Tahun 2017 lalu paspor Jerman mendapat predikat paspor terkuat di dunia versi Henley & Partners Paspor Index. Kejayaan warga Jerman sebagai pemegang paspor nomer wahid tak bertahan lama. Tahun 2018, Henley & Partners Paspor Index telah merilis daftar ranking paspor terbaru. Nah, kali ini bukan negara Eropa atau Amerika yang jadi yang terkuat, melainkan dua negara Asia. Wow, luar biasa!

Kali ini Hipwee Travel bakal mengulas 5 paspor terkuat di dunia dan juga kekuatan paspor Indonesia di tahun 2018 ini. Kira-kira Indonesia bisa dapat visa di berapa negara ya? Yuk deh simak aja.

Dua negara Asia, Jepang dan Singapura yang tahun lalu berada di peringkat ke 4 dan 5 kini menyalip Jerman dengan skor 180, alias bebas visa ke 180 negara di dunia! Kuat banget sih paspor ini, hampir semua negara di dunia bisa dimasuki tanpa visa

paspor jepang terkuat di dunia via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Selama ini paspor terkuat selalu didominasi negara-negara Barat. Jerman, Inggris atau Amerika jadi negara-negara yang selama ini dikenal mudah masuk dengan bebas visa ke banyak negara. Namun tidak untuk tahun ini. Kali ini Jepang dan Singapura menjadi juara paspor terkuat dunia dengan skor 180. Artinya, pemegang paspor Jepang atau Singapura bisa masuk ke 180 negara dengan bebas visa.

Peringkat kedua adalah juara tahun lalu, Jerman yang bisa masuk ke 179 negara tanpa visa

paspor jerman via eljohnnews.com

Jerman selama ini dikenal sebagai negara dengan paspor terkuat. Mereka punya skor 179 di mana hanya selisih satu negara saja dengan Jepang dan Singapura di posisi teratas. Jika upaya diplomasi mereka lebih baik di tahun ini, rasanya nggak bakal lama Jerman bakal mendapat predikat paspor terkuat dunia kembali.

Peringkat ketiga ada beberapa negara yang didominasi oleh negara-negara sejahtera di Skandinavia, ada Swedia, Denmark, Finlandia, dan juga Prancis, Spanyol, Korea Selatan dan Italia

paspor berbagai negara via motivasinews.com

Negara skandinavia terkenal sebagai negara yang sejahtera dan juga pendidikannya bagus. Selain itu mereka punya diplomasi yang baik di dunia internasional. Salah satu buktinya Swedia, Denmark dan Finlandia beserta Prancis, Korea Selatan, Spanyol dan Italia mendapat skor 178 yang artinya mereka bisa masuk ke 178 negara tanpa visa.

Peringkat keempat dan kelima didominasi oleh negara-negara Eropa. Sementara negara-negara Afrika dan Timur Tengah berada di ranking terbawah

ranking bebas visa via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Seperti terlihat di grafik, negara-negara Eropa seperti Inggris, Belanda, Portugal, Luxembourg, Norwegia dan Austria berada di posisi 4 dengan skor 177. Sementara peringkat kelima diisi oleh Amerika, Kanada, Swiss dan Irlandia. Lima ranking terbawah adalah Somalia (32 negara), Pakistan (30 negara), Suriah (28 negara), Iraq (27 negara) dan terakhir Afghanistan (24 negara). Negara-negara yang rawan konflik memang biasanya sulit mendapat bebas visa ke negara lain.

Bagaimana dengan Indonesia? Peringkat Indonesia masih sama di peringkat 69 dengan bebas visa ke 70 negara saja. Kapan ya bisa bebas visa di atas 100 negara? Hiks…

indeks paspor via www.dailymail.co.uk

Paspor Indonesia bukanlah paspor yang kuat. Bandingkan dengan negara ASEAN lain misal Singapura (180 negara) atau Malaysia (169 negara) tentu paspor Indonesia nggak ada apa-apanya. Bagi traveler memang cukup sulit karena cuma 70 negara bebas visa (sudah termasuk visa on arrival). Mudah-mudahan pola diplomasi Indonesia di dunia internasional ke depannya lebih baik agar kekuatan paspor Indonesia kian meningkat. Untuk sementara, harap sabar dengan ribetnya harus mengurus visa ketika mau traveling. Hehehe.

Selamat buat Jepang dan Singapura. Semoga Indonesia tahun depan lebih baik dan bisa mendapatkan 100 negara bebas visa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya