Selama ini perpustakaan di Indonesia acapkali dianggap sebagai tempat yang jadul, penuh nuansa keseriusan, dan agak kurang bersahabat dengan unsur-unsur kreativitas. Coba deh lihat sekitarmu, entah perpus sekolah, perpus daerah ataupun universitas sekalipun. Iya sih memang ada pengecualian seperti perpus UI yang terkenal starbucknya atau perpus UGM yang masih nanggung kerennya. Tapi selain itu (kebanyakan) masih bernuansa serius, dengan buku-buku tebal berselimut debu. Tanda kurang sentuhan para pembaca buku.

Di China, ada sebuah perpustakaan ‘masa depan’ yang baru saja selesai dibangun. The Tianjin Binhai Public Library, sebuah perpustakaan futuristik telah dibangun di China. Berlokasi di Distrik Budaya Binhai, Tianjin, perpustakaan ini mempunyai konsep arsitektur yang begitu megah namun sangat elegan. Buat kamu yang penasaran seperti apa kerennya perpustakaan yang satu ini, yuk deh simak foto-fotonya yang dirangkum Hipwee Travel dari BoredPanda.

Perpustakaan di Tianjin, China ini punya auditorium dengan bola mata raksasa di tengahnya. Kesannya megah tanpa terasa diawasi oleh mata raksasa. Kalau diawasi pun oke-oke saja

bola mata raksasa via www.boredpanda.com

Desain perpustakaan ini sangatlah futuristik dan terasa sangat megah. Kamu pasti mau meluangkan waktu lama di sana dan pasti betah

bakal betah di sana via www.boredpanda.com

Perpustakaan ini mempunyai luas 34.000 meter persegi dan mempunyai lima lantai. Wah luas juga ya…

luas banget ya via www.boredpanda.com

Maka wajar jika bangunan ini mampu menampung buku-buku sejumlah hingga 1,2 juta buku. Ini mah perpustakaan raksasa! Cocoknya selain buat perpustakaan juga buat wisata

banyak banget bukunya via www.boredpanda.com

Bangunan ini dirancang oleh perusahaan perancang dari Belanda, MVRDV dan bekerjasama dengan Tianjin Urban Planning and Design Institute (TUPDI). Proyek ini selesai dalam 3 tahun saja

bola raksasa via www.boredpanda.com

Lengkung-lengkung di interiornya makin membuat perpustakaan ini tampak instagramable. Oke juga nih buat foto-foto juga. Tapi jangan lupa baca buku ya, jangan cuma foto-foto!

lengkungnya keren abis via www.boredpanda.com

Nggak melulu berisi buku lho, kamu juga bisa membaca buku di ruang baca. Baca buku di sini pasti lebih nyaman. Apalagi yang lagi bikin skripsi. Eh maap…

ada ruang bacanya dong ya via www.boredpanda.com

Perpustakaan ini memiliki ruangan baca di lantai dasar, area lounge di lantai tengah, dan kantor, ruang rapat dan ruang komputer di lantai atas

mantap banget nih perpus via www.boredpanda.com

Buat kamu yang langsung duduk setelah nemu buku pun nggak masalah. Kamu bisa langsung baca, dan lihatlah, foto orang membaca buku pun terlihat sangat indah. Hehehe…

Begini tampak perpustakaan Tianjin dari depan. Terlihat menarik dan mengundang untuk memasukinya bukan? Malah terlihat seperti mall ya…

perpus tampak dari depan via www.boredpanda.com

Advertisement

Kita sih berharap perpustakaan di Indonesia juga dibangun dengan konsep arsitektur yang mengagumkan seperti perpustakaan Tianjin ya. Hal ini sangat mendesak mengingat minat baca masyarakat Indonesia yang terlampau rendah. Maka tak aneh muncul banyak berita HOAX maupun warganet yang sangat nyinyir dan hobi mengomentari orang lain. Karena pada dasarnya, menurunnya minat baca akan disertai oleh meningkatnya minat berkomentar. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya