5 Ruang Seni di Bandung yang Memamerkan Karya-Karya Seniman Ternama

Mulai dari museum, sanggar seni dan worshop, hingga restoran

Bandung memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjungi kota ini. Mulai dari panorama alam, budaya dan kulinernya selalu memikat wisatawan. Buat kamu penikmat kesenian, Bandung menawarkan beberapa ruang seni yang wajib kamu kunjungi. Mulai dari pameran lukisan, seni ukir dan kesenian lainnya dari para seniman ternama.

Advertisement

Beberapa tempat bahkan menawarkan pengalaman unik seperti pentas seni dan ruang pameran tematik yang digelar tahunan. Selain memanjakan mata para penikmat seni, tempat-tempat ini juga menjadi destinasi yang cukup seru untuk menambah pengalaman wisatamu di Bandung, tentunya ada berbagai spot foto menarik yang bisa menambah koleksi di feed Instagrammu. Yuk simak, beberapa ulasan ruang seni di Bandung berikut!

1. NuArt Sculpture Park, ruang seni di Bandung yang menyimpan karya-karya I Nyoman Nuarta

Ruang seni di bandung

NuArt Park / Credit by @nuartpark on Instagram

NuArt Sculpture Park terletak di Jalan Setra Duta Raya L6. Ruang seni ini merupakan galeri patung karya I Nyoman Nuarta yang karyanya begitu ikonis di beberapa kota seperti GWK di Bali dan Arjuna Wijaya di Jakarta. Di sini kamu bisa menikmati keindahan patung-patung buatan Nuarta yang ditata rapi baik di dalam ruangan maupun outdoor di tengah taman yang asri.

Ruang seni ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektar, selain ruang pameran ada juga dapur produksi dan sanggar tari. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti beberapa workshop kesenian yang sering diselenggarakan untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mengunjungi NuArt Sculpture Park bisa jadi pilihan liburan yang seru dan berkesan di Bandung. Untuk mengetahui informasi acara, kamu bisa mengunjungi nuartsculptrurepark.com atau Instagram @nuartpark.

Advertisement

2. Lawangwangi Creative Space, cocok untuk menikmati karya-karya kontemporer sembari nongkrong seru

Ruang seni di bandung

Lawangwangi Creative Space / Credit by @lawangwangi.creativespace on Instagram

Buat kamu yang ingin mengunjungi ruang seni yang cukup unik dan berbeda, Lawangwangi Creative Space menjadi pilihan yang tepat. Kompleks nyentrik ini berisi kafe dan galeri seni yang memamerkan karya-karya seniman muda. Lawangwangi Creative Space beralamat di Jalan Dago Giri 99A.

Selain bisa menikmati karya-karya seni dan sudut-sudut yang instagramable, kamu juga bisa nongkrong seru. Cocok banget untuk tujuan wisata akhir pekan. Untuk mengetahui informasi karya dan kegiatan di Lawangwangi Creative Space, kamu bisa mengunjungi creativespace.lawangwangi.com atau kunjungi Instagramnya di @lawangwangi.creativespace.

3. Orbital Dago, galeri seni kontemporer yang juga memiliki fasilitas kafe super cozy dan family friendly

Ruang seni di bandung

Orbital Dago Art Gallery and Cafe / Credit by @orbitaldago on Instagram

Advertisement

Satu lagi ruang seni di Bandung yang memadukan galeri dan kafe. Di sini memamerkan karya-karya seniman ternama seperti Yuli Prayitno, Yudi Noor, Erika Ernawan dan Aliansyah Caniago. Selain bisa menikmati berbagai karya seni kontemporer, kamu juga bisa menikmati aneka kuliner dan mengikuti workshop kesenian, karena Orbital Bandung memiliki galeri seni, toko, kafe dan lokakarya.

Wah, paket komplet yang bisa mengisi agenda liburan, nih. Orbital Dago beralamat di kawasan dataran tinggi Dago tepatnya di Jalan Rancakendal Luhur 7. Untuk mengetahui informasi terkait kegitan atau pameran di Orbital Dago, kamu bisa mengunjungi orbitaldago.com atau Intagramnya di @orbitaldago.

4. Serambi Pirous, ruang seni di Bandung yang mememerkan kesenian bernuansa islam karya Abdul Djalil Pirous

Ruang seni di bandung

Serambi Pirous / Credit by on Instagram

Ruang seni ini menyimpan koleksi karya pribadi sang seniman Pirous bersama istrinya. Di sini kamu bisa menikmati berbagai karya seni nuansa islam. Selain itu, Serambi Pirous juga sering mengadakan pameran temporer dan workshop. Serambi Pirous beralamat di Jalan Bukit Pakar Timur II/111, buka setiap Selasa-Sabtu jam 10 pagi hingga 4 sore dan tutup pada Minggu, Senin dan hari libur nasional. Untuk mengetahui acara kegiatan yang sedang berlangsung, kamu bisa mengunjungi serambipirous.co.id atau Instagram @serambipirous.

5. Museum Barli, ruang seni yang menyimpan karya-karya seniman ternama Bandung Barli Sasmitawinata

Jika kamu penikmat seni kuno, Museum Barli adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi. Di sini kamu bisa menikmati sekaligus mempelajari karya-karya Barli Sasmitawinata. Selain itu, Ruang seni yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Ir, Sutami, 19 ini juga membuka kelas seni lukis untuk anak-anak, remaja dan dewasa. Untuk mengetahui informasi kegiatan, kamu bisa mengikuti Museum Barli di Instagram @barli_artstudio.

Nah, itulah beberapa ruang seni di Bandung yang memamerkan karya-karya seniman ternama dan bisa menjadi destinasi liburanmu ketika berkunjung ke Bandung. Selain bisa menikmati karya-karya sang maestro, kamu juga bisa mendapat pengalaman berkesan dengan mengikuti workshop. Apalagi jika berkunjung saat ada pameran temporer yang pastinya menyajikan karya-karya mengagumkan.

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE