Supaya kententraman hati dan pikiran bisa tetap sejalan, kamu juga butuh meluangkan waktu buat liburan. Kesibukan yang selama ini kamu jalani perlu dihentikan sebentar. Mata dan indra perasamu yang lainnya perlu dimanjakan dengan keindahan alam yang sudah kamu idamkan sejak lama. Polusi dan suara ketukan keyboard laptop perlu kamu jauhi.

Destinasi untuk me-refresh pikiran ini juga nggak jauh-jauh, Indonesia punya banyak pilihan tempat liburan indah yang bisa didatangi. Saking ciamiknya keindahan yang bisa kamu nikmati, paling tidak kamu harus mendatangi tempat-tempat ini sekali seumur hidup. Hitung-hitung, kamu juga bisa survey buat memilih destinasi untuk bulan madu. Ditemani oleh pasangan untuk menikmati bulan madu, makin nyenengin bukan rasanya?

1. Dari bagian barat, matamu tak hentinya dimanjakan oleh birunya pantai Tanjung Tinggi di tanah Belitung. Bening airnya bikin hati adem

Laskar~ pelangi~ via www.bobocantik.com

Pantai dengan bebatuan besar dan mercusuar di tepiannya ini, sudah jadi sebuah tempat yang familiar bagi para penyuka film Laskar Pelangi. Untukmu yang lupa-lupa ingat, pantai ini dinamakan Tanjung Tinggi yang ada di tanah Belitung. Pantai yang ada di bagian barat Indonesia ini akan sangat sayang kalau cuma kamu liat dari layar tv. Sempatkan untuk menikmati dan memanjakan diri di hamparan biru air laut ini segera!

2. Sembari bermain-main di bawah lautnya, pulau-pulau di Karimun Jawa wajib kamu jelajahi satu persatu

Gugusan pulau yang ada di utara pulau Jawa ini tak akan tuntas jika dijelajahi dalam sehari. Hamparan laut birunya yang setransparan kaca bisa buatmu melihat terumbu karang di bawah sana. Kapan lagi kamu bisa ngerasain berenang bersama hiu-hiu tanpa khawatir digigit?

3. Sensasi liburan di pulau pribadi akan kamu rasa saat menjelajahi Nusa Pombo. Maksimal selow-nya~

Birunya~ via www.warnaunyu.com

Menikmati keindahan bawah laut tak akan ada habisnya dieksplor dalam satu bulan. Apalagi di sekitaran Maluku, tak sedikit pulau yang punya keindahan yang wajib kamu jajal satu persatu! Nusa Pombo adalah salah satunya! Kamu wajib menjelajahi pesisir pantai dan di perairan dalamnya. Ikan-ikan lucu dan terumbu karang yang tak kalah epic siap menyambutmu!

4. Jadikan Pantai Ora untuk melupakan penatnya tugas dan kerjaan. Kamu hanya perlu main air dan bersandar di bawah pohon kelapa dengan tenang

Ora~ via jadituris.com

Keberadaan Pantai Ora yang disamakan dengan Maldives atau Maladewa memang sudah sering terdengar. Terletak di Pulau Seram di kawasan Maluku, tak akan buatmu kapok untuk menikmati keindahan alamnya. Menyusuri pantai yang biru airnya sejernih kaca, buatmu ingin berlama-lama di sana! Bersama dia, bukannya bikin makin sulit move on dari suasananya?

5. Surga yang tak lagi tersembunyi bernama Pulau Derawan ini harus masuk dalam wishlist-mu! Menghabiskan waktu bersama si dia akan buat harimu tak lagi kelabu

Segernya. via www.venuemagz.com

Untuk menikmati indahnya matahari terbit dan tenggelam, kamu tak perlu jauh-jauh dan ribet mengurus passport. Pulau Derawan tak akan menyisakan rasa kecewa saat kamu sudah menginjakkan kaki di sana. Segerakan berburu tiket ke Kalimantan Timur dan habiskan waktu menikmati suasana terindah di sana!

6. Menikmati terik matahari dan sepoi angin di Gili Nanggu bisa buatmu bahagia seketika. Ditemani dia, makin bikin tentram hati

Ketika berlibur ke pulau Lombok, kamu nggak perlu segan buat menambah spot yang akan kamu datangi. Dengan kapal cepat, kamu bisa datang segera ke Gili Nanggu. Asosiasi Gili Nanggu dan kata romantis akan sulit buat dipisahin. Pesisir pantainya yang disuguhkan nggak akan gagal buat matamu dimanjakan dengan kesegarannya!

7. Menaklukkan Gunung Rinjani bisa jadi alternatif cari keringat yang seru. Proses pendakian dan alamnya bikin susah lupa

Segarnya kehijauan via ayobuka.com

Menikmati proses mendaki gunung juga bisa kamu rasakan saat menginjakkan di pulau Lombok. Gunung Rinjani dan beragam keindahan yang akan kamu panen selama perjalanan buatmu sulit lupa. Rasa lelahmu akan pupus dalam sekejap saat kawah Segara Anak bisa kamu lihat dengan puas. Sebuah kegiatan menikmati keindahan dan cari keringat yang tak kalah seru, bukan? Jangan batasi keinginanmu untuk liburan, karena sudah saatnya kamu melakukan Jelajah Tanpa Batas! Dengan Nissan Navara, keliling ke tempat yang terlihat tak mungkin terasa tak mustahil!

8. Tak perlu melalang buana jauh-jauh untuk tahu salju. Maka dari itu, Puncak Jayawijaya wajib kamu sambangi.

Jayawijaya via kumpulancerita.net

Indonesia memang hanya punya dua musim, yaitu musim kemarau dan hujan. Penasaran dengan turunnya salju? Di bagian paling barat Indonesia, kamu bisa tahu tentang sensasi memegang salju dan bikin snowman! Mampirlah ke Taman Nasional Lorentz dan genggam salju di Puncak Jayawijaya-nya!

9. Edelweis memang susah pisah dengan Gunung Papandayan. Matamu nggak akan hentinya dimanjakan.

Edelweis via wiranurmansyah.com

Jawa barat tak pernah kekurangan stok tempat-tempat indah. Gunung Papandayan punya kekuatan magisnya untuk menarikmu buat datang ke sana. Terlebih lagi untuk kamu yang suka dengan bungan Edelweis. Sambangi saja Tegal Alun, sejauh mata memandang matamu akan dimanjakan di sana. Siap-siap dibuat melongo dengan ke-epic-an pemandangannya ya!

10. Jadilah saksi indahnya matahari saat keluar dari peraduan di Gunung Semeru. Ranu Kumbolo dan hamparan lavender-nya tak akan bikin menyesal

Ungunya sebagai penyegar mata via www.pesonaindo.com

Sebagai gunung yang tertinggi di pulau Jawa, Gunung Semeru sudah wajib dijajal untuk ditaklukkan olehmu yang suka berpetualang. Kamu harus jadi saksi keindahan matahari terbit di puncak Mahameru sesegera mungkin. Walau ditutupi oleh awan-awan tebal, nggak akan buatmu merugi. Jangan lupa untuk mampir ke Ranu Kumbolo sembari melepas penat dan lelah selama pendakian. Hamparan bunga lavender yang luas buatmu makin cinta dengan keindahan alamnya.

Kamu bisa melalang buana kemana pun yang kamu inginkan, asalkan memilih transportasi yang tepat dan sesuai medan, kamu bisa menikmati perjalanan dengan nyaman!

Seperti Petualangan pak Willem Sigar Tasiam yang mampu menaklukkan pendakian 50 gunung dalam 40 hari siap buatmu makin tak sabar untuk liburan! Dalam Nissan Navara Petualangan Tanpa Batas, kamu tak akan menemukan halangan untuk mengeksplorasi keindahan wisata Indonesia. Karena bukan hanya soal hasil akhirnya yang bermakna, tapi justru perjalanan menuju ke sana. Pak Willem nggak segan berbagi tentang keindahan gunung-gunung yang sudah dijelajahi. Biar kamu semakin terinspirasi, cek cerita lengkap petualangan Nissan Navara di Jelajah Tanpa Batas dan tonton keseruan perjalanannya di sini!

Kalau kamu adalah salah satu penggiat di dunia traveling, jadilah saksi Navara Traveler di tahun 2016 ini, guys. Di event yang diadakan Nissan dan Majalah Panorama ini, para Navara Traveler ditantang untuk mengeksplor destinasi indah di Indonesia dengan Nissan Navara. Pada 14 September 2016, pengumuman 10 besar Navara Traveler bisa kamu ketahui segera. Kamu bisa pantau dari instagram Majalah Panorama, Nissan, dan Facebook Nissan.

Cari tahu update terbarunya. via www.panorama-magz.com

Tak hanya itu hadiah berupa uang, 3 Navara Traveler yang beruntung bisa menggaet total hadiah sebesar 120 juta rupiah. Nah, supaya kamu bisa jadi salah satu partisipisan Nissan Traveler tahun depan, cari tahu yuk tentang siapa dan gimana bisa menyabet predikat 10 besar! Siapa tahu kamu bisa jadi Navara Traveler  di tahun 2017, kan?

Sudah memutuskan untuk memilih destinasi yang akan kamu kunjungi ketika liburan, guys? jangan lupa untuk luangkan waktu dan sisihkan uang buat perjalanan seru sehidup sekali ini!