5 Tempat Ritual Melukat Populer di Bali, Wisata Sambil Menenangkan Jiwa

Bisa jadi destinasi wisata spritual

Bali bukan hanya terkenal sebagai Pulau Dewata dengan tempat wisatanya yang memukau, namun juga budayanya yang begitu bermakna. Salah satunya adalah ritual melukat yang baru-baru ini dilakukan oleh Pevita Pearce untuk menyucikan diri. Air yang digunakan dalam ritual ini haruslah air suci dan hanya boleh diadakan di tempat khusus.

Advertisement

Ritual ini harus dilakukan di pura yang dekat dengan muara sungai sampai dengan mata air di dalam pura. Penasaran dengan ritual ini? SoHip juga bisa nih liburan ke Bali sambil ikut ritual ini di beberapa tempat wisata yang memberikan pengalaman melukat kepada pengunjungnya. Yuk simak beberapa tempat rekomendasi melukat populer di Bali berikut ini!

1. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Ritual Melukat Di Pura Tirta Empul | Credit : IG @tirtaempultemple

Pura ini beralamat di Jl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552. Konon katanya, ritual melukat sudah dilakukan di pura ini sejak abad ke-10. Di kolam penyucian ini juga terdapat 14 pancuran air suci. Tempat ini juga sangat menyambut baik para wisatawan untuk berkunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Prosesi melukat ini juga tidak tertutup bagi para wisatawan, namun ada beberapa aturan yang wajib diikuti seperti harus berpakaian adat atau mengenakan selendang kuning, rambut yang tidak boleh terurai, serta tidak diperbolehkan mengenakan celana pendek.

Advertisement

Baca konten menarik seputar cerita horor: Ngerinya Bertetangga dengan Leak, Makhluk Mitologi Bali Pengincar Organ

2. Pura Taman Mumbul

Pura Taman Mumbul

Ritual Melukat Di Pura Taman Mumbul | Credit : IG @abimanyupt

Advertisement

Walau tidak sepopuler Tirta Empul, pura yang satu ini juga wajib disambangi ketika SoHip berada di Bali, terutama bila ingin melakukan ritual melukat. Pura Taman Mumbul memiliki 11 pancuran air suci di dalam kolam pemandiannya. Pura ini berlokasi di kawasan Sangeh.

Prosesi melukat di sini dimulai dari pancuran air paling kanan dan kemudian dilanjutkan ke pancuran di sebelah kirinya. Karena keberadaan Dewi Saraswati, pura ini dipercayai akan memberikan bantuan dalam ilmu pengetahuan. Nah, buat SoHip yang mau ujian boleh nih mampir dulu ke Pura Taman Mumbul untuk melakukan ritual melukat ya~

3. Pura Dalem Pingit

Pura Dalem Pingit

Ritual Melukat di Pura Dalem Pingit | Credit : IG @info.gianyar.bali

Pura yang terletak di Jl. Raya Tegallalang, Sebatu, Kec. Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80561 juga menyediakan tempat untuk melakukan ritual melukat. Hanya saja, untuk mencapai lokasi melukat, SoHip harus menuruni anak tangga yang berkelok-kelok.

Suasana di sekitar area melukatnya sangatlah tenang, namun ada beberapa aturan yang harus diikuti seperti harus berpakaian sopan dan tidak sedang masa haid. Ritual melukat di Pura Dalem Pingit ini dipercayai bisa menghilangkan berbagai penyakit, ilmu hitam, bahkan bisa dikaruniai buah hati bagi mereka pasangan yang sudah menikah namun belum juga dikaruniai anak.

4. Pura Tirta Sudamala Bangli

Pura Tirta Sudamala

Prosesi Melukat Di Pura Tirta Sudama | Credit : IG @semeton.bangli

Pura Tirta Sudamala ini terletak di kawasan Bangli dan memiliki 11 pancuran air suci, 2 di antaranya terletak di lokasi yang lebih tinggi. Pancuran yang letaknya lebih tinggi ini mengalirkan air yang cukup deras dan sering digunakan pengunjung sebagai tempat pijat refleksi alami.

Sama seperti pura yang juga menyediakan tempat melukat, pura ini juga memiliki aturan yang harus diikuti. Berpakaian sopan dan harus mengenakan baju adat adalah aturan yang utama, kemudian diikuti dengan sesajian yang berupa pejati atau canang sari, selanjutnya barulah meminta izin untuk menyucikan diri dengan melukat.

5. Pura Mengening Tampak Siring

Pura Mengening

Melukat Di Pura Mengening | Credit : IG @infomangupura

Pura Mengening berlokasi di daerah Tampak Siring, Gianyar, tidak jauh dari Pura Tirta Empul. Di sini terdapat 10 pancuran mata air yang digunakan untuk prosesi melukat. Suasananya yang sejuk dan hening sangat cocok bagi SoHip untuk menenangkan diri dari kebisingan kota. Konon katanya, setelah melakukan prosesi melukat di pura ini, tidurnya akan lebih lelap. Boleh dicoba nih bagi SoHip yang memiliki gangguan susah tidur.

Itu dia 5 destinasi wisata buat SoHip yang sudah mulai siap travelling kembali. Liburan kan tujuannya memang merefleksikan diri, gak ada salahnya mencoba ritual melukat. Balik dari liburan pasti lebih fresh dan jauh lebih tenang ya, kan?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE