Prediksi Tren Wisata 2022 Berdasarkan Survei Ahli

Prediksi Tren Wisata 2022

Tren perjalanan selalu menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat baik itu kebijakan pemerintah maupun gaya hidup yang sedang diminati. Apalagi 2 tahun ke belakang masyarakat dunia telah dilanda pandemi yang mengakibatkan tatanan kehidupan, termasuk kebijakan dan prioritas perjalanan menjadi berubah. Siapa sih, yang nggak kangen pergi wisata tanpa dibatasi aturan? Kendati demikian, aturan memang harus dipatuhi sebagai upaya pengendalian pandemi. Hal inilah yang membuat tren perjalanan terutama wisata mengalami perubahan.

Advertisement

Beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata telah melakukan survei untuk memahami tren wisata 2022 baik secara domestik maupun global. Prediksi ini menjadi acuan pasar bagi bisnis wisata dan juga masyarakat untuk memahami apa yang sebenarnya paling dibutuhkan dalam perjalanan wisata di era saat ini. Penasaran, bagaimana minat masyarakat yang akan membentuk tren wisata 2022? Yuk simak informasinya berikut ini!

1. Survei nasional menunjukkan tren wisata di tahun 2022 lebih mementingkan prinsip ‘Clean, Healthy, Safety and Environment sustainability (CHSE)’

Prediksi tren wisata 2022

Penerapan protokol kesehatan | Credit by Mikhail Nilov on Pexels

Pandemi memang membuat tren wisata mengalami perubahan yang cukup drastis. Jika sebelumnya wisata lebih diminati karena viral dan ramai dikunjungi orang, saat ini justru sebaliknya. Berdasarkan survei nasional yang dilakukan oleh Adventure Outlook 2022 yang Hipwee nukil dari Indonesia Trip News, saat ini kesadaran akan pentingnya prinsip CHSE dalam perjalanan wisata sangat diutamakan.

Survei tersebut mengungkap sebanyak 86,2% dari 2009 responden menyatakan sangat mempertimbangkan kebersihan, kesehatan, keamanan dan keberlanjutan lingkungan dalam perjalanan wisata. 72,7% menganggap pentingnya penerapan bukti vaksin dan disiplin protokol kesehatan di tempat wisata. Lalu, bagaimana pendapatmu sendiri terkait prinsip wisata di 2022 nanti?

Advertisement

2. Konsep wisata alam atau petualangan diperkirakan akan menjadi tren paling diminati oleh wisatawan dari berbagai kalangan usia

Prediksi tren wisata 2022

Camping di pinggir danau | Credit by Robert Forever Ago on Pexels

Selain prinsip wisata, survei Adventure Outlook 2022 juga mengungkap konsep wisata paling banyak diminati, yakni wisata alam. Setidaknya ada 87% responden yang telah memiliki rencana wisata alam di tahun 2022. Kebanyakan orang bahkan lebih memilih konsep penginapan camping dan glamping di alam terbuka, road trip alam dengan campervan dan homestay untuk wisata pedesaan. Siap-siap yuk, rencanakan perjalanan wisata ke destinasi alam impianmu~

3. Tren remote working ternyata juga membentuk tren wisata 2022 yang mengadaptasi wisata staycation yang tren di 2021

Prediksi tren wisata 2022

Kerja di pantai pun bisa, lo~ | Credit by Rodnae Production on Pexels

Pernah dengar program ‘Work from Bali’? Ternyata gagasan ini diprediksi menjadi tren global, lo. Bagimana pun pandemi telah mengubah sistem kerja, salah satunya remote working alias kerja jarak jauh. Hal ini membuat masyarakat nggak memiliki batasan untuk pergi wisata asalkan masih bisa sambil bekerja. Berdasarkan Riset Prediksi Travel 2022 yang dilakukan Partner Booking.com, setidaknya ada 69% dari 24.000 responden di 31 negara berencana kerja sambil wisata.

Tren remote working ini menciptakan tren baru di wisata 2022 nanti, di mana penyedia akomodasi dan tempat wisata menyediakan fasilitas atau paket perjalanan khusus yang work-friendly. Sehingga nggak hanya staycation saja, tapi kita juga bisa ‘pindah tempat’ untuk bekerja. Wah seru juga ya, bisa kerja di tempat wisata~

Advertisement

4. Wellness tourism atau wisata yang bertujuan untuk memelihara kesehatan mental juga diprediksi menjadi tren wisata 2022 yang cukup banyak diminati

Prediksi tren wisata 2022

Serunya yoga di pinggir pantai | Credit by Corey Dupree on Pexels

Kondisi pandemi lagi-lagi membawa dampak terhadap tren wisata, kali ini dari kesadaran kesehatan mental. Wellness tourism adalah salah satu konsep wisata yang diprediksi akan menjadi tren wisata 2022. Wisata ini nggak hanya bertujuan untuk mengunjungi tempat wisata dan sekadar refreshing saja, tapi ada treatment khusus yang mengarah pada wellbeing. Masih berdasarkan survei Booking.com, setidaknya 79% responden menjadikan wisata untuk meningkatkan kesehatan mental.

Kondisi ini membuat wellness tourism semakin berkembang, misalnya seperti healing trip, wisata yang menyediakan kelas yoga di alam terbuka, fasilitas kelas self-love dan self-healing di akomodasi, bahkan ada juga wisata yang ditemani psikolog atau konselor, lo. Selain itu herbal tourism atau wisata minat khusus terhadap obat-obatan herbal juga banyak diminati seiring kesadaran masyarakat akan kesehatan yang semakin meningkat.

Nah itulah beberapa tren wisata yang akan mewarnai pilihan konsep perjalanan di tahun 2022. Yuk mulai sekarang bikin rencana aja dulu, kira-kira wisata seperti apa yang paling kamu butuhkan. Jangan lupa tetap patuhi aturan dan protokol kesehatan, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE