Kamu punya keinginan untuk menjelajah negeri Indonesia nggak? Mulai dari tempat yang dekat dengan tempat tinggalmu, terus ke pulau tetangga, dan nanti lanjut lagi menjelajah Indonesia dari ujung barat sampai ujung timur. Pengen nggak ke ujung barat Indonesia?

Yuk main ke ujung barat Indonesia. Aceh punya banyak tempat seru untuk dijelajahi. Kalau belum pernah ke Aceh, mulai dulu dari Banda Aceh dan Pulau Weh. Hipwee Travel mau kasih rekomendasi itinerary liburan ke Pulau Weh dan Banda Aceh untuk 4 hari 3 malam. Simak baik-baik ya.

Hari pertama: saatnya nyebrang dari Aceh ke Pulau Weh. Langsung explore Pantai Bunker Jepang Anoi Itam, Air Terjun Pria Laot, dan Titik Nol Km.

Air Terjun Pria Laot Sabang via tamiangtraveller.com

Advertisement

Usahain kamu nyampe di Banda Aceh pagi hari, jadi bisa langsung nyebrang ke Pulau Weh. Nyebrangnya dari Pelabuhan Ulee Lheue (Aceh) ke Pelabuhan Balohan (Sabang). Begitu nyampe di pelabuhan, kamu tentuin mau sewa motor atau sewa mobil.

Lanjutin dengan jalan-jalan ke Pantai Bunker Jepang Anoi Itam yang punya pemandangan laut super indah. Terus main ke Air Terjun Pria Laot. Siap-siap trekking ya kalo ke air terjun ini. Kalo udah agak sorean lanjutin ke Titik Nol Km dan nikmatin sunset di sana.

Harga tiket kapal lambat (2 jam) Rp. 25,000

Harga tiket kapal cepat (1 jam) Rp. 40,000

Sewa motor 24 jam Rp. 90,000

Sewa mobil + sopir Rp. 550,000

Makan sekitar Rp. 25,000 per porsi

Pilih penginapan di area Pantai Iboih. Kamu bisa dapat pemandangan laut dan punya banyak pilihan penginapan mulai dari 100 ribuan.

Advertisement

Hari kedua ini puas-puasin dengan snorkeling. Lautnya Pulau Weh ini punya pemandangan bawah laut yang bagus banget dan air lautnya super jernih. Kamu mesti nyebrang ke Pulau Rubiah, paling nggak puas-puasin snorekling setengah hari di Pulau Rubiah.

Kamu bisa lanjut snorkeling lagi di Pantai Iboih. Pemandangan bawah lautnya juga nggak kalah seru dengan di Pualu Rubiah. Kalo nggak punya alat snorkeling ada jasa persewaan alat snorkeling di Pantai Iboih.

Penginapan mulai dari Rp. 150,000

Sewa alat snorkeling Rp. 45,000

Sewa kapal ke Pulau Iboih Rp. 300,000 (kapasitas hingga 10 orang)

Pindah nginap ke Sabang dan jelajahi Pantai Sumur 3, Pantai Tapak Gajah, dan Pantai Kasih. Pasir pantainya putih, lembut, dan yang jelas pemandangannya bagus.

Pantai-pantai cantik di Pulau Weh, Aceh via nurulnoe.com

Di hari ke-3 ini sebaiknya kamu pindah ke penginapan yang ada di Sabang. Jarak Sabang dengan Pelabuhan Balohan cuma sekitar 15 menit, jadi besok nggak perlu terburu-buru ke pelabuhan untuk kembali lagi ke Aceh.

Hari ini sebaiknya kamu puas-puasin main di pantai. Mulai dari Pantai Sumur 3 yang punya 3 sumur dengan air tawar, padahal letaknya di pinggir pantai. Lanjut ke Pantai Tapak Gajah, yang katanya dulu sempat ada tapak gajahnya sampai desa di dekat pantai itu dinamakan Desa Tapak Gajah. Terakhir sunset di Pantai Kasih yang punya garis pantai sangat panjang.

Sewa mobil setengah hari Rp. 200,000

Naik becak motor antar pantai Rp. 50,000

Nyebrang balik ke Aceh. Lanjut main ke kapal PLTD Apung, Museum Tsunami, dan Masjid Baiturrahman.

Arsitektur Museum Aceh yang Megah via catatanpringadi.com

Hari terakhir ini ambil kapal paling pagi dari Pelabuhan Balohan (Sabang) ke Pelabuhan Ulee Lhoue (Aceh). Sebelum pulang dari Aceh, kamu harus melihat sisa-sisa tsunami Aceh tahun 2004. Ada kapal yang terdampar sampai ke darat, masjid yang masih utuh meski diterjang tsunami, dan Museum Tsunami yang merekam informasi seputar tsunami dengan arsitektur yang bagus banget.

Makan mie Aceh dan minum kopi Aceh. Hal yang nggak boleh terlewat kalo udah sampe Aceh.

Mi Aceh dan rasanya yang khas via dolandolen.com

Kalo udah di Aceh, sempatkan juga untuk makan mie Aceh. Kamu bisa dapat mie Aceh mulai dari harga Rp. 10,000. Rasanya jelas beda dengan mi di tempat lain. Sempatin juga untuk nyoba kopi Aceh yang enak. Kebiasaan orang Aceh ini emang ngopi dan ngobrol di warung kopi.

Hipwee Travel punya sedikit tips untuk berhemat nih. Kalo kamu berencana naik pesawat ke Aceh, dan merasa harga tiketnya selangit, kamu bisa naik pesawat lewat KL. Tahu kan ada low cost airlines berwarna merah yang berasal dari Malaysia. Bisa jadi harga pesawat via KL jauh lebih mahal daripada yang langsung ke Banda Aceh. Yuk rencanain liburan ke Aceh dan Pulau Weh.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya