Traveling kini sudah bukan merupakan hal yang mewah lagi. Semua orang bisa pergi ke mana pun dengan biaya yang lebih murah, tak semahal dahulu lagi. Hal ini tentu akan menyebabkan munculnya bisnis-bisnis baru terkait dengan dunia pariwisata. Sebut saja aplikasi pemesanan tiket pesawat maupun hotel yang membuat perjalanan makin mudah.

Tapi jangan lupakan juga Airbnb, sebuah online marketplace bagi orang-orang yang ingin menyewa dan menyewakan kamar pribadi, apartemen ataupun rumahnya. Karena tinggal di rumah warga lokal, jadi harga sewanya pun lebih murah. Sama saja seperti situs booking online hotel atau homestay sebenarnya, hanya bedanya Airbnb menawarkan kamar atau rumah dari warga lokal. Nah, tentu suasananya lebih intim karena bisa bertemu dan berinteraksi dengan sang pemilik rumah.

Advertisement

Mengingat pentingnya situs booking online ini, kini hadirlah situs Muzbnb. Muzbnb mirip Airbnb (bahkan namanya juga), hanya saja ini dikhususkan untuk traveler yang beragama Islam atau Muslim. Nah, buat kamu yang penasaran apa keunggulan Muzbnb ini, yuk simak ulasannya di Hipwee Travel!

Berdasar pada banyak kasus diskriminasi dari host Airbnb pada traveler Muslim, muncullah pesaingnya yakni Muzbnb

muzbnb via medium.com

Pengguna Airbnb banyak yang mengeluhkan terjadinya diskriminasi dari para host Airbnb yang enggan menerima traveler Muslim. Dikutip dari National Geographic, kolumnis Daily Life, Zeynab Gamieldien, melaporkan bahwa ia menerima penolakan delapan kali berturut-turut di Airbnb. Hal yang sama juga disampaikan oleh Iman Amrani dari The Guardian. Ia ditolak oleh tuan rumahnya ketika memesan kamar di Paris, Prancis. Memang secara peraturan, Airbnb melarang sikap diskriminasi semacam ini, tapi di lapangan kondisinya memang demikian adanya.

Untuk itulah, Hadi Shakuur, mendirikan Muzbnb bersama kawan-kawannya di Washington DC, Amerika Serikat. Muzbnb ingin mengatasi masalah traveler Muslim yang sebagian ditolak oleh para host di Airbnb. Situs ini dibuat untuk memfasilitasi traveler Muslim yang ingin traveling dengan nyaman.

Lantas, apa keunggulan Muzbnb yang tidak bisa didapatkan di Airbnb atau situs booking online lainnya?

muzbnb via www.youtube.com

Advertisement

Berbeda dengan Airbnb, Muzbnb memberikan fitur kolom pencarian yang mengutamakan penginapan dekat dengan masjid dan restoran halal, atau tempat beribadah yang memiliki literatur Islam lebih lengkap. Hal ini akan sangat membantu traveler Muslim yang biasanya kesulitan mencari restoran atau tempat makan yang halal. Selain itu bisa mempermudah beribadah ke masjid ataupun islamic centre yang bisa didatangi di sebuah destinasi wisata. Menarik bukan?

Selain itu ada fitur pencarian penginapan yang berdasarkan gender, mana yang khusus laki-laki atau perempuan. Kamu juga bisa mencari tempat tinggal yang bebas dari alkohol dan obat-obatan terlarang yang memang terlarang dalam Islam.

Tapi kamu yang bukan Muslim tetap bisa gunakan Muzbnb kok. Pihak Muzbnb mempersilakan jika non Muslim memesan di situs ini

Muslim dan non Muslim bisa kok pakai Muzbnb via ontrava.com

Meskipun kamu bukan Muslim, nggak usah khawatir nggak bisa menggunakan situs ini. Muzbnb memang dibuat untuk mempermudah traveler Muslim yang traveling, namun bukan berarti non Muslim nggak boleh pesan penginapan di sini. Boleh-boleh saja kok. Walau sangat islami, faktanya akomodasi yang ada dimiliki oleh orang Muslim maupun yang non-Muslim. Siapa pun juga diperbolehkan menyewa akomodasi yang ada, tidak terbatas pada traveler muslim saja.

Silakan buat traveler Muslim, kamu bisa traveling lebih mudah dan nyaman dengan Muzbnb. Selamat berlibur!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya