Selalu ada yang dinanti setiap bulan Ramadhan tiba, yaitu prosesi mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman. Mudik seakan sudah menjadi agenda wajib bagi para perantau untuk pulang dan bersilaturahmi dengan sanak saudara serta kerabat. Kamu sendiri mungkin gak pernah melewatkan tradisi ini setiap tahunnya, baik dengan transportasi massal seperti bus, kereta, pesawat, maupun menggunakan kendaraan pribadi lewat jalur pantura atau jalur selatan.

Perjalanan mudik bisa jadi sangat panjang dan melelahkan, apalagi kalau kamu mesti melibas jalur darat dengan kendaraan pribadi. Nah, biar perjalananmu tetap seru meski beribu-ribu kilometer jauhnya, kamu yang melewat jalan nasional jalur pantura bisa singgah ke sejumlah tempat wisata di sepanjang jalannya. Apa aja sih tempat-tempat menarik yang ada di sana?

1. Ketika kendaraanmu melintasi Cirebon, jangan lupa melipir ke Kampung Batik Trusmi. Di sinilah kamu bisa mendapatkan oleh-oleh batik Cirebon beserta kuliner khasnya

Batik CIrebonan di Batik Trusmi via www.indonesia.travel

Advertisement

Pengen membeli cinderamata buat sanak keluarga di kampung halaman? Mampir aja ke Kampung Batik Trusmi di Cirebon. Lokasinya gak jauh dari jalan tol Palimanan–Kanci. Di sana kamu bisa menjumpai dan memilih sendiri batik favorit untuk dijadikan oleh-oleh. Salah satunya adalah motif Mega Mendung yang asli Cirebon.

Selain itu, tempat ini juga pas untuk mengganjal perutmu. Berbagai kuliner serta jajanan khas Cirebon ada di sini. Ada nasi lengko yang berisi sayur-sayuran, cocok buat kamu yang vegetarian. Selain itu, ada juga nasi jamblang yang disajikan di atas daun jamblang dan empal gentong yang pastinya sudah kamu kenal. Gak ketinggalan, nikmati juga tahu gejrot asli Cirebon.

Nah, kalau pengen tahu tempat wisata menarik apa lagi yang ada di Cirebon, mampir aja ke artikel ini, yuk.

2. Di Tegal, luruskan kaki yang pegal dan melangkahlah menyusuri Pantai Alam Indah yang senjanya mempesona

Matahari tenggelam di antara dermaga Pantai Alam Indah via 4.bp.blogspot.com

Advertisement

Berkendara cukup lama pasti bikin pegal. Makanya, saat melewati Tegal di siang hari, jangan terlewatkan untuk mampis ke Pantai Alam Indah, pantai yang menjadi ikon wisata kota ini. Kamu bisa berjalan-jalan sembari melemaskan kaki menyusuri hamparan pasirnya, atau melangkah ke dermaga yang menjorok ke tengah laut dan berfoto di sana.

Ombaknya yang tenang relatif aman digunakan untuk bermain air laut. Tak cuma itu, kamu juga akan dimanjakan dengan sejumlah fasilitas seperti waterboom, kereta kuda, sepeda, serta arena bermain anak. Tunggulah sampai senja merona di batas cakrawala, kamu gak akan melupakan panoramanya yang mempesona.

3. Lanjut ke Pekalongan, kamu bisa menjamah Pantai Pasir Kencana yang mengesankan serta menikmati berbagai koleksi batik Nusantara di Museum Batiknya

Salah satu sudut Museum Batik Pekalongan via sekilasbatik.blogspot.com

Melewatkan kedua tempat wisata di atas pada awal perjalanan? Tenang. Di perhentian selanjutnya yaitu Pekalongan, kamu bisa menikmati wisata pantai serta berbelanja oleh-oleh batik nan otentik dari Kota Batik ini. Kalau pengen melemaskan otot sambil piknik di pantai, kamu bisa datang ke Pantai Pasir Kencana yang pas banget buat piknik keluarga. Apalagi, pantai ini dekat banget dari pusat kota. Gak rugi deh melipir ke sini.

Selain mantai, hal seru lain yang bisa kamu lakukan di Kota Batik ini adalah menikmati koleksi batik yang dipamerkan di Museum Batik. Museum yang beralamat di Jalan Jetayu No.1, Pekalongan, ini menampung ratusan koleksi mulai dari yang kuno sampai modern dengan berbagai corak dan karakter. Kalau ingin belanja batik, mampir juga ke Kampung Batik Kauman yang menjadi salah satu sentra kerajinan kain bercorak khas ini.

4. Berkelilinglah melewati pusat kota Semarang, di mana kamu bisa menyambangi ademnya bangunan Lawang Sewu serta menjajal damainya beribadah di Masjid Agung Jawa Tengah

Interior Masjid Agung Jawa Tengah via www.flickr.com

Tak lama setelah keluar dari Pekalongan, kamu akan memasuki daerah Semarang, ibukota Jawa Tengah. Sempatkan dirimu untuk melintasi pusat kota dan menyambangi bangunan bersejarah peninggalan kolonial bernama Lawang Sewu. Mengamati arsitekturnya yang klasik dan terawat sembari menjelajah dari ruangan ke ruangan lain bakal membuat perjalanan mudikmu gak membosankan.

Satu lagi tempat yang wajib kamu kunjungi saat ke Semarang, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah yang sangat megah. Inilah masjid terbesar di Jawa Tengah yang berada di kota Semarang. Tak cuma beribadah shalat di sana, kamu juga akan dibikin kagum oleh arsitekturnya yang tiada duanya.

5. Setelah terus-terusan bertemu bibir pantai di sepanjang jalan, sempatkan dirimu untuk menjelajahi Goa Maharani, salah satu goa paling cantik di Lamongan

Goa Maharani di Lamongan via www.likoelek.com

Pemandangan pantai di sepanjang jalan arteri Pantura dari Rembang sampai Tuban mungkin bikin kamu bosan. Makanya, saat sampai di Lamongan, lewatilah daerah pesisir utaranya dan sempatkan untuk mampir ke Maharani Zoo & Goa Lamongan alias Mazola. Di sini, kamu bisa bercengkerama dengan satwa-satwa penghuni kebun binatang ini. Tak cuma itu, jelajahi juga Goa Maharani, goa alam paling kece di Lamongan.

Kalau masih punya banyak waktu, kawasan Wisata Bahari Lamongan juga boleh kamu singgahi. Kamu gak bakal nyangka kalau Lamongan punya kawasan wisata dengan wahana-wahana yang gak kalah menarik dari Dufan. Tapi, jangan sampai lupa kalau kamu lagi mudik ya.

6. Bila kamu butuh oase di tengah panasnya kota industri Gresik, Telaga Ngipik bakal jadi pilihan yang paling pas buatmu

Telaga Ngipik via www.flickr.com

Kota Gresik adalah salah satu kawasan industri paling sibuk di Jawa Timur yagn terkenal panas dan sumpek. Tapi, kamu gak akan menyangka kalau di tengah kotanya terdapat sebuah oase berupa ruang terbuka hijau dan panorama telaga yang menawan. Kawasan bernama Telaga Ngipik ini dimanfaatkan warga Gresik untuk sejenak rehat dari hiruk pikuk kota Gresik yang bising. Kamu juga pasti gak mengira kalau telaga cantik ini adalah bekas galian tambang pabrik semen, ‘kan?

7. Kalau biasanya kamu cuma bisa mengintip isi kapal selam lewat film, di Surabaya kamu bisa menaiki kapal selam betulan di Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam Surabaya via www.flickr.com

Sampai di Surabaya, jangan sampai alpa untuk menjelajahi isi kapal selam betulan di Monumen Kapal Selam. Memang, kapal selam yang kamu intip isinya ini bukan kapal selam yang sedang beroperasi, melainkan kapal selam yang udah pensiun bernama KRI Pasopati 410. Kapal ini merupakan kapal selam buatan Rusia yang mengabdi pada Angkatan Laut RI sejak tahun 1962.

Selain membedah isi kapal selam ini, kamu juga bisa menyaksikan video dokumenter yang menceritakan sejarah KRI Pasopati 410 serta Angkatan Laut RI. Bakal jadi pengalaman seru deh pokoknya!

Nah, itulah beberapa destinasi wisata menarik yang bakal kamu jumpai sepanjang jalur Pantura. Tentu aja tempat-tempat yang disebutkan di sini gak akan bisa mencakup semua objek wisata kece yang ada di Pantura. Makanya, kalau kamu bersedia nambahin di kolom komentar, Hipwee bakal berterima kasih banget.

Semoga mudikmu menyenangkan, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya