Terletak di Pulau Sulawesi, Manado memiliki banyak tempat wisata alam yang indah. Keelokan destinasi wisatanya membuat Manado menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang ada di Asia Pasifik. Bunaken, Pulau Siladen, Danau Tondano hingga Bukit Kasih atau Gunung Tumpa – semuanya dijamin memanjakan kamu yang gemar berwisata.

Namun, beberapa dari kita mungkin sedikit ragu bertandang kesana lantaran khawatir kesulitan memilih makanan. Pasalnya, Manado memang terkenal dengan ragam kuliner tradisional yang unik dan berbeda dari masakan-masakan yang biasa kita temui di Jawa. Nah khusus buat kamu yang muslim, ini lho ragam kuliner yang boleh kamu santap saat bertandang ke Kota Manado.

1. Awali harimu dengan menyantap menu sarapan paling lezat di Manado, yaitu Bubur Manado di Jalan Wakeke

Bubur Manado cocok untuk memulai harimu yang panjang

Bubur Manado cocok untuk memulai harimu yang panjang via ioflife.com

Advertisement

Kalau kamu pecinta bubur, kamu harus coba bubur Manado atau titunuan. Berbeda dengan bubur ayam Jakarta atau Bandung, bubur Manado tampak lebih sehat. Bayangkan saja bubur beras yang hangat dicampur dengan serutan jagung dan sayuran dan disajikan dengan ikan asin. Jika ingin pedas bisa ditambahkan sambal. Sangat cocok dimakan pagi hari.

Kamu bisa mencicipi bubur Manado ini di Jalan Wakeke di mana terdapat pusat kuliner di situ. Selain bubur, kamu juga bisa mencicipi hidangan lain di pusat kuliner tersebut seperti Mie Cakalang yang tak kalah lezat. Jangan khawatir semua makanan di area Jalan Wakeke ini dijamin halal.

2. Nikmati nasi kuning dengan lauk abon ikan yang dibungkus daun woka di Kampung Kodok

Nasi kuning dengan daun

Nasi kuning dengan daun woka via purnawan.web.id

Makan nasi kuning dari kotak berkat yang diberi tetangga sepertinya sudah biasa. Kalau makan nasi kuning yang dibungkus daun woka dan abon ikan itu baru luar biasa. Nasi kuning ini juga jadi makanan andalan yang bisa kamu cicipi saat ke Manado.

Advertisement

Sekilas nasi kuning ini seperti dibungkus seperti permen tapi dalam ukuran yang besar. Tidak sulit untuk menemukan penjual nasi kuning Manado ini, kamu cukup datang ke sekitar Gereja Sentrum yang terdapat di pusat kota. Di gang-gang kecil sekitar gereja itu lah Kampung Kodok yang menjual nasi kuning.

3. Saat nongkrong di Pantai Malalayang, jangan lupa menjajal jagung bakar atau ubi rebus yang dicocol sambal roa

Sambal roa yang maknyus

Sambal roa yang maknyus via www.aremafood.com

Menjelang matahari tenggelam, sempatkan untuk bersantai sejenak di Pantai Malalayang. Sambil melihat pantai, kamu bisa mencicipi kudapan sore. Menunya sih biasa saja, jagung atau ubi rebus, tapi yang membuatnya istimewa makanan tersebut disajikan dengan sambal roa yang menjadi sambal khas Manado.

Roa merupakan ikan yang sepertinya hanya bisa didapat di perairan laut Sulawesi. Sepertinya ikan ini bak harta karun kuliner dari Sulawesi Bentuknya sekilas mirip dengan ikan pesut. Mengola ikan ini menjadi sambal yang lezat cukup rumit. Ikan harus dijemur dulu kemudian ditumbuk kecil-kecil lalu dimasak. Orang Manado memasaknya dengan sangat pedas. Saat ini sudah banyak sambal roa olahan di supermarket, tapi rasanya belum afdol jika kamu belum mencoba makan sambal roa langsung di tanah Manado.

4. Demi meredam hawa yang panas, santap saja semangkuk es kacang merah di sekitar Jembatan Mianggas

Es Kacang Merah yang siap menyegarkanmu

Es Kacang Merah yang siap menyegarkanmu via andrerooroh.blogspot.com

Berjalan-jalan seharian di Kota Manado membuatmu gerah. Kamu butuh minuman yang menyegarkan kerongkonganmu. Kamu bisa mencoba es kacang merah yang kesegarannya mampu melepas dahagamu. Letaknya ada sekitar Jembatan Mianggas. Orang-orang sudah mengenalnya dengan Es Mianggas. Sehabis mecicipi es yang segar, kamu juga bisa jalan-jalan di sekitar situ untuk membeli klapetaart, kue khas Manado, yang tak kalah enaknya.

5. Buat kamu pecinta kuliner pedas, rica-rica ikan atau ayam woku-woku dijamin bisa memuaskan lidah dan perutmu

Cita rasa pedas menjadi khas masakan Manado

Cita rasa pedas menjadi khas masakan Manado via www.pinterest.com

Kalau kamu pecinta pedas, kuliner Manado ini akan terasa pas di lidahmu. Sebut saja rica-rica ikan atau ayam woku-woku yang pedasnya menggigit lidah tapi juga membuatmu ingin terus makan. Ada cukup banyak restauran yang menyajikan menu berbahan dasar ikan atau masakan laut lainnya.

Salah satu yang bisa kamu coba yang terdapat di Pantai Kalasey. Secara administratif, memang sudah tidak terletak di kota Manado, tapi cukup terjangkau karena berada di perbatasan. Di sana ada banyak restauran yang menyajikan berbagai masakan khas dengan menu ikan laut.

“Jadi kapan kitorang bakudapa vor makang?”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya