Pagelaran musik Jazz kian diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari hadirnya berbagai festival musik bettema Jazz makin menjamur saja di negeri ini. Sebut saja Jazz Atas Awan di Dieng, Jazz Gunung di Bromo, hingga Prambanan Jazz yang digelar belum lama ini. Hal ini bisa mengindikasikan 2 hal, tren Jazz yang semakin digemari atau masyarakat Indonesia yang latah. Ikut-ikutan karena melihat orang lain mendengarkan musik Jazz.

Entah apa alasannya, yang jelas kemunculan banyak festival Jazz jelas merupakan kabar baik bagi pecinta musik Jazz. Salah satu festival Jazz yang ditunggu kehadirannya adalah Ngayogjazz, ritual tahunan musik Jazz di Yogyakarta. Acara ini cukup unik karena dilakukan di desa wisata sehingga nuansanya sangat asri dan Jogja banget. Nah, kabar baiknya, agenda tahunan ini akan kembali hadir pada tahun ini, tepatnya tanggal 18 November 2017. Wah ayo kita ke sana!

Bertema “Wani Ngejazz Luhur Wekasane”, Ngayogjazz tahun ini akan digelar di Dusun Kledokan, Sleman akhir pekan ini

Ngayogjazz 2017 via sunmedia.id

Advertisement

Ngayogjazz tahun 2017 ini bakal dilaksanakan pada akhir pekan ini, yakni tanggal 18 November di Dusun Kledokan, Selomartani, Kalasan, Sleman. Bertema Wani Ngejazz Luhur Wekasane, acara ini mempunyai dasar filosofis bahwa siapapun yang mengapresiasi musik Jazz akan mendapatkan kemuliaan. Untuk itu, penyelenggara berharap banyak penonton yang hadir untuk menyesapi musik Jazz dengan cara mendengar dan mengapresiasinya. Ngayogjazz akan dimulai pada pukul 10.00 pagi sampai selesai. Kurang lebih sampai tengah malam dong ya, seperti acara musik Jazz kebanyakan. Jadi bersiaplah untuk menikmatinya sampai puas. Hehehe.

“Mengapresiasi di sini bukan hanya bermain musik jazz, tapi juga bisa mendengarkan, menonton, dan hadir di Ngayogjazz. Jadi hadirlah di Ngayogjazz agar bisa mendapatkan kebahagiaan dan kemuliaan,” kata Vindra, salah satu penggagas Ngayogjazz dikutip dari Gudeg.net.

Siapa saja bintang tamu Ngayogjazz 2017 ini? Seperti biasa, kamu akan dimanjakan oleh kehadiran bintang musik Jazz tanah air terkemuka

ngayogjazz via picture.triptrus.com

Seperti biasa, penampil di Ngayogjazz bukanlah orang baru di dunia musik Jazz. Mereka adalah maestro yang bakal membuatmu betah berlama-lama di Kledokan. Ngayogjazz 2017 akan menghadirkan penampil-penampil papan atas, antara lain Bintang Indrianto, Gugun Blues Shelter, Endah N Rhesa, Sri Hanuraga Ft. Dira Sugandi, NonaRia ft. Bonita, dan masih banyak lagi. Ada juga penampil dari luar negeri lho, seperti Remi Panossian Trio dari Paris, Prancis. Pokoknya kamu akan mendapatkan suguhan kelas atas di panggung bernuansa pedesaan di Kledokan. Nggak sabar deh buat datang ke sana!

Buat kamu yang penasaran kenapa Ngayogjazz diadakan di Dusun Kledokan, Kalasan, nih alasannya…

ngayogjazz tahun 2016 via www.gudeg.net

Advertisement

Dusun Kledokan berada di Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan. Mungkin kamu sebelumnya jarang mendengar tentang nama desa ini. Ngayogjazz memang biasanya dilakukan di desa-desa yang punya keunikan seperti desa wisata ataupun yang kental dengan nuansa budaya. Nah, tahun ini giliran Dusun Kledokan yang berhak menggelar acara Jazz ini. Tentang Desa Kledokan sebagai tempat penyelenggaraan tahun ini, pihak penyelenggara mengatakan bahwa desa ini dipilih karena merupakan desa budaya yang giat melestarikan kesenian Gejog Lesung dan Prajurit Bregada. Di samping itu, Kledokan juga terkenal dengan Monumen Plataran, saksi Agresi Militer Belanda kedua. Buat kamu yang penasaran dengan desa ini, jangan sampai ketinggalan untuk hadir di pagelaran Ngayogjazz Sabtu besok.

Satu hal yang mungkin bakal mengurangi kekusyukanmu menikmati Jazz, yakni hujan. Berhubung sedang musim hujan di Jogja, peluang terjadinya hujan pun pasti cukup besar. Jadi jangan lupa bawa payung maupun jas hujan ya. Tapi kalau gerimis makin romantis sih. Kecuali buat yang jomblo ya. Hehehe

Sampai jumpa di Ngayogjazz 2017 ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya