Pulau Bali memang memiliki daya pikat wisata yang tak bisa kamu ragukan lagi. Mungkin agak sedikit timpang kalau membandingkan destinasi wisata yang satu ini dengan Pulau Derawan atau Wakatobi. Tapi, Pulau Menjangan yang terletak di barat laut Pulau Bali ini layak untuk kamu kunjungi loh.

Kali ini Hipwee Travel akan ajak kamu ke Pulau Menjangan, pulau para kijang yang kini sudah mulai menurun populasinya. Seseru apa berlibur ke Pulau Menjangan? Yuk, simak!

Pulau Menjangan, tempat di mana kijang bersemanyam setiap musim semi. Merekalah yang akan menemani liburanmu di pulau tak berpenghuni ini.

Kijangnya mau ikut renang, Bro!

Kijangnya mau ikut renang, Bro! via www.balimediainfo.com

Advertisement

Dibedah dari namanya, Menjangan berasal dari bahasa Jawa yang berarti Kijang. Nah, Pulau Menjangan ini memang menyimpan cukup banyak kijang di dalamnya. Konon, koloni kijang ini senantiasa berenang hampir sejauh 1,2 mil menuju pulau ini setiap musim semi. Jangan heran, kalau di sekitar pantai kamu banyak melihat kijang-kijang yang berlarian. Nah, liburanmu akan makin seru dengan melihat kegiatan para hewan yang mulai langka ini!

Bukan cuma kijang, kamu juga bisa berburu foto untuk kemolekan dan kegenitan Burung Jalak Bali di Pulau Menjangan ini. Foto saja yang diburu, ya!

Satu lagi kawanan satwa yang bisa menghiasi hari liburmu di Pulau Menjangan. Kicau genit dari burung Jalak Bali ini akan menambah riah liburanmu. Saat ini, Pulau Menjangan telah menjadi tempat konservasi satwa yang dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Sekadar info, burung Jalak Bali sekarang telah mengalami penurunan jumlah populasi. Makanya, jangan diburu terus! Berburu foto aja, ya!

Untuk sampai ke Pulau Menjangan, kamu harus percaya pada istilah kuno; banyak jalan menuju Roma. Serius, banyak jalan dan transportasi untuk menuju ke pulau kijang ini.

Peta dari

Peta dari Bangsring Boat menuju Pulau Menjangan. via bangsringboat.blogspot.com

Maraknya moda transportasi yang disediakan pihak swasta, memudahkan para wisatawan untuk segera menghabiskan waktu liburannya. Nah, begitu juga dengan jalan menuju Pulau Menjangan. Pulau yang secara teritorial terletak barat laut Pulau Bali ini masih masuk ke dalam wilayah teritorial Kabupaten Buleleng. Untuk menuju ke sini, kamu bisa berlayar dari Labuhan Lalang, dari Gilimanuk. Cuma 20 menit waktu yang kamu butuhkan untuk sampai di Pulau Menjangan ini.

Advertisement

Kalau kamu dari Surabaya, tanpa harus ke Pulau Bali, kamu bisa berangkat menggunakan boat dari Basring Underwater (Bunder), Banyuwangi. Tapi, rute ini memakan waktu hampir dua jam! Itu juga kalau cuaca bagus. Atau, bisa juga kamu naik perahu dari Pantai Watu Dodol, Banyuwangi. Tapi makin jauh dan biaya sewa perahunya pun lebih tinggi dari jalur Bunder tadi.

Hipwee sarankan kamu lewat ke Bali Barat aja. Karena kamu akan merasakan sensasi di Taman Nasional Bali Barat. Juga lebih kerasa kalau lewat Bali sih.

Sesampainya di Pulau Menjangan, rebahkanlah sejenak tubuhmu di pesisir pantainya. Pasir pantai yang putih bersih terhampar akan mereduksi lelahmu selama perjalanan.

Rebahkanlah lelahmu di pantai nan indah ini.

Rebahkanlah lelahmu di pantai nan indah ini. via bangsringboat.blogspot.com

Perjalananmu yang melelahkan menggunakan perahu dari Bunder, Banyuwangi selama dua jam, akan terbayar lunas ketika sebuah pantai nan indah melambaikan tangannya untuk segera membelaimu. Beristirahatlah barang sejenak di atas hamparan pasirnya. Jangan sampai ketiduran, nanti malah kawanan kijang menggodamu lagi! :p

Inilah salah satu tujuan utamamu di pulau kijang. Snorkeling dengan pasanganmu di bawah laut Pulau Menjangan layak kamu abadikan!

Biota laut di Pulau Menjangan.

Biota laut di Pulau Menjangan. via blog.backinbali.com

Apalagi yang kamu tunggu? Selain unik karena menjadi ‘rumah’ bagi para kawanan kijang, Pulau Menjangan ini memiliki surga laut yang tak terduga! Begitu indah biota laut yang mendasari pulau ini. Taman wisata laut di Pulau Menjangan ini memiliki dinding karang yang tersusun atas bebatuan yang sangat kompleks. Nah, di sinilah para binatang laut tinggal. Sebuah lanskap bawah laut yang mengagumkan dengan kedalaman dan arus laut yang tenang, menjadikan pulau ini asyik untuk bersnorkeling! Ajak pasanganmu ke sini. Dijamin, dia akan merasa jadi seorang paling beruntung dalam hidupnya!

Pulau Menjangan kini terkenal sebagai surganya para diver nusantara, bahkan mancanegara. Wall diving menjadi tujuan pertama para wisatawan.

Scuba diving at Menjangan Island. Mau?

Scuba diving at Menjangan Island. Mau? via villabossibali.com

Buat kamu yang suka menyelam, nggak salah kalau kamu memutuskan untuk liburan ke Pulau Menjangan! Surga baru bagi para penyelam di Pulau Dewata ini memang amazing! Dengan konstruksi dinding karang bawah laut yang alami, arus laut yang tenang, dan kedalaman yang proporsional, diving jadi kegiatan para wisatawan di Pulau Menjangan. Bahkan, saat ini sudah ada 8 titik yang bisa kamu jadikan spot untuk diving. Eel Garden, Coral Garden, Pos I, Pos II, Anchor Wreck, Secret Bay, Temple Point, dan Bat Cave. Semuanya menawarkan keindahan dunia bawah laut yang bisa bikin kamu speechless! Apalagi Anchor Wreck. Konon, di kedalaman kurang lebih 45 meter, terdapat sebuah bangkai kapal yang telah karam puluhan tahun. Dan ini menjadi spot favorit para diver loh, tapi yang udah profesional! Jangan coba-coba menyelam di sini kalau kamu masih pemula. 🙁

Setelah lelah bermain air, cobalah mampir ke beberapa pura yang ada di Pulau Menjangan. Selain untuk ibadah, kamu juga boleh kok, sekadar melihat dan berfoto di pura ini.

pura ganesha

pura ganesha via www.sociotraveler.com

Ada beberapa pura yang berdiri di tanah pulau kijang ini. Pura Segara Giri, Pura Gajah Mada, Pura Kebo Iwa, dan Pura Klenting Sari. Keempat pura ini masih aktif dipakai untuk ibadah penduduk setempat, meski di pulau ini sebenarnya tak berpenghuni. Nah, kamu bisa juga berkunjung ke pura ini. Meski nggak beribadah, kamu boleh kok foto di sini. Ya, selama itu nggak mengganggu mereka yang ingin ibadah!

Nah, itulah ulasan singkat seputar Pulau Menjangan. Sudahkah kamu memasukkan nama pulau ini ke dalam daftar kunjungan liburanmu? Ingat, ya, jangan sampai merusak biota laut dan keindahan flora dan fauna di Pulau Menjangan ini! Biarkan mereka hidup, Gaes!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya