Rawon, Makanan Khas Jawa Timur yang Sukses Dinobatkan Sebagai Sup Terenak se-Asia Versi TasteAtlas!

Rawon sup terenak

Selain dihuni oleh orang yang ramah, Indonesia juga terkenal dengan berbagai kulinernya yang beragam. Selain memiliki banyak variasi yang berbeda di tiap daerah, kuliner kita juga terkenal kelezatan rasanya di seluruh dunia.

Advertisement

Salah satu kuliner yang bisa bikin bangga Indonesia adalah rendang, yang dinobatkan sebagai kuliner terlezat nomor satu versi CNN. Sekarang muncul lagi sebuah makanan Indonesia yang didaulat sebagai “Sup terenak di se-Asia”! Kuliner tersebut adalah rawon! Tentunya SoHip udah nggak asing dong dengan si “sup hitam” asli Jawa Timur ini?

Dinobatkan jadi sup terenak di Asia tahun 2020 setelah menjalani proses penilaian dari kritikus restoran professional dan hasil survey panelis!

Menurut sebuah laporan dari TasteAtlas yang dilansir dari akun Instagram @seasia.co, rawon dinobatkan menjadi hidangan sup terenak nomor 1 se-Asia. TasteAtlas sendiri merupakan sebuah situs yang berfokus untuk mengarsipkan serta memperkenalkan makanan nasional, regional dan tradisional dari seluruh dunia.

TasteAtlas pada awalnya membuka survey untuk menentukan 12 makanan sup terenak di Asia. Melalui penilaian dari beberapa kritikus restoran terkemuka dan survey yang dilakukan oleh 63.402 pembaca TasteAtlas, akhirnya rawon berhasil duduk di peringkat pertama daftar ini.

Advertisement

Makanan khas Jawa Timur ini terkenal karena rasanya yang gurih-gurih menyegarkan dan warna kuahnya yang hitam!

Makanan yang berasal dari Jawa Timur ini biasanya dibuat dengan merebus daging sapi secara perlahan sebelum akhirnya rebusan daging sapi tersebut dicampurkan dengan beberapa bumbu, seperti sereh, daun jeruk dan jahe. Tetapi yang membuat rawon menjadi unik adalah penggunaan buah kluwek sebagai salah satu bahannya. Buah inilah yang menyebabkan rawon memiliki warna hitam ikonik seperti yang kita kenal.

Penggunaan buah kluwek yang dicampurkan dengan rempah-rempah memberikan rasa asam dan gurih yang unik, belum lagi ditambah dengan kenikmatan kaldu dari daging sapi yang digunakan sebagai bagian dari kuah, enaknya poool! Tapi jangan salah, sebenarnya buah kluwek ini berbahaya dan beracun lho, jika tidak ditangani dengan tepat!

Selain menjadi makanan sup terenak nomor 1 di-Asia, rawon menempati posisi keempat pada deretan makanan sup terenak di dunia!

Makanan yang biasa disantap dengan nasi, kecambah, jeruk nipis, kerupuk udang, sambal dan telur asin ini berhasil mengalahkan banyak hidangan Asia dalam daftar tersebut, misalnya Bulalo, sup daging asal Filipina yang ada di posisi kedua serta Penang Laksa dan Asam Laksa asal Malaysia di posisi ke-4 dan ke-5.

Prestasi rawon nggak berenti sampe di situ aja, ternyata si sup hitam gurih ini masuk juga sebagai peringkat 4 dalam daftar sup terenak di dunia yang juga dikeluarkan oleh situs TasteAtlas. Dalam daftar ini rawon hanya kalah dari Trapadi de pescado, sup ikan dari Honduras di posisi puncak, conch soup yang merupakan sup keong dan juga berasal dari Honduras, serta Ciorba de Peste, sup ikan tradisional asal Rumania.

Rawon nggak sendirian jadi sup terenak se-Asia, dia ditemani dua makanan Indonesia lainnya!

Ternyata kelezatan makanan Indonesia bukan hanya diwakilkan oleh rawon saja pada daftar sup terenak di Asia. Dalam daftar tersebut terselip dua masakan khas Indonesia lain yang ikut menemani rawon sebagai hidangan sup paling enak di Asia.

Gulai cincang adalah hidangan lain yang masuk dalam daftar sup terenak di Asia dalam nomor tiga, selain itu makanan khas Sumatera Barat ini menduduki peringkat 8 dalam daftar makanan sup terenak di dunia. Sedangkan sayur asam menjadi sup nomor 12 terenak di Asia dalam daftar tersebut.

Jika kamu penasaran makanan apa saja yang masuk dalam daftar 10 sup terenak di Asia, kamu bisa lihat daftar di bawah ini ya!

Nah gimana keren kan? Sebagai salah satu negara dengan makanannya menggunakan banyak rempah, nggak kaget seharusnya kalau makanan kita bisa menduduki banyak posisi sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Kira-kira dari daftar sup terenak di Asia, kamu pernah makan yang mana aja nih SoHip?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE