Sudah bukan rahasia lagi kalau lidah orang Indonesia memang akrab dengan makanan yang serba pedas. Bahkan, kuliner pedas yang gila-gilaan dengan jumlah cabai merah yang dirasa kurang masuk akal malah menjadi primadona di beberapa kota besar. Bagi kamu yang doyan makanan yang membakar lidah, wajib hukumnya mampir saat kamu sedang travelling di kota-kota besar di Indonesia ini.

Penasaran apakah kuliner pedas di kotamu sudah tertulis di sini? Nih, simak ulasan Hipwee selengkapnya!

1. Warung Indomie Abang Adek, Jakarta

Advertisement

Jangan bilang penggila pedas kalo belom makan mie di warung ini! Warung yang berlokasi di Jl. Mandala Utara No. 8, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat ini  buka sejak 1995 dan selalu dipadati pengunjung saban harinya. Tenda kaki lima ini buka tiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam. Walaupun cuma Indomie, tapi rasanya beda dari warung Indomie lainnya. Disini kamu bisa menguji nyalimu untuk menikmati Indomie yang benar-benar membakar lidah. Tapi perlu bersabar ya, karena antrian yang cukup panjang dan biasanya Indomie yang dipesan baru datang setelah 50 menit.

Indomie yang disediakan di warung kaki lima ini ada 5 level. Level pertama Indomie sedang dengan 20 cabe, selanjutnya ada Indomie pedas dengan 25 cabe. Masih kurang nendang? Kamu bisa coba level 3, Indomie garuk dengan 75 cabe. Pingin yang lebih hot? Cobain aja Indomie gila dengan 100 cabe. Itu masih belom apa-apa dibanding level 5, Indomie dengan 150 cabe. Berani? Tapi ati-ati ya buat yang punya sakit maag karena makanan ini gak dianjurin buat kamu. Harga yang dipatok pun berada di bawah 30 ribu rupiah. Ramah di kantong ‘kan?

2. Sego Sambel Mak Yeye, Surabaya

sego sambel mak yeye

sego sambel mak yeye via www.skyscrapercity.com

Kamu penyuka kuliner pedas dan sedang bertandang ke Surabaya? Wajib hukumnya mampir ke Sego Sambel Mak Yeye. Lapak sederhana yang terletak di Jl. Jagir Wonokromo Wetan no.12 selalu dipenuhi pengunjung mulai dari pukul 22.00 hingga subuh. Kalo kamu dateng kesini, kamu harus rela antri minimal 30 menit sebelum kamu bisa menyantap menu pilihanmu.

Advertisement

Warung sederhana ini menyediakan beragam lauk pauk mulai dari tempe, telur dadar, telur ceplok, dan ikan pe (ikan pari). Menu andalannya sendiri adalah ikan pe. Jangan salah lho, walaupun menu lauknya sangat sederhana tapi berasa luar biasa ketika ditambah sambal hasil racikan Mak Yeye. Dijamin kamu bakal melet-melet karena kepedesan. Harga yang dibandrol pun cukup murah sekitar 15 ribu rupiah. Tergoda untuk mencoba?

3. Nasi Goreng Rempah Mafia, Bandung

nasi goreng rempah mafia

nasi goreng rempah mafia via www.jajalable.com

Outlet Nasi Goreng Rempah Mafia memang tersebar di beberapa outlet di kota besar lainnya. Tapi gak salah dong kalo kamu wajib mencoba nasi goreng ini di kota dimana dia berasal. Yak, Bandung! Bahkan, nasi goreng kondang ini sudah punya 5 outlet yang tersebar di segala penjuru kota kembang. Salah satunya ada di Jl. Dipati Ukur 51, Bandung. Outlet yang satu ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga setengah 12 malam.

Level pedas yang tersaji di outlet Nasi Goreng Rempah Mafia ini ada 6 level. Level “Menangkan” adalah level dasar, tanpa cabai dan sama sekali tidak pedas. Selanjutnya ada level “Menggoda”, kemudian ada level “Menyesakkan”, lalu ada level “Merisaukan” dan level “Menyesal”. Dan yang terakhir dan yang paling pedas adalah level “Mematikan” . Harganya sekitar Rp 12.500 hingga Rp 20.500. Murah ‘kan? Sok atuh mampir dimari!

4. Ayam Penyet Joko Solo, Medan

ayam penyet joko solo

ayam penyet joko solo via archive.kaskus.co.id

Kalo kamu lagi travelling ke kota Medan, kudu mampir ke Ayam Penyet Joko Solo. Rumah makan yang ada di Jl. Gudang/Merak Jingga ini memang ramai pengunjung tiap harinya. Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Bahkan, di Medan sendiri rumah makan ini sudah punya 5 cabang. Harga yang ditawarkan pun gak mahal karena berada di bawah 30 ribu rupiah.

Menu andalan dari rumah makan ini adalah ayam penyet. Sambal yang dipakai di ayam penyet merupakan gabungan antara cabe merah, cabe hijau, dan cabe rawit. Kebanyang ‘kan pedasnya kayak gimana?

5. Ayam goreng bu Toha, Semarang

sambelnya mak nyos

sambelnya mak nyos via jajansukasuka.blogspot.com

Warung sederhana milik Ibu Toha ini berlokasi di Tuntang (Jl Raya Semarang-Salatiga). Warung kecil ini buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Menu yang ada di tempat ini adalah ayam, bebek, dan rempelo ati. Yang menjadi menu spesialnya adalah ayam kampung goreng.

Rasa dagingnya yang empuk dan gurih dipadu dengan nasi hangat dan sambel bawang yang bener-bener pedes bisa bikin nagih. Sambal bawangnya juga disajikan beserta cobeknya. Bikin makan kamu tambah lahap. Harga yang ditawarkan juga tergolong murah, sekitar 25.000 per orangnya.

6. Ikan Bakar Rica, Hade resto, Makassar

ikan rica

ikan rica via reseponline.info

Lagi jalan-jalan ke Makassar? Mampir ke Hade Resto! Resto yang terletak di Jl.Lamadukelleng no. 12 A ini selalu ramai penuh sesak dengan pengunjung. Menu yang ditawrkan ada beragam seafood mulai dari udang, cumi, dan ikan.Dan yang menjadi menu pedas andalannya adalah ikan bakar rica.

Bumbu rica yang sampai meresap di daging ikan bener-bener mantap. Biasanya ikan bakar rica disajikan bersama sambal dabu-dabu yang gak kalah pedasnya. Mau?

7. Warung Makan Pedas Mampus Mbak Juminten, Pekanbaru

warung makan pedas mampus mbak Juminten

warung makan pedas mampus mbak Juminten via id.foursquare.com

Rumah makan pedas mampus Mbak Juminten terletak di Jalan Kuantan Nomor 12. Buka dari pukul 07.30, tapi bagi kamu yang ingin merasakan kuliner pedas yang unik bisa mulai bertandang pada pukul 18.00.

Disini tersedia berbagai macam menu pedas seperti bebek dan ayam goreng sambel uleg. Kamu yang lagi backpackeran wajib mampir kesini, apalagi harganya yang murah meriah mulai dari 8 ribu hingga 20 ribu.

8. Sambel Ijo Podomoro, Batam

sambel ijo podomoro

sambel ijo podomoro via www.kaskus.co.id

Tenda Podomoro ini terletak pinggir jalan, persis di seberang Vanhollano Bakery Nagoya. Jika datang kesini, kamu butuh kesabaran ekstra karena harus menunggu kira-kira satu hingga satu setengah jam. Bangku yang tersedia juga biasanya sudah penuh diisi orang dan makanan yang dipesan harus mengantri dulu sebelum diolah. Tapi waktumu yang terbuang selama menunggu terbayar lunas ketika ayam goreng sambel ijo sudah tersaji di hadapan. Sambel racikan Warung Podomoro memang pedasnya bukan main.

Orang keringatan, garuk-garuk, hingga kipas-kipas sudah menjadi pemandangan biasa di warung tenda ini. Mampir kesini wajib hukumnya, apalagi harga yang dipatok juga dibawah 20ribu rupiah. Tergoda untuk mencoba?

9. Mie Setan, Malang

Di kota Malang memang terdapat banyak kuliner pedas yang cukup menarik, tetapi bisa jadi mie setan adalah yang paling kondang. Kedai kecil yang beralamat di Jalan Bromo ini selalu terlihat sumpek karena dipenuhi oleh para penggila kuliner. Kamu wajib datang sejam sebelum bener-bener laper, karena biasanya antrian yang panjang bikin kamu harus sabar menuggu.

Di kedai ini menu andalannya adalah mie setan. Mie setan sendiri adalah mie pangsit yang ditaburi dengan daging ham dan suwiran ayam. Eh, tapi jangan salah ya, karena mie pangsit yang satu ini beda dari mie kebanyakan. Rasa pedasnya bener-bener nendang. Kamu bisa memilih level 1 dengan 12 cabe, level 2 dengan 35 cabe, atau level 3 dengan 35 cabe. Kalo dirasa kurang pedas dan menantang kamu bisa coba level 4 dengan cabe sebanyak 45 biji atau mungkin level 5 dengan 60 cabe. Jadi, yang mana levelmu?

10. Nasi Pedas Ibu Andika, Kuta Bali

nasi pedas ibu andika

nasi pedas ibu andika via only1ivy.blogspot.com

Lapak nasi pedas bu Andika terletak di Jalan raya Kuta depan Joger/Supernova. Warung yang buka hampir 30 tahun ini ramai dipenuhi warga lokal maupun wisatawan domestik khususnya pada jam makan siang atau malam hari. Warung sederhana ini juga buka 24 jam, sehingga gak usah khawatir kalo kemalemen. Tapi perlu diingat kalo setiap kali kamu datang kesini kamu harus sabar karena antrian yang mengular.

Menu lauk yang tersedia juga beragam mulai dari  hati ayam, perkedel jagung, sate ayam, ayam goreng, mie goreng, teri goreng, semur daging sapi, dan ayam sisit. Sambal racikan bu Andika memang sudah tersohor, dijamin es teh 2 gelas juga kurang sebagai penawar rasa pedas di lidah. Harga yang dibandrol berkisar antara 10.000-18.000 tergantung lauk yang dipilih. Lagi backpackeran ke Bali? Gak komplet kalo gak mampir ke sini!

11. Sate Petir, Jogjakarta

sate petir pak nano

sate petir pak nano via jogjarasa.com

Belom afdol kalo kamu mengaku penggila kuliner pedas tapi belom menjajal sate petir pak Nano. Sudah bukan rahasia lagi kalau sate kambing yang satu ini merupakan sajian kuliner paling pedas di kota pelajar. Warung kecil yang berada di Jl. Ringroad selatan 90 ini buka setiap hari dari pukul 12 siang sampai 6 sore. Tempat ini selalu ramai terutama di saat jam makan siang.

Menu olahan daging kambing yang disajikan disini adalah sate kambing, tongseng daging, balungan/tengkleng, hingga kepala kambing. Level pedas yang tersaji dari mulai TK, SD, SMP, SMA, D3, S1, S2, S3, hingga yang paling pedes adalah level pendekar. Jika kamu berani menjajal level pendekar, dijamin kamu akan garuk-garuk kepala, melet-metet, kipas-kipas, hingga mata berair. Berani?

Udah ada yang pernah mencoba salah satu kuliner pedas di atas? Kalo ada kuliner super pedas di kotamu yang belom Hipwee tulis, tambahkan di kolom komentar ya! 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya