5 Pilihan Wisata Alam Nan Asri di Tawangmangu Jawa Tengah, Mulai dari Bukit hingga Hutan Semua Ada

Rekomendasi wisata alam Tawangmangu

Bagi masyarakat Indonesia, melakukan wisata alam bukan soal sulit. Ada banyak destinasi wisata alam yang dapat disambangi hampir di setiap wilayah Indonesia. Di Jawa Tengah, misalnya, kamu bisa melipir ke kecamatan Tawangmangu yang menjanjikan beberapa destinasi alam ciamik karena berada di lereng barat Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar.

Advertisement

Jika berminat melakukan wisata alam di tengah masa pandemi ini, pastikan kondisi terkini benar-benar memungkinkanmu untuk melakukan perjalanan. Pastikan pula menaati protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Setelah itu, tinggal pilih mau berwisata ke mana di antara 5 pilihan destinasi alam Tawangmangu, Jawa Tengah ini.

1. Bukit Mongkrang

Ini merupakan salah satu destinasi wisata alam yang nggak boleh kamu lewatkan di Tawangmangu. Bukit Jongrang yang berada tepat di selatan Gunung Lawu, tepatnya di Desa Gondosuli ini memiliki suasana yang sejuk dan tentunya panorama alam yang memukau.

Advertisement

Sebelum bisa mencapai puncak bukit, kamu terlebih dahulu akan menikmati pengalaman trekking di jalur yang relatif mudah dengan keindahan padang ilalang. Di puncak, kamu bahkan bisa mendirikan kemah di lahan yang sudah disediakan dengan biaya sewa mulai Rp10 ribu.

2. Kebun Teh Kemuning

Advertisement

Selain Bukit Mongkrang, destinasi menarik lain yang berada di dataran tinggi Tawangmangu adalah Kebun Teh Kemuning. Masih berada di kawasan Gunung Lawu, tepatnya di Desa Sumbersari, suasana di sini begitu sejuk dan asri berkat hamparan permadani kebun teh.

Selain bisa berjalan-jalan di kebun teh, di destinasi ini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik, seperti berkuda, berenang, menjajal flying fox atau paint ball, hingga berfoto ria di sejumlah spot khusus.

3. Air Terjun Grojogan Sewu

Kalau ingin wisata alam bernuansa air, kamu bisa mengarahkan perjalanan ke Air Terjun Grojogan. Tawangmangu sebenarnya memiliki beberapa air terjun ciamik. Namun, air terjun setinggi 80 meter ini cukup populer karena nggak pernah kering sekalipun musim kemarau.

Air Terjun Grojogan Sewu berada tepat di lereng Gunung Lawu, sekitar 27 kilometer timur Kota Karanganyar. Untuk mencapai air terjun ini kamu harus menapaki sebanyak 1.250 anak tangga.

Meski membutuhkan tenaga ekstra untuk menapaki anak tangga, pesona air terjun yang menantimu akan membuatnya sepadan. Apalagi di perjalanan kamu akan ditemani hutan yang asri, dan kalau beruntung akan bertemu monyet-monyet lucu.

4. Telaga Madirda

View this post on Instagram

A post shared by nrl (@moonrlft)

Destinasi wisata alam air lainnya yang bisa kamu pilih di Tawangmangu adalah Telaga Madirda. Berlokasi di Desa Berjo, Telaga Madirda memiliki hawa yang relatif sejuk dengan air yang lumayan jernih. Kamu bahkan bisa melihat ikan-ikan yang berenang dengan mudah.

Telaga Madirda bisa jadi pilihan menarik untuk kamu yang ingin mencari ketenangan. Pemandangannya yang asri dikelilingi pepohononan hijau seakan memanjakan siapapun untuk betah berlama-lama di destinasi ini.

Fasilitas yang dimiliki destinasi satu ini juga mendukung kenyamanan pengunjung, mulai dari toilet, mushola, gazebo, warung makan, hingga beberapa spot foto menarik. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar kurang lebih Rp10 ribu per orang.

5. The Lawu Park

Untuk wisata hutan di Tawangmangu, pilihan bisa kamu jatuhkan kepada The Lawu Park. Berlokasi tepat di Bulakrejo, Godosuli Kidul, The Lawu Park menawarkan kombinasi keindahan hutan pinus dan berbagai aktivitas wahana yang menarik.

Di sini kamu bisa melakukan camping, menjajal flying fox, mengendarai ATV, hingga trail adventure atau sekadar berfoto di spot khusus. Untuk menikmati wahana-wahana tersebut pengunjung akan dikenakan biaya yang beragam. Sementara biaya masuk The Lawu Park berkisar Rp20 ribu.

Selain bisa melakukan camping, di The Lawu Park kamu juga bisa menginap di penginapan khusus, loh. Fasilitas destinasi satu ini memang terbilang cukup komplit, termasuk toilet, mushola dan restoran. Cocok nih, jadi pilihan untuk liburan bareng keluarga.

Nah, itu dia 5 pilihan destinasi wisata alam di Tawangmangu. Sudah tahu mau menyambangi yang mana dulu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE