Entah kenapa Jogja banyak banget bangunan horor ya. Kisah-kisah di baliknya pun bikin bulu kuduk bergidik ngeri. Mulai dari rumah tak kasat mata yang viral di media sosial, rumah angker versi raditya Dika yang juga horor abis, dan rumah-rumah tua lainnya yang legendaris. Ini belum termasuk beberapa cagar budaya yang bisa dibilang cukup mistis seperti Benteng Vredeburg maupun Panggung Krapyak. Hal ini mungkin karena usia bangunan tersebut sudah cukup tua dan Jogja akan kental dengan nuansa kejawen yang nggak bisa dilepaskan dari hal-hal mistis.

Salah satu rumah yang dikenal angker lainnya adalah sebuah rumah tua berusia lebih dari 100 tahun di Kotagede. Rumah ini disebut Rumah Pocong Sumi. Memang ada apa di sana? Benarkah ada pocong yang menampaki orang-orang yang lewat? Yuk simak aja Hipwee Horor berikut ini.

Terletak di Kotagede yang populer akan kota tua-nya, rumah pocong Sumi terkenal jadi tempat uji nyali karena dikenal angker

rumah pocong sumi via www.tripzilla.id

Advertisement

Rumah Pocong Sumi adalah rumah tua yang sudah bertahun-tahun tidak dihuni. Bangunan tua mangkrak dengan segala kisah di baliknya tentu menarik buat dikunjungi bagi penyuka horor. Rumah ini cukup populer karena sering masuk TV dalam acara misteri. Bahkan kata penjaganya, Harry Pantja host Dunia Lain sampai nggak kuat saat berada di sana. Suasananya pengap dan hawanya nggak enak. Seolah ada banyak sosok yang mengamati namun tak terlihat.

Konon, banyak saksi mata yang pernah melihat pocong Sumi ini berdiam diri di teras rumah. Biasanya, waktu kemunculannya pada pukul 10 malam ke atas ketika jalanan sudah sangat sepi dan gelap. Jadi, kalau kamu melintasi rumah ini di atas jam 10 malam. Jangan kaget kalau liat si pocong Sumi berdiri diam di teras rumah.

Salah satu netizen pernah bikin twit berseri tentang rumah ini. Dia menyaksikan sendiri betapa menyeramkannya penghuni rumah tua tersebut

suasana rumah sumi via jogja.tribunnews.com

Menurut penjaga rumah, rumah ini dibangun di tahun 1860 dan dimiliki oleh Menteri Agama di zaman Soeharto. Rumah ini sudah mangkrak kurang lebih 40 tahunan. Kalaupun ditempati cuma bertahan sebentar lalu kosong lagi. Status rumah ini tidak dihuni dan tidak pula dijual, karena masih hak waris tiga anak. Pemilih rumah ini sudah meninggal dunia, dan anak-anaknya memilih tinggal di rumah lain.

Advertisement

Salah seorang netizen bernama Dimas pernah mampir ke rumah tersebut untuk jalan-jalan. Ternyata mata batinnya bisa melihat banyak penampakan di situ seperti kerajaan kera putih, ada noni belanda, ular dengan mustika di kepalanya, kuntilanak, juga ada genderuwonya. Itu baru di luarnya saja. Di dalamnya lebih ngeri, lebih rame makhluk ghaib yang berdiam di kamar itu. Dia pun nggak kuat Kalau pocong Sumi sendiri berada di teras dan sering menampaki orang yang lewat. Kalau kata penjaganya sih rame banget kaya Malioboro.

Ada apa dengan pocong Sumi? Ada kisah apa di baliknya?

rumah pocong sumi via blognasiauva.blogspot.com

Ada sejarah versi lain yang Hipwee berhasil temukan. Berdasarkan buku Jogja Hidden Story, ternyata kisah pocong Sumi cukup panjang tepatnya pada tahun 1935. Dahulu, rumah tersebut dihuni oleh Mbak Sumini dan suaminya. Rumah bergaya Indische adalah warisan orang tua Mbak Sumi yang juga pengusaha batik, termasuk suaminya.

Di suatu malam, suami Mbak Sumi mau keluar untuk urusan bisnis. Suaminya sudah berpesan agar jangan membukakan pintu mengingat Mbak Sumi sedang sendirian. Ternyata rumah itu sudah diincar rombongan rampok berjumlah 3 orang. Mereka menggedor-gedor pintu dengan dalih suaminya kecelakaan. Mbak Sumi yang panik segera membuka pintu, lupa akan pesan suaminya.

Ketiga rampok tersebut segera menjarah harta benda di rumah tersebut. Mbak Sumi pun diperkosa lalu dicekik lehernya hingga meninggal. Akibat kejadian tersebut, rumah tersebut ditinggalkan penghuninya. Karena kosong, banyak makhluk ghaib yang akhirnya menghuni tempat tersebut. Ada yang menjelma sebagai pocong Mbak Sumi untuk menakuti orang yang lewat. Boleh percaya atau tidak, yang jelas rumah ini sering jadi lokasi uji nyali dan acara liputan mistis di TV. Bukti kalau rumah pocong Sumi ini beneran angker.

Berani nggak nih wisata malam ke sana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya