5 Rekomendasi Tempat Terbaik untuk Liburan Keluarga di Akhir Pekan. Sudahkah Masuk Wishlist-mu?

Liburan Keluarga

Liburan keluarga adalah salah satu bonding time yang bisa bikin keluarga makin kompak. Setelah disibukkan dengan kegiatan masing-masing, pastinya kamu sekeluarga butuh satu momen untuk refreshing bareng. Nggak harus menunggu liburan panjang kok, akhir pekan pun cukup. Karena kalau bareng keluarga, yang penting quality time-nya, ‘kan?

Untungnya, negeri kita alias #WonderfulIndonesia ini kaya dengan tempat wisata dengan beragam tema. Kali ini Hipwee bakalan memberikan ide-ide seru untuk liburan keluarga, di kota-kota yang konon adalah surganya wisata keluarga. Nggak usah jauh-jauh, karena semuanya bisa #DiIndonesiaAja. Yuk, simak!

1. Kalau bosan staycation, cobain glamping di Situ Cileunca, Bandung Selatan

Pangalengan tempat glamping dan wisata lainnya (foto: Wisnu Anto / image.indonesia.travel) via image.indonesia.travel

Glamping sedang menjadi aktivitas hits di kalangan milenial. Nggak ada salahnya lho dijadikan wishlist liburan keluargamu nanti. Jangan takut nggak nyaman, karena glamping itu artinya camping dengan fasilitas yang memadai. Salah satu tempat glamping yang bisa kamu coba adalah Glamping Cileunca di Pangalengan, Bandung. Tempat glamping ini berada di tengah Situ Cileunca. Jadi, untuk mencapainya kamu harus naik perahu. Wiih, belum-belum udah terdengar seru. Selain camping dengan glamour, di sana kamu juga bisa bermain flying fox dan juga paintball war lho.

By the way, kamu nggak bakal menyesal menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di Pangalengan. Selain glamping, kamu juga bisa menjajal rafting di sungai Paralayangan, menikmati hamparan hijau di Kebun Teh Cukul, hingga melihat Rusa di Penangkaran Kertamanah.

2. Liburan seru di taman bermain di Kota Malang. Ada macam-macam tema yang ditawarkan

Taman bermain dengan lanskap alam yang cantik di Batu, Malang (foto: 5bf5911a_905 / iStockphoto) via www.istockphoto.com

Bicara soal taman bermain, Malang dan sekitarnya adalah adalah kota yang kaya dengan aneka taman bermain beragam tema. Salah satunya adalah kebun bunga tertua di Indonesia, Selecta. Kebun bunga dan taman bermain yang terletak di kota Batu ini dibangun pada sekitar tahun 1920-an. Uniknya, keseruan Selecta seolah tak lekang oleh waktu. Di sana, kamu nggak hanya bisa menikmati keindahan hamparan bunga, tetapi juga bisa seru-seruan dengan berbagai wahana bermain. Waterboom, flying fox, hingga sky bike ada di sini. Jadi, jangan khawatir hanya anak-anak yang akan bersenang-senang, ya.

Menawarkan keindahan kebun bunga yang sama tetapi lebih modern alias punya banyak spot instaworthy, kamu juga harus mengunjungi Florawisata San Terra de Lafonte. Bukan hanya kebun bunga, tempat ini juga memiliki spot bangunan ala negara-negara mancanegara. Mulai dari Kampung Korea hingga rumah-rumah bergaya Eropa. Siapin kamera ya, karena kamu bakal menemukan banyak spot cantik untuk feeds Instagram!

3. Mengunjungi desa wisata untuk melihat budaya lain lebih dekat. Misalnya Desa Tenganan dan Tegalalang di Pulau Dewata

Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali (foto: Fikry Auliya / image.indonesia.travel) via image.indonesia.travel

Bicara soal desa wisata, Desa Panglipuran di Bali pasti sudah familier di telinga. Namun, selain Desa Panglipuran, Pulau Dewata sebenarnya punya banyak desa wisata. Salah satunya adalah Desa Tenganan. Lokasinya cukup terpencil di Karangasem, tapi nggak kalah indah. Desa ini masih sangat asli dan benar-benar tradisional, mulai dari kondisi alamnya, bentuk rumah penduduknya, hingga ke peraturan adat serta gaya hidupnya. Jangan heran bila nanti kamu melihat kerbau milik warga berkeliaran. Uniknya lagi, meskipun ada loket untuk masuk ke desa, kamu hanya diminta membayar seikhlasnya kok.

Selain Desa Tenganan, kamu juga bisa melihat keunikan pertanian di Desa Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Kawasan yang disebut dengan Ceking Rice Terrace ini memiliki keindahan alam yang keren banget. Di sana, kamu akan melihat lahan persawahan terasering yang berundak-undak bagai tangga dari alam. Bukan hanya menikmati pemandangan hijau yang cantik sembari bersantai, kamu juga bisa turun langsung dan berinteraksi dengan petani lokal untuk cari tahu tentang proses pertanian di sana.

Melihat sesuatu yang unik dan berbeda yang kita lihat sehari-hari itu salah satu cara refreshing yang ampuh. Berkunjung ke desa wisata adalah satu caranya. Karena kamu bisa melihat berbagai unsur-unsur kehidupan yang berbeda. Seru banget!

4. City tour keliling Kota Medan, menikmati wisata kuliner dan bangunan-bangunan spesial

Museum Tjong A Fie (Jerry Aurum/image.indonesia.travel) via image.indonesia.travel

Bila Medan menjadi tujuan liburan keluarga, city tour bisa menjadi alternatif yang menarik. Ada banyak bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi bareng keluarga. Selain bangunan ikonik Masjid Raya Medan yang berusia lebih dari 110 tahun, kamu bisa berkunjung ke Rumah Tjong A Fie. Dibangun pada tahun 1895, desain rumah ini menggabungkan unsur Tiongkok, Melayu, dan Eropa. Ada sekitar 40 ruangan, lho, di rumah ini. Kira-kira dulu buat apa saja, ya?

Kamu juga bisa menyaksikan keunikan arsitektur indo-mughal Gereja Graha Santa Maria Annai Velangkanni yang memasukkan unsur India dan Tiongkok. Sekilas, gereja ini bisa terlihat seperti kuil Budha atau Hindu. Namun, gereja ini juga memiliki menara dengan kubah yang menyerupai Masjid. Unik banget!

Setelah lelah berjalan-jalan, istirahatkan dirimu sembari menikmati Mi Gomak di Pasar Balige. Lalu kamu bisa mencicipi Es Krim Tip Top sebagai hidangan penutup. Meski kuliner ini bisa kamu temukan di kota-kota lain, mencicipinya langsung di daerah asal pasti berbeda ‘kan?

5. Rekreasi menikmati indahnya alam di Gunung Gede Pangrango. Bukan hanya buat hiking, kok!

Alun-Alun Suryakencana di TNGPP (foto: Muhammad Iqbal / iStockphoto) via www.istockphoto.com

Kalau kebetulan kamu dan sekeluarga suka liburan yang petualangan khususnya mendaki, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah jawabannya. Taman Nasional yang terbentang dari Kabupaten Bogor, Cianjur, hingga Sukabumi ini punya beragam suguhan alami yang indah. Salah satunya adalah Lembah Mandalawangi yang sering disebutkan oleh aktivis Soe Hok Gie dalam puisinya.

Selain Mandawalangi, ada juga Alun-Alun Suryakencana yang lebih mudah dicapai serta lebih luas. Baik di Mandalawangi maupun Alun-Alun Suryakencana, kamu bukan hanya bisa menyaksikan tanah lapang dengan hamparan hijau di sekelilingnya, melainkan juga padang Edelweis. Bulan Mei – September adalah waktu yang tepat untuk mendaki, karena Edelweis sedang mekar. Oh ya, kalau kamu sekeluarga lebih suka camping secara konvensional, dua tempat ini bisa jadi pilihan, lho.

Eits, Gunung Gede Pangrango nggak cuma buat yang suka mendaki, kok. Kalau kamu sekeluarga lebih suka liburan yang santai, banyak spot wisata yang lebih ramah. Salah satunya adalah Kebun Raya Cibodas untuk melihat berbagai spesies fauna. Di dalam Kebun Raya Cibodas, pengunjung bisa melihat Taman Sakura, Taman Lumut, Rumah Kaca, dan lain sebagainya. Edukatif, plus nggak bakalan kalah seru! Apalagi, Kebun Raya Cibodas ini salah satu destinasi yang menerapkan protokol CHSE – Cleanliness, Healthy, Safety, dan Enviromental sustainability. Jadi, liburan bareng keluarga bakalan lebih nyaman~

Itu dia beberapa ide liburan seru bareng keluarga. Indonesia memang kaya akan tempat wisata. Jadi, mau kamu pengin hiking, glamping, city tour ke tempat-tempat bersejarah, menikmati keindahan alam, atau belanja-belanji bareng keluarga, semuanya ada #DiIndonesiaAja. Yang terpenting, apa pun preferensi wisatamu dan ke mana pun kamu pergi, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, ya. Selalu jaga jarak, gunakan masker, dan rajin cuci tangan supaya semua lebih aman.

By the way, di antara tempat tadi, ada wishlist-mu yang masuk?

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.