumpang di kompartemen roda pesawat terbang. Kejadian ini terjadi di bandara Penang International Airport, Malaysia. Dia menerobos secara ilegal ke dalam bandara lalu bersembunyi di kompartemen roda sebuah pesawat terbang tujuan ke Medan. Hal gila ini dia lakukan demi bisa pulang ke kampung halaman di Medan. Bang N sendiri bekerja sebagai buruh pabrik pengolahan unggas.

WNI ini ditangkap oleh kepolisian setelah seorang teknisi melihat seseorang meluncur keluar dari bagian roda pesawat

bersembunyi di roda pesawat via technonews.id

Pada hari Senin (13/5) kemarin, seorang teknisi melihat seseorang meluncur dari kompartemen roda pesawat. Ia kemudian melaporkan kepada kepolisian. Tanpa kesulitan, kepolisian Malaysia berhasil menangkapnya. Wakil Kepala Kepolisian distrik setempat, Jefri Md Zain, mengonfirmasi adanya penangkapan satu WNI di Penang. Pria ini mengaku tidak punya ongkos untuk pulang kampung ke Medan.

Buat yang masih bingung dengan kompartemen roda pesawat, kamu harus tahu kalau ada sebuah ruangan sempit tempat roda pesawat masuk ketika pesawat telah lepas landas. Nah di tempat inilah Bang N sembunyi. Jika roda telah masuk, bisa jadi tempatnya sangat sempit dan berbahaya buat nyawanya. Apalagi terbang di ketinggian 30.000 kaki di atas permukaan laut. Bisa-bisa mati konyol sih.

Kisah sembunyi di kompartemen roda pesawat bukan kali ini terjadi. Hal konyol ini sudah puluhan kali terjadi. Ada yang selamat, ada yang tubuhnya terpotong-potong

kronologis kejadian mario 2015 lalu via www.youtube.com

Advertisement

Menurut Data Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat, sejak tahun 1947 sampai 2012 tercata ada 96 kasus penumpang pesawat tanpa tiket. Hampir semuanya bersembunyi di kompartemen roda pesawat. Sebanyak 73 orang meninggal dunia dengan berbagai kondisi yang mengenaskan, ada yang tubuhnya terpotong hingga ada pula yang terjatuh dari langit. Hanya 23 kasus yang selamat. Itu cuma sampai 2012 lho, padahal masih banyak kejadian di tahun-tahun setelahnya.

Salah satu yang selamat adalah Mario Steve Ambarita, seorang pemuda usia 21 tahun yang nekat menaiki area terlarang di kompartemen roda pesawat tujuan Pekanbaru-Jakarta pada tanggal 7 April 2015. Hanya karena ingin melihat kota kelahirannya, ia nekat nyelonong di kompartemen roda pesawat. Saat pesawat lepas landas, roda pun mengisi ruang yang ditempatinya sehingga Mario pasti terjepit. Ia selamat sampai Jakarta, namun ia terhuyung-huyung dan telinganya mengeluarkan darah. Ia pun dirawat di rumah sakit.

Jika kamu belum punya uang, sebaiknya tidak mencoba cara nekat seperti ini. Karena paling penting adalah keselamatanmu, bukan mudik atau apapun.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya