Indonesia merupakan negara kepulauan dengan puluhan ribu pulau yang begitu indah. Ada lebih dari 13 ribu pulau yang sudah bernama sementara yang belum bernama masih ada 4000an pulau. Wow! Banyak sekali kan? Nah coba deh kamu hitung sudah berapa pulau yang kamu jamah. Pasti nggak lebih dari 10 pulau, ya kan? Ngaku deh, hehe.

Kali ini Hipwee Travel ada edisi pulau yang membahas seluk beluk keindahan pulau-pulau di Indonesia. Kita bakal ulas biar kamu pengen traveling ke sana. Oke, untuk edisi kali ini Hipwee bakal ulas Pulau Kenawa. Sebuah pulau kecil yang unik dan ajaib, gaes! Penasaran, yuk baca sampai tuntas.

Lokasi Pulau Kenawa berada di antara Lombok dan Sumbawa. Nggak terlalu mudah dijangkau sih, tapi ya nggak terpencil juga kok.

naik kapal dari ombok atau sumbawa bisaaa

naik kapal dari ombok atau sumbawa bisaaa via www.sociotraveler.com

Advertisement

Jika menilik lokasi, agak sulit sih menunjukkan letaknya pulau ini. Paling mudah sih ketika naik kapal ferry dari Lombok menuju Sumbawa kamu bisa berpapasan dengan pulau kecil ini. Letak geografisnya terletak di Selat Alas, Kabupaten Sumbawa Barat. Ada dua cara menuju ke sana. Pertama, naik kapal nelayan dari pelabuhan Pototano, Sumbawa. Kedua, naik kapal cepat dari perairan Gili Lampu, Lombok Timur.

Akan lebih baik jika kamu sekalian berlibur di Lombok atau Sumbawa, Pulau Kenawa jadi destinasi tambahan aja

jadi liburan tambahan aja

jadi liburan tambahan aja via www.sociotraveler.com

Memang sih, jangan jadikan Pulau Kenawa destinasi utama dan satu-satunya ketika berlibur. Jadikanlah opsi tambahan setelah berlibur ke Gili Trawangan, Rinjani ataupun Tambora. Ya, karena pulau ini kecil yang notabene lebih cocok sebagai pelengkap perjalanan.

Sesampainya di sana jangan kaget kalau kamu nemuin satu pulau kecil yang bikin kamu takjub dan terpesona olehnya

dermaga di kenawa

dermaga di kenawa via www.sociotraveler.com

Ketika nelayan telah menambatkan jangkarnya di tepi pantai, kamu nggak bisa nggak bilang, WOW! Penasaran, mending kamu ke sana deh buat buktiin apa yang Hipwee sampaikan ini, hehe. Penasaran, kan?

Agenda paling seru di Kenawa adalah camping ceria sambil bakar ikan. Suasananya benar-benar seakan kamu jadi pemilik pulaunya

api unggun dulu, pak!

api unggun dulu, pak!

Advertisement

Kalau malam sudah menjelang, kamu cuma mendengar deburan ombak nan syahdu ditemani suara alam yang menenangkan. Paling seru sih bakar-bakar ikan dan bikin api unggun sih, di sini. Romantis dan begitu syahdu untuk menghabiskan liburan kamu.

Eits, kalau cuacanya bagus, kamu bisa menyaksikan senja temaram di balik Rinjani dan foto milky ways yang spektakuler

milky ways kenawa

milky ways kenawa via www.sociotraveler.com

Kamu bisa menikmati senja paripurna di pulau ini. Lha bayangin aja, matahari hilang di balik siluet Rinjani nan gagah. Asyik banget kan? Ada satu lagi, kamu bisa dapat panorama foto bintang milky ways yang spektakuler. Ya, tentu syaratnya cuaca harus bagus dong ya. Keren banget deh. Kamu harus coba!

Paginya, kamu wajib mendaki bukit di tengah Kenawa dan rasakan sensasi keindahannya. Dijamin nggak mau pulang!

nggak mau pulang

nggak mau pulang via www.sociotraveler.com

Paginya kamu wajib mendaki bukit di tengah Pulau Kenawa buat melihat panorama sunrise yang begitu keren. Ada 2 pulau besar dan gugusan pulau kecil yang berkonspirasi dengan lautan lepas agar pemandangan di sana kian ciamik. Wah, beneran deh, kalau udah di puncak bukit ini jadi males pulang. Pengen di situ terus, hehe.

Pas balik, kamu bisa mampir ke Paserang, Gili Kondo, Gili Kapal dan Gili Bidara. Sekali berlayar 3-4 pulau terlampaui

pulau paserang, nah ini ada homestay gaes...

pulau paserang, nah ini ada homestay gaes… via www.sociotraveler.com

Di sekitar perairan Sumbawa terdapat beberapa gugusan pulau kecil nan menarik, ada Pulau Ular, Paserang, dan juga Kenawa. Jika berlayar lebih jauh sedikit ke arah Lombok, kamu bisa menemui pulau-pulau di sekitar Lombok Timur, ada Gili Kondo, Gili Bidara, maupun Gili Kapal. Satu-satu nanti akan Hipwee bahas ya. Jadi kamu bisa meraih 5-7 pulau dalam satu waktu sih. Keren kan?

Setelah membaca ulasan Pulau Kenawa ini makin pengen menjelajahi Kenawa dan sekitarnya kan? Ayo buruan ke sana. Kamu bisa bareng temen-temen kamu atau bisa pakai travel yang memang sering bikin trip ke sana. Memang sih nggak banyak. Tapi ada kok. Ya, mau cara apa yang kamu pakai ke sana, yang penting kamu harus segera ke sana! Hahaha…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya