Sungguh, tak ada habisnya membahas dan menjelajah luasnya belantara wisata di Indonesia. Negara kepulauan terbesar di dunia ini memang memiliki ribuan pulau dengan keindahannya yang begitu memesona. Mungkin kamu perlu menyisakan puluhan tahun untuk mengunjungi semua daerah di Indonesia. Engg..

Baiklah, tanpa mesti bermimpi, mulailah sekarang kamu nabung yang bener buat bisa mengunjungi sepotong surga dunia yang disuguhkan oleh salah satu pulau di timur Indonesia ini. Ya, kali ini Hipwee Travel akan mengajakmu berjelajah di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat!

Keindahan alam di Pantai Lawar ini bener-bener nggak bisa ditawar deh!

Advertisement

Pantai ini terletak di ujung barat Pulau Sumbawa, tepatnya di Desa Sekongkang, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat. Begitu sampai di sini, kamu akan terpesona dengan gradasi warna hijau pepohonan, birunya lautan luas, dan putih bersih pasir pantainya. Ntap!

Surganya para peselancar di Sumbawa Barat yang mulai kehilangan wisatawan. Sayang banget kalau nggak ke sini!

Sepi banget. :(

Sepi banget. 🙁 via www.bennyrhamdani.com

Pantai yang memiliki pasir putih dengan laut biru yang bergradasi dengan langit ini terkenal dengan ombaknya yang super suck. Surganya peselancar di Pulau Sumbawa! Tapi sayangnya, minat para pelancong atas pantai yang berada di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat ini mulai menurun, entah kenapa. 🙁

Surganya panorama alam di Pulau Sumbawa. Pulau Kenawa, sebuah pulau kecil dengan sebuah bukit di tengahnya!

kenawa island

kenawa island via www.sociotraveler.com

Pulau kecil di sebelah barat daya Pulau Sumbawa ini hanya memiliki luas kurang lebih 15 hektar. Pulau ini juga nggak berpenghuni. Hanya hamparan pasir putih yang memiliki padang ilalang dan sebuah bukit kecil di tengahnya, serta beberapa saung kecil untuk sekadar duduk manis dan menggelar tikar. Duh, romantis, Cyin, kalau ngajak patjar!

Pulau Paserang, sebuah padang savana meranggas yang bisa kamu jelajahi sampai puas! Yakin deh.

Ajak pasangan halalmu, lebih romantis!

Ajak pasangan halalmu, lebih romantis! via caderabdul.wordpress.com

Advertisement

Pulau kecil satu lagi yang berada di antara Pulau Lombok dan Sumbawa ini akan memberikan kesan paling romantis di hubungan kalian. *kalau kamu ke sini sama pasangan (halal) loh, ya!* Kenapa? Karena di pulau ini, kamu akan puas berjalan di hamparan padang savana dengan timpaan sinar matahari terbenam! Romantis, gils!

Sebuah bukit di Desa Mantar, spot terbaik untuk menikmati panorama Selat Alas dan puncak Gunung Rinjani yang menjulang tinggi!

View dari atas bukit di Desa Mantar.

View dari atas bukit di Desa Mantar. via papudaengoyang001.blogspot.co.id

Ingin menyaksikan kuasa Tuhan? Di sinilah tempatnya! Dari atas bukit di Desa Mantar, kamu bisa menikmati pemandangan luar biasa, sebuah Selat Alas yang memisahkan Pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa dengan mata telanjang! Juga puncak Gunung Rinjani yang menjulang indah, bisa kamu pandangi dari atas sini.

Siap terdampar di sebuah pulau seluas 3,6 hektar? Pergilah ke Gili Meriam, pulau kecil dengan sebuah perairan dangkal dan bening.

Lost in Gili Meriam Besar.

Lost in Gili Meriam Besar. via agushong.blogspot.com

Jelas, pulau ini nggak berpenghuni. Hamparan pasir pantai dan beningnya laut di pesisir pantai seakan menyambutmu dengan pelukan. Berani?

Sepaket surga bagi pecinta dunia bawah laut. Pulau Bedil dan Pulau Keramat adalah keindahan tersendiri untuk bersnorkeling!

Hanya ada satu bangunan di pulau ini!

Hanya ada satu bangunan di pulau ini! via herlittlejournal.com

Ya, kalau kamu pengin puas snorkeling tanpa batas, di sinilah tempatnya. Pulau Bedil dan Pulau Keramat memang memiliki spot snorkeling yang menjanjikan. Biota laut yang aduhai dan pulau tak berpenghuni, menjadi tawaran wisata bahari yang menggiurkan, bukan?

Buat kamu yang pengin melupakan mantan, Tanjung Menangis adalah tempat yang tepat! Sekaligus tempat honeymoon nan romantis!

Snorkeling juga asyik!

Snorkeling juga asyik! via www.facebook.com

Sebuah legenda menyebut, konon seorang putri kerajaan dari Sumbawa selalu menangis di tanjung ini, sebab cintanya ditentang oleh ayahnya yang seorang Raja. Sang pujaan hati akhirnya berlayar meninggalkan Pulau Sumbawa dengan hati yang berantakan. Di tanjung inilah sang putri menguras air matanya. 🙁

Tapi, nggak jarang loh, pasangan pengantin baru yang menghabiskan waktunya untuk berbulan madu di sini. Karena suasana tenang dengan deburan ombak dan pemandangan nan menawan tersaji di Tanjung Menangis ini.

Danau Satonda, danau air laut yang terperangkap di tengah pulau Santonda. Salah satu berkah atas letusan Gunung Tambora.

Jernih, 'kan?

Jernih, ‘kan? via duniabaruadventures.wordpress.com

Seperti Danau Kakaban, Danau Satonda merupakan ‘hasil karya’ dari letusan Gunung Tambora ratusan tahun lalu. Sebuah danau air asin yang ada di tengah pulau ini sekarang jadi tempat favorit para pelancong untuk berfoto ria loh. Tapi, jangan main di sini, ya! Karena belum diketahui apa kandungan yang ada di air Danau Satonda ini.

Salah satu surga surfing, Pantai Lakey menjadi spot yang paling diincar para surfer dari berbagai belahan dunia. Ombak kidal jadi magnet bagi mereka.

Masih di Kabupaten Dompu, Pantai Lakey yang memiliki ombak kidal menjadi salah satu favorit para peselancar dunia loh! Arah sapuan ombak yang bergerak dari kanan ke kiri ini merupakan fenomena yang unik. Makanya, nggak sedikit surfer dari seluruh penjuru dunia menandai pantai ini sebagai spot terbaik dan terunik untuk surfing!

Camping di Pulau Nisa Pudu, sebuah pengalaman langka yang akan kamu rasakan. Atau mau menginap di rumah bekas warga yang dulu sempat tinggal di sana? Serem sih.

Bening! Airnya.

Bening! Airnya. via www.dompu.co

Pulau Nisa Pudu yang terletak di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu ini layak kamu acungi jempol karena keindahan bawah laut dan panorama alam dari atas bukit di pulau ini. Ada juga sebuah rumah bekas peninggalan warga yang berada di tengah pulau. Engg..saran Hipwee sih mending kamu camping, Gaes! :p

Pernah jalan di atas laut? Cobalah rasakan sensasi keunikan jalan di tengah laut di Pulau Lariti ini!

Pulau yang berada di Kecamatan Lambu Sape, Kabupaten Bima ini memang unik dan ajaib! Bagaikan kisah Nabi Musa yang membelah lautan, di pantai ini kamu akan menemukan sebuah jalan berpasir putih yang menghubungkan dua pulau. Rasa deg-degan, waswas, dan bahagia campur aduk ketika kamu mulai meniti di sepanjang jalan di antara lautan ini. Coba deh kalau nggak percaya! :p

Inilah awal kisah terbentuknya berbagai keindahan di sekitar Pulau Sumbawa. Letusan Gunung Tambora yang layak kamu syukuri.

Puncak Tambora yang hilang.

Puncak Tambora yang hilang. via lp.anderpati.com

Inilah salah satu penyebab lahirnya eksotisme di Pulau Sumbawa. Letusan dahsyat Gunung Tambora yang mengakibatkan berbagai kepanikan di hampir seluruh belahan dunia ini akhirnya membawa berkah tersendiri bagi alam di sekita pulau. Percayalah, selalu ada berkah di balik segala musibah. 😉

Inilah beberapa kecantikan dari Pulau Sumbawa yang perlu kamu sambangi, meski hanya sekali dalam seumur hidupmu. Betapa beruntungnya pasangan halalmu kalau kamu ajak ke sini. Memupuk cinta dengan romantisme di Pulau Sumbawa, jadikanlah dia sebagai seorang paling bahagia di muka bumi! 😉

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya