Viral Sekolah di Malang Berubah Jadi Kamar Hotel Reddoorz. Lho Kok Bisa Sih?

SMKN 4 Malang Jadi Reddoorz

Selama pandemi, banyak usaha perhotelan mengalami kesulitan karena tak ada tamu yang datang. Tak sedikit yang merugi, PHK karyawan, hingga harus menjual propertinya ke pihak lain. Paling miris, situs booking online hotel murah Airy Rooms sampai harus gulung tikar. Sektor perhotelan ini memang salah satu sektor terparah terdampak pandemi.

Advertisement

Meski begitu, ternyata salah satu kompetitor Airy, yakni Reddoorz masih cukup kuat menghadapi hantaman pandemi. Tak seperti kompetitornya yang telah gulung tikar, Reddoorz malah terus ekspansi ke properti yang bukan hotel. Reddoorz menyulap sekolah di Malang jadi kamar hotel yang bisa disewa oleh pengunjung. Wah menarik juga nih idenya.

Sebuah sekolah di Malang viral di media sosial gara-gara menambah fungsinya jadi sebuah hotel berbudget murah. Tampak ada tulisan Reddoorz di depan sekolah tersebut

smkn 4 malang jadi hotel via travel.detik.com

Di media sosial Twitter, beberapa hari lalu terdapat postingan yang cukup viral mengenai sebuah sekolah dengan papan nama Reddoorz di depan sekolah. Ternyata, usut punya usut sekolah ini akan dijadikan kamar hotel yang dikelola Reddoorz untuk sementara. Sekolah ini adalah SMKN 4 Malang dan kamu bisa menyewa kamar di sana lho. Gedung tingkat di bagian depan sekolah yang akan dijadikan penginapan untuk sementara waktu selama sekolah masih dijalankan secara daring.

Di mana lokasi sekolah SMKN 4 Malang yang disulap jadi hotel ini?

kelas disulap jadi kamar hotel via kumparan.com

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Malang berlokasi di Jalan Jl. Tanimbar 22, Kasin, Klojen, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. SMKN 4 Malang sering disebut juga dengan SMK Grafika. SMKN 4 Malang mempunyai sembilan jurusan yaitu, Persiapan Grafika, Produksi Grafika,Multimedia, Rekayasa Perangkat lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Animasi, Mekatronika, Logistik, dan Perhotelan. Nah, ruang yang disulap jadi hotel adalah laboraturium untuk jurusan Perhotelan. Berhubung selama pandemi ruangan kelas tidak difungsikan, pihak sekolah berinisiatif untuk menjadikannya kamar hotel.

Advertisement

Pihak sekolah menyampaikan bahwa sekolah bisa mengelola dana sendiri setelah menjadi BLUD. Untuk itu sekolah dijadikan hotel

sekolah jadi reddoorz via kumparan.com

Menurut Kepala Sekolah, Wadib Su’udi, seperti dikutip dari Kumparan, SMKN 4 Malang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD. Pihak sekolah diperbolehkan mencari, mengelola dan mengembangkan sumber pendapatan dari sektor lain. Hal itu menurutnya sesuai dengan ketetapan Pemprov Jawa Timur.

Harapannya pihak sekolah mampu memaksimalkan ruangan sekolah jadi penginapan dan menghasilkan pendapatan tambahan. Siswa juga diminta mengelola secara langsung sehingga belajar sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Seru sih nanti alumninya pasti bercandanya, “Sekolah bekas rumah sakit sudah biasa, sekolahku dong bekas Reddoorz!”

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE