Beberapa bulan lagi sudah memasuki libur musim panas ya. Di Indonesia nggak ada musim panas sih, adanya musim kemarau. Tapi esensinya sama kok, musim liburan. Entah liburan sekolah, kuliah atau lebaran. Banyak juga yang berencana menikah juga yang ambil cuti kerja. Waduh bakal rame ya nanti di mana-mana. Tentunya kamu pun butuh tiket promo nan murah meriah. Nah, tentu kamu harus berebut dengan traveler lain dong ya untuk dapat tiket murah.

Semakin ramai suatu destinasi itu tergantung karena moment, sih. Momen puncak liburan memang di tengah tahun saat turis mancanegara liburan musim panas. Saat itulah waktu terbaik karena matahari bersinar sepanjang hari. Itulah saat-saat peak season! Kamu udah rencanakan ke mana?

Advertisement

Sayangnya pas peak season banyak orang berebutan. Nah, kali ini Hipwee Travel pengen bantu kamu memenangkan kompetisi untuk mendapatkan tiket pesawat super murah yang bisa mengantarmu ke destinasi impian. Mungkin kalau nggak dapat tahun ini, ya tahun depan ya.

Langkah pertama, sosial mediamu mesti aktif gaes, terutama Twitter dan Instagram. Follow beberapa akun maskapai penerbangan low cost.

jangan buat curhat aja

jangan buat curhat aja via www.hdwallpapers.in

Informasi paling mudah ditemui tentang tiket promo ya jelas di sosial media. Akun sosial media kamu jangan cuma buat baper-baperan dan galau-galauan. Gunakan untuk hal yang bermanfaat seperti follow akun maskapai yang hobi kasih promo. Nah, ntar pas di timeline kalian ada woro-woronya, langsung sikat aja tiket PP ke destinasi impian kamu!

Udah difollow kan? Kalau udah jangan lupa registrasi email ke website maskapai yang suka kasih promo. Biar kamu dapat update-an program tiket promo.

registrasi di website ya

registrasi di website ya via tiketpesawatnya.com

Usahamu dapat tiket promo akan lebih mudah kalau mau sedikit lebih repot sedari sekarang. Sering-seringlah buka website penyedia tiket pesawat promo. Lebih baik kamu subscribe layanan informasi berbentuk email dari website tersebut. Kirimkan alamat email kamu untuk dapat informasi update tentang program-program yang tersedia. Alhasil, kamu selangkah lebih maju dibanding yang lain. Bahkan informasi yang kamu dapatkan bisa lebih detail, loh.

Kamu juga harus punya waktu yang fleksibel. Sisakan cuti yang cukup banyak ya. Biar bisa digunakan di saat yang tepat!

sisakan cuti

sisakan cuti via www.meredithmanor.edu

Advertisement

Bagi kamu yang saat ini bekerja di kantor, liburan memang sesuatu yang mewah. Mumpung masih awal tahun, simpan jatah cuti kamu ya, jangan buru-buru dihabisin. Kamu belum tau kapan promo datang. Iya, dia pasti datang, hanya saja waktunya kadang datang tiba-tiba dan bikin kita gelagapan. Misal di awal tahun ada long weekend relain nggak ambil cuti, deh. Demi liburan berkualitas dengan tiket promo.

Secara umum sih, tiket promo biasanya untuk keberangkatan 6 bulan-1 tahun ke depan. Nggak cuman murah loh, kadang ada yang gratis tis tis. Tapi ya itu, karena waktunya masih lama dan nggak mungkin di weekend jadi waktumu yang harus fleksibel. Kalau tiba-tiba nggak bisa berangkat ya hangus dong. No refundable.

Siapkan teman dan sahabat kamu, boleh juga adek-adekan kamu buat nemenin kamu traveling nantinya. Janjian dulu nih bakal nge-trip bareng!

siapkan geng dan sahabat kamu

siapkan geng dan sahabat kamu via www.shutterstock.com

Ini salah satu hal yang nggak boleh kamu lupain. Kamu harus ajakin temen kamu jalan, dong. Kecuali kamu mau solo traveling. Nggak jadi soal kalau gitu. Kalau kamu suka jalan bareng sama grup, mending janjian dulu deh. Karena tiket promo cuma ada bentar banget. Kelamaan mikir dan koordinasi lagi malah beresiko tiket promo yang kamu idam-idamkan lenyap nggak bersisa. Duh!

Lagipula, traveling itu nggak bisa ngasal ajakin orang sih. Alangkah lebih baiknya kamu pergi dengan sedikit orang namun berkualitas dan nyaman. Segera ajak kekasih (kalau ada), sahabat, atau adek-adekan kamu buat traveling nunggu tiket promo, hehe.

Alokasikan tabungan kamu untuk tiket promo. Siapkan jauh-jauh hari biar nggak bokek pas promonya datang

siap-siap duit dan waktu yang fleksibel

siap-siap duit dan waktu yang fleksibel via www.shutterstock.com

Jaman dulu sih, nyari tiket promo harus punya kartu kredit karena setiap pembayarannya harus via kartu. Walhasil, kalau nggak punya harus pinjem temen deh. Nah, untungnya sekarang sudah banyak cara untuk melakukan pembayaran tiket pesawat, bisa via kartu kredit, ATM, bahkan Indomaret. Itulah kenapa kamu harus punya tabungan untuk beli tiket. Lha, mau gimana lagi, batas waktu antara booking dan pembayaran cuma 2 jam. Masa harus pinjem sana-sini. Lebih-lebih kalau kamu ajak rombongan kan perlu nalangin dulu.

Begadang! Yap, mau dapat tiket promo mesti sering begadang. Kamu harus siap-siap berebut dengan pemburu tiket lain

yes, dapat tiket!

yes, dapat tiket! via www.shutterstock.com

Dan, sampailah kita pada acara inti, begadang!

Mencari tiket murah dibutuhkan 3 kombinasi sederhana, keberuntungan, ketekunan, dan kekuatan begadang. Ingat sainganmu banyak dan tiket yang ada kadang nggak banyak. Emang nggak pernah banyak, sih. Hal yang perlu kamu lakukan adalah standby di depan laptop di internet café yang kecepatannya puluhan Mega Bytes biar kamu nggak kalah cepet. Kamu mesti telaten nyari destinasi yang banyaknya minta ampun. Kadang-kadang kamu nemunya justru bukan sesuai tujuan travelingmu. Kamu juga mesti fleksibel tujuannya sih, haha.

Kalau kamu nggak sempet begadang, pesen aja ke travel agent ticketing gitu sebelum periode promonya berlangsung. Mahal dikit aja, kok.

pesen ke agen aja kalau males

pesen ke agen aja kalau males via maiga-travel.com

Hemm, kalau kamu males melakukan semua hal di atas, kamu lebih baik beli tiket di agen travel yang juga melayani pemesanan tiket pesawat. Lebih mahal sih, mungkin selisih 100 ribuan. Tapi daripada kamu ribet tetek bengek macam di atas, mending kamu bayar mahal dikit. Hanya saja biasanya makin terbatas sih tiketnya. Lebih baik kamu coba semua cara deh. Hehe.

Cara Terakhir, ikut kompetisi menulis artikel perjalanan #IniPlesirku dari Hipwee Travel. Hadiahnya tiket pesawat cuma-cuma!

Kontes #IniPlesirku

Kontes #IniPlesirku via www.hipwee.com

Kalau 7 cara di atas sudah dicoba dan belum dapat juga, kamu masih ada jurus pamungkas nih. Ikut aja kompetisi nulis artikel perjalanan #IniPlesirku. Kamu berkesempatan dapat hadiah tiket pesawat promo gratis senilai total 5 juta rupiah. Caranya gampang banget kok, kamu tinggal ceritain pengalaman traveling kamu yang seru. Ketentuan kompetisi ada di link ini ya bit.ly/iniplesirku. Yuk, tinggal nulis cerita aja kok, eh siapa tau kamu yang dapat hadiah tiketnya. Bisa milih sendiri tujuan yang kamu inginkan juga.

Itu 8 tips nyari tiket promo pesawat buat kamu-kamu semua para pemburu gadis tiket murah. Kalau kamu udah lakukan semua cara di atas dan tetap nggak dapat tiket murah, mungkin kamu nggak cocok naik pesawat. Mungkin traveling-nya naik bus atau motoran lebih pas buat kantong kamu, hahaha.

Selamat berburu tiket promo, Travelers!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya