Kalau Mau Malam Tahun Barumu Seru dan Menyenangkan, Jangan Lupakan Detil-Detil Ini!

Detik-detik pergantian tahun tinggal menghitung hari. Siap atau tidak, sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2014 dan memasuki 2015. Apa kamu sudah punya tempat untuk menghabiskan pergantian tahun, dan sudahkah kamu menyusun resolusi untuk tahun mendatang?

Advertisement

Terlepas dari siap atau tidaknya kamu meninggalkan tahun ini, izinkan dirimu merasa gembira saat tahun baru tiba. Tidak perlu khawatir dengan suasana malam tahun baru yang identik dengan kemacetan, keramaian, dan desak-desakan. Yeah, riuh nggak selalu harus ricuh. Memperhatikan detil-detil kecil di bawah ini bisa menyelamatkan kamu dari perayaan malam tahun baru yang kacau. Detil-detil apa saja itu?

1. Sebelum menentukan di mana kamu akan menghabiskan malam tahun baru, “booking” dulu orang yang ingin kamu ajak melewatkan pergantian tahun bersama-sama.

Makan dulu, Guys!

Tahun baru? Makan-makaaaan via komunitasdjuanda.wordpress.com

Melewatkan malam tahun baru dengan turun ke jalan dan titik-titik pusat perayaan tahun baru di kotamu berarti harus siap dengan kondisi jalan yang macet dan lautan manusia yang menyemut. Jika harus terjebak di antara kerumunan, tentu lebih baik kamu terjebak bareng pacar atau orang-orang yang kamu kenal agar kamu bisa berbagi momen bersama mereka.

Jadi, bikin janji dulu deh sama orang-orang yang mau kamu ajak untuk menghabiskan malam tahun baru bersama-sama, paling tidak beberapa hari sebelumnya. Bisa pacar, sahabat, atau saudara. Pastikan mereka gak punya acara lain di malam tahun baru dan bersedia merayakannya bersamamu. Jadi, kalau ada salah satu dari mereka yang gak bisa join, setidaknya kamu punya waktu untuk memikirkan rencana berikutnya.

Advertisement

2. Setelah tahu dengan siapa kamu akan berganti tahun, baru pikirkan tempatnya. Sudah tahu mau main sama teman satu geng, ya jangan ke restoran candle light…

Sepakati tempat

Sepakati tempat via stellacyan.com

Masing-masing kepala yang kamu ajak untuk malam tahun baruan mungkin punya ide dan ekspektasi masing-masing buat merayakannya. Jadi, diskusikan dulu beramai-ramai, kira-kira spot mana yang bisa memenuhi ekspektasi kalian semua.

Oh iya, jangan sekali-kali memaksakan kehendakmu sendiri untuk mendatangi spot tertentu, siapa tahu pacar atau teman kamu malah punya ide yang lebih baik. Sesuaikan spot pilihanmu itu dengan hal di bawah ini:

  • Berapa budget kalian? Cukup untuk bakar-bakaran ikan dan daging, atau kalian harus puas dengan jagung? Cukup untuk menyewa villa, atau harus membawa tenda?
  • Apakah ada yang harus pulang karena jam malam atau titah orangtua? Biarpun ini musim liburan, beberapa orangtua tetap tak akan memperbolehkan anaknya ke luar malam-malam. Jika ada temanmu yang harus pulang karena jam malam, pastikan ada yang mau mengantar. Mungkin orangtuanya juga tak akan memperbolehkan dia pergi jauh-jauh.
  • Seberapa dekat kalian satu sama lain? Kedekatan ini nanti menentukan bagaimana kalian akan melewatkan malam. Apakah cuma dengan nonton kembang api, atau sampai main Truth or Dare dan Cards Against Humanity? 

3. Jangan terpaku dengan ide menghabiskan malam tahun baru di pusat kota. Cobalah tahun baruan di daerah pinggiran — kamu bisa bebas dari macet dan desak-desakan.

Pemandangan dari bukit bintang

Pemandangan dari bukit bintang via mbludus.wordpress.com

Kalau biasanya kamu menghabiskan tahun baru di spot-spot mainstream pusat kota, gak ada salahnya kamu melipir ke pinggiran kota. Temukan spot di mana kamu bisa mendapatkan pemandangan taburan lampu kota dari atas bukit. Misalnya, Kawasan Dago Atas, Caringin Tilu, dan Bukit Moko tempat kamu bisa mendapatkan panorama kota Bandung di malam hari.

Atau, kamu juga bisa menjajal Bukit Bintang dan Kaliurang di pinggiran Yogyakarta. Di Jakarta, manfaatkan menara-menara pencakar langit untuk melihat hujan kembang api dari ketinggian. Selain gak terlalu berdesak-desakan, tempat-tempat seperti ini pasti bisa menghadirkan sudut pandang lain dari suasana malam tahun baru di kotamu.

4. Untuk mengantisipasi risiko macet, carilah spot menghabiskan malam tahun baru yang dekat sehingga kamu bisa berjalan kaki saja

Jalan kaki aja

Jalan kaki aja via twitter.com

Ya, spot-spot malam tahun baruan yang menyenangkan gak berarti jauh dari rumah, ‘kan? Kalau ada spot yang bisa kamu capai dengaan jalan kaki dari tempat tinggalmu, kenapa enggak? Kamu akan lebih menikmati malam tahun baru tanpa harus susah cari tempat parkir atau mikirin kendaraanmu yang terjepit di kerumunan. Bisa cabut kapan aja, pula! Selain itu, kamu juga bisa sambil olahraga. Jalan kaki, ‘kan, lumayan membakar kalori.

5. Tidak cuma lokasi acaranya saja yang harus disepakati. Kalian juga harus menentukan titik kumpul supaya tak saling mencari di tengah kerumunan.

Datang ke spot bareng-bareng atau sendiri-sendiri

Datang ke spot bareng-bareng atau sendiri-sendiri via beritahariankosmo.blogspot.com

Setelah spot tahun baruan disepakati, perhatikan kondisi dan situasi tempat kamu akan menghabiskan malam. Ini yang harus kamu perhatikan:

  • Kira-kira, lebih enak berangkat bareng-bareng atau ketemu di lokasi yang sudah disepakati? Jika rombongan kalian cukup besar, mungkin lebih enak untuk bertemu langsung di lokasi — daripada jumlah orang yang ada di rombongan kalian bikin jalan tambah macet?
  • Jika kalian memutuskan buat langsung ketemu di spot yang sudah disepakati, tahukah di mana kalian bisa memarkir kendaraan dengan nyaman?
  • Apakah di dekat lokasi yang sudah disepakati ada rumah salah satu temanmu? Kalau iya, jadikan saja itu titik kumpul. Sekalian parkir, lalu tinggal jalan, deh.

6. Daripada terjebak macet dan terpaksa menghabiskan pergantian tahun dalam mobil, jangan segan untuk mulai berangkat sore hari.

Datang awal biar gak kena macet

Datang awal biar gak kena macet via a-boedz.blogspot.com

Datang beberapa jam sebelum detik-detik pergantian tahun ke spot yang kamu tuju sama sekali gak cukup awal. Akses ke beberapa tempat seperti kawasan Puncak Bogor atau Malioboro Jogja biasanya sudah diblokir sejak pukul 8 malam. Biar kamu gak kecele gara-gara akses jalan ditutup, mendingan datang dari sore, deh. Selain belum macet, kantong-kantong parkir juga biasanya masih lengang. Lebih cepat lebih baik.

7. Biar sampai di lokasi sudah bisa langsung bergembira, jangan lupa makan dulu. Bawa juga bekal yang bisa mengganjal perut seperti cokelat.

Makan dolooo

Makan dolooo via www.bisnisagege.com

Menghabiskan malam tahun baru berarti harus siap begadang sampai subuh. Apalagi kalau kendaraanmu terjepit kendaraan lain di parkiran, kamu bakal menunggu lebih lama agar bisa keluar dari kerumunan. Makanya, sebelum berangkat, isi dulu perutmu dengan makanan berat biar kamu gak kelaparan biar kamu punya cukup energi untuk menanti detik-detik pergantian tahun.

Udah makan berat tapi masih lapar? Alih-alih jajan sembarangan, isi tasmu dengan cokelat dan infused water. Makan cokelat bisa dengan cepat mengisi ulang energimu yang hilang, sementara infused water bakal mengganti cairan tubuh yang hilang sekaligus bisa membuat daya tahan tubuhmu lebih baik saat harus begadang dengan kandungan vitaminnya.

8. Ingat, ini masih musim hujan, dan (sayangnya) kamu bukan pawang hujan. Selalu sedia payung dan mantel di tas sebelum kamu kehujanan.

Sedia payung sebelum hujan

Sedia payung sebelum hujan via cerdika.com

Perayaan tahun baru gak bisa dipisahkan dengan musim hujan. Pawang hujan biasanya memang dikerahkan biar acara tahun baruan di sejumlah spot berjalan lancar. Tapi, mendingan kita gak bergantung sama sesuatu yang gak logis. Biar gak bubar saat pawang hujannya gak manjur tiba-tiba hujan mengguyur, sediakan payung dan jas hujan.

Jas hujan plastik yang tipis cukup kok buat melindungi tubuhmu dan gadget-gadget elektronik di dalam tasmu dari guyuran hujan. Kalau masih kurang, gak ada salahnya bawa dry bag buat jaga-jaga. Siapa tahu hujannya deras banget.

9. Kamera? Check! Kembang api? Check! Tongsis? Check! Minuman bersoda? Check! Kartu remi? Check!

Siapin kamera dan kembang api

Siapin kamera dan kembang api via bemahasiswa.blogspot.com

Jangan cuma memandang takjub kembang api yang disulut orang lain, gak ada salahnya kok ikut serta membuat malam tahun baru lebih meriah dengan membawa kembang api sendiri. Buat mengabadikan momen seru bareng pasangan atau teman-temanmu, jangan lupa siapkan kamera saku—kalau bisa yang tahan air—lengkap dengan tongsisnya. Kamera HP pun gak masalah, meski kadang lampu flashnya kurang bisa diandalkan untuk memotret di tempat yang minim cahaya.

10. Jaga barang bawaanmu dan teman-temanmu dari tangan-tangan usil. Tahun baru seharusnya membawa kegembiraan, bukan panik dan sesal karena kamera mahalmu hilang…

Waspadai tangan-tangan jahil.

Waspadai tangan-tangan jahil. via ratnakartikasarii.blogspot.com

Di keramaian, bukan gak mungkin jika adasegelintir orang yang memanfaatkannya buat mengeruk untung secara gak bertanggung jawab. Biar barang bawaanmu terhindar dari tangan-tangan usil, selalu awasi barang-barang bawaanmu dan teman-temanmu. Yang aman, taruh tas di bagian depan tubuhmu dan simpan barang berharga seperti dompet di tempat yang sulit dijangkau.

Selain itu, hindari juga meninggalkan barang berharga di dalam kendaraan. Sebisa mungkin, tinggalkan aja barang-barang berharga yang gak perlu di rumah, biar kamu bisa menikmati malam tahun baru dengan tenang tanpa takut barang-barangmu dijarah.

11. Bawa juga kantong sampah sendiri, supaya bisa membawa pulang lagi sampahmu nanti.

Sampah menggunung

Sampah menggunung via www.liputan6.com

Pesta pergantian tahun selalu berakhir dengan menyisakan berton-ton sampah di spot yang menjadi pusat kerumunan massa. Nah, sebagai pribadi yang dewasa dan bertanggung jawab, pastinya kamu gak ikut-ikutan buang sampah sembarangan, dong? Memang sih, akan ada sejumlah petugas kebersihan yang dikerahkan. Tapi, gak ada salahnya jika kita punya kesadaran untuk mengurus sampah kita sendiri. Sama halnya kalau kita cebok sendiri tiap habis buang air besar. Heuheuheu.

12. Rekam setiap momen yang menyenangkan. Bukan dengan kameramu, tetapi dengan benakmu. Bukankah setiap kenangan yang berharga hanya bisa ditangkap sempurna oleh hati dan rasa?

Seperti yang udah Hipwee singgung di poin nomor 9, penting banget buat mengabadikan momen tahun baruan dengan selfie bareng domba Garut pasangan dan teman-temanmu. Tapi, jangan hanya melihat lewat viewfinder atau display kameramu, nikmati setiap momen dengan mata kepalamu sendiri. Rasakan setiap sorak sorai dan dentuman kembang api dengan seluruh inderamu dan rekam semuanya dalam benak. Kamu gak cuma dapat foto dan video, tapi juga kenangan yang gak terlupakan.

Nah, setelah persiapanmu oke, ini saatnya berangkat! Jadi, kamu mau malam tahun baruan di mana?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pengagum senja dan penggubah lamunan menjadi kata. Doyan makan pisang goreng di sela-sela waktunya.

8 Comments

  1. Lendy Muhammad berkata:

    ayam, bebek, kerang, wine SIAPPP!!!

  2. Jessica Priscillia berkata:

    -Sportsbook bonus 10% (New Member) dan 5% depo berikut nya (SBO,IBC,368Bet,AFB).
    -Casino Online Bonus 5% (New Member)
    -Tangkas Bonus First Depo 10%…
    -Bonus referal hingga 7% untuk Sporstbook,Casino-Special Bonus referal 1,5% Hingga seumur hidup.
    -Semua produk kami memiliki pasaran grade A dan dapatkan jg cashback hingga 8% hanya di master303.

    Untuk Informasi lebih jelas nya silahkan hubungi CS kami Di :
    *YM :聽[email protected]
    *Wechat : Master303agent
    *PIN BB : 2B3C6D8B
    *SMS : 63977 153 0472

    Agen Sabung Ayam

    http://WWW.MASTER303.COM

CLOSE