7 Rahasia Tersembunyi yang Bisa Kamu Temukan di Kapal Pesiar. Nggak Banyak Orang Tahu Nih!

Rahasia kapal pesiar

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata kapal pesiar? Pasti yang ada di pikiran kamu adalah liburan mewah yang harga yang serba mahal. Hmm, pikiran itu nggak salah sih, mengingat liburan menggunakan kapal pesiar memang terkenal sering dinikmati oleh orang yang berduit alias kaya raya.

Advertisement

Buat kita kaum rebahan yang nggak pernah merasakan liburan kapal pesiar, pasti selalu penasaran sama kondisi dan hal-hal yang ada di dalam kapal pesiar. Nah untuk menjawab rasa penasaran itu, kali ini Hipwee Travel merangkum 7 rahasia tersembunyi di kapal pesiar. Mungkin aja orang yang pernah liburan di kapal pesiar nggak tahu tentang rahasia ini. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

1. Pertama, seluruh karyawan yang bekerja di atas kapal pesiar berkomunikasi menggunakan kode-kode rahasia

Kode rahasia kapal pesiar via www.bloomberg.com

Banyak yang nggak tahu kalau sebenarnya bahwa para karyawan di atas kapal pesiar kerap menggunakan kode rahasia untuk berkomunikasi. Hal ini didasari alasan beberapa hal yang sebaiknya nggak diketahui oleh para penumpang.  Beberapa kode rahasia tersebut diantaranya “30-30” yang berarti ada hal berantakan yang perlu dibersihkan.

“PVI” adalah kode tentang insiden penumpang muntah. Ada juga kode “Alpha” yang berarti kode darurat medis, “Bravo” yang berarti ada api dan “Kilo” tentang kewajiban karyawan melapor di stasiun darurat. Ada juga kode kondisi genting seperti  “Echo” yang berarti kapal sedang nggak stabil dan”Oscar” yang berarti ada penumpang jatuh ke laut.

Advertisement

2. Para karyawan kapal pesiar dilarang keras berhubungan romantis dalam bentuk apapun dengan tamu

Pekerja dan tamu via www.cruisecritic.com

Menjadi pekerja kapal pesiar adalah pekerjaan yang sangat melelahkan baik secara fisik maupun batin. Para pekerja dilatih agar nggak tergoda berhubungan spesial dengan tamu. Peraturan ini sangat keras dan memberlakukan toleransi nol. Jika ada pekerja yang ketahuan punya hubungan dengan seorang tamu maka akan dipulangkan secepatnya dan hari itu jadi akhir karir sang karyawan di dunia kapal pesiar. Tegas banget kan?

3. Pelarangan hubungan spesial dengan tamu berhubungan dengan kehidupan rahasia di bawah geladak penumpang yang dikhususkan untuk para karyawan

Kehdupan geladak bawah khusus para pekerja via id.quora.com

Salah satu hal yang menyenangkan dari liburan di kapal pesiar adalah para pekerja di sana sangat bekerja keras untuk menyenangkan para tamu. Bahkan kalau kamu jadi karyawan di kapal pesiar, bukan hal aneh lagi kalau bekerja selama 100 jam dalam seminggu. Ya setara dengan penghasilan juga sih~

Saat para karyawan ini sedang libur, mereka boleh bersenang-senang menikmati fasilitas kapal pesiar. Namun perusahaan nggak akan membiarkan para pekerja ini akrab dengan para tamu. Karena itulah para pekerja disediakan geladak rahasia tempat mereka bersenang-senang yang nggak diketahui para tamu.

Advertisement

4. Kapal pesiar menyediakan ruangan penjara untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu tindak kriminal saat perjalanan

Penjara di kapal pesiar via mfame.guru

Perjalanan saat berlibur di kapal pesiar cukup memakan waktu lama. Untuk berjaga-jaga kapal pesiar juga punya protokol keamanan yang cukup baik. Mereka menyediakan sejenis penjara kecil jika suatu saat terjadi tindak kriminal seperti pencurian barang. Nah gimana, lengkap banget ‘kan kapal pesiar ini?

5. Pada dasarnya makanan untuk penumpang nggak bervariasi. Penyediaan makanan disesuaikan dengan asal negara para tamu kapal pesiar

Makanan di kapal pesiar via www.cruise.co.uk

Bicara tentang makanan, kapal pesiar juga punya rahasia yang menarik. Kalau kamu sangka makanan dikapal pesiar itu mewah, sebenarnya hal ini nggak benar sepenuhnya. Biasanya kapal pesiar menyediakan setidaknya 20 varian menu untuk berjaga-jaga.

Nah perusahaan kapal pesiar sebenarnya sudah tahu kebiasaan para penumpang dalam menikmati hidangan. Hal ini dilihat berdasarkan negara asal penumpang. Contohnya, kalau kebanyakan penumpang berasal dari Amerika, maka makanan yang biasanya disantap adalah wine, dada ayam dan telur.

6. Setiap kapal pesiar punya protokol kesehatan dan rencana pencegahan kalau terjadi wabah menular

Protokol kesehatan kapal pesiar via www.bloomberg.com

Sebelum pandemi Covid-19 merebak dan masyarakat mulai menerapkan pencegahan wabah, para karyawan dan penumpang kapal pesiar udah terbiasa dengan hal ini. Setiap kapal pesiar manapun pasti punya protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah atau menangani wabah. Alasannya masuk akal, kalau suatu saat terjadi wabah dan kapal sedang berada di tengah laut, repot juga kan?

7. Terakhir, di dalam kapal pesiar ada pekerja yang disebut ‘Jin’

Pekerja kapal pesiar disebut Jin via www.princess.com

Terakhir, kapal pesiar memiliki pekerja yang disebut ‘Jin’. Ya tentu saja bukan jin di film Aladdin. Jin ini adalah sebutan buat para pekerja yang menangani para penumpang VIP di kapal pesiar. Mereka adalah pekerja elit yang sangat mementingkan kepuasan penumpang dan punya kreativitas tinggi. Nah biasanya para jin banyak menangani orang-orang seperti artis, pejabat ataupun politikus. Keren banget kan?

Nah itu dia 7 rahasia tersembunyi di kapal pesiar. Ya semoga aja suatu saat kita bisa berlibur di kapal pesiar dan membuktikan rahasia-rahasia ini. Amin.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE