Makan Rawon Sambil Nonton Kepiawaian Pramuniaganya Menghitung Mirip Kalkulator di Warung Sedap Malam

Rawon Kalkulator

Ah Rawon! Kalau menyebut nama makanan ini nggak tau kenapa kepikiran sama Surabaya. SoHip tahu kan bahwa Surabaya, selain  terkenal sebagai kota pahlawan yang bersejarah, juga identik dengan rawon sebagai salah satu kuliner khasnya ngomong-ngomong soal rawon, makanan ini juga baru-baru ini detetapkan sebagai sup terenak di Asia lho oleh sebuah website kuliner ternama.

Advertisement

Ngomongin tentang Surabaya dan rawon. Kota ini punya sebuah warung rawon yang unik lho. Keunikan warung ini bukan pada rawonnya, melainkan para pramusajinya. Tapi bukan itu aja sih yang jadi daya tarik warung rawon ini, karena sebenarnya rawonnya sendiri juga cukup enak. Nama warung tersebut adalah Warung Sedap Malam.

Terletak di dekat Taman Bungkul dan sudah berdiri selama 30 tahun!

Warung yang bernama “Warung Sedap Malam” ini terletak di dekat Taman Bungkul, sebuah taman kota yang terletak di tengah kota Surabaya dan menjadi salah satu spot populer untuk nongkrong anak-anak muda. Tetapi warung ini lebih populer dan dikenal dengan nama “Rawon Kalkulator”.

Advertisement

Warung rawon yang telah berdiri sejak tahun 1975 ini sempat berpindah-pindah lokasi sebelum akhirnya menetap di sekitaran Taman Bungkul seperti sekarang ini. Menurut salah satu pramuniaga di sana ya SoHip, nama “Rawon Kalkulator” itu diberikan oleh pengunjung karena keahlian para pramuniaga yang ada di sini lho!

Seperti kalkulator pramuniaga di sini bisa menghitung secara cepat pesanan sebanyak apapun tanpa salah!

Advertisement

Yang menjadi keunikan warung rawon ini adalah keahlian para pramuniaganya yang dapat menghitung secepat dan setepat kalkulator, seberapapun banyaknya pesanan. Karena atraksi ini makanya para pengunjung menyematkan nama rawon kalkulator pada Warung Sedap Malam ini. Penyebutan ini juga menjadi semacan berkah tersendiri karena namanya bisa membuat orang penasaran.

Terkadang mereka juga menggunakan stop watch lho SoHip untuk menunjukkan keahlian mereka berhitung jika pesanannya sangat banyak. Ketepatan hitungan para pramuniaga ini terjamin dan bisa kamu cocokkan dengan bon yang nantinya akan kamu terima.

Bisa menghitung cepat karena terbiasa dan sudah hafal menu di luar kepala

Menurut salah satu penuturan pramuniaga Warung Sedap Malam, mereka nggak memiliki trik-trik tertentu dalam melakukan hitung cepat yang kebetulan menjadi atraksi tambahan Warung Sedap Malam. Mereka hanya sudah hapal dan terbiasa menghitung pesanan pelanggan yang banyak serta sudah hapal harga setiap menu yang ada. Jadi mereka tinggal memanggil kembali memori yang terkait dengan harga-harga makanan di Warung Sedap Malam.

Selain menjual rawon, Warung Sedap Malam juga menjual soto dan berbagai hidangan tambahan lainnya

Warung ini memang memiliki spesialisasi diri untuk menjual makanan berkuah khas Jawa. Jika kamu nggak terlalu suka rawon kamu bisa memesan soto di tempat ini. Selain itu SoHip juga bisa membuat mix and match lauk pendamping yang disajikan untuk disantap bersama pesanan kamu. Mulai dari perkedel, kerupuk, hingga telur asin dan berbagai gorengan.

Untuk rawonnya sendiri Warung Sedap Malam cukup berani karena potongan daging yang diberikan ukurannya besar. Selain itu kuah rawon juga terasa gurih dan nggak hambar. Meskipun daging yang disajikan ukurannya besar, tetapi daging tersebut nggak alot, malah empuk! Selain itu untuk SoHip yang porsi makannya “bersemangat”, kamu juga akan diberikan nasi dengan jumlah yang lumayan kok, jadi jangan khawatir ya!

Harganya nggak bikin kantong jebol, tapi kalau mau lihat aksi pramusaji “berhitung” ada baiknya kamu datang ke sana rame-rame dan pesan makanan dalam jumlah yang banyak

Harga makanan di sini nggak akan bikin kantong kamu bolong, kamu bisa mebus seporsi rawon dengan harga Rp.20.000-an aja. Tetapi kalau SoHip ingin melihat aksi dari para pramuniaga di sini menghitung dengan cepat, ada baiknya kamu memesan secara banyak. Jadi datanglah ke sini dengan mengajak temen satu tongkrongan atau keluarga besar sekalian (tentunya lebih baik setelah pandemi) untuk menyaksikan kehebatan menghitung para pramuniaga di sini!

Gimana sohip, tertarik nggak kamu buat mengunjugi warung rawon ini jika nanti berkunjung ke Surabaya? Tenang, kalaupun SoHip nggak mesen banyak-banyak, seenggaknya rasa di tempat makan ini nggak bikin kecewa kok!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE