Alam yang asri dan udara yang masih segar membuat Kebun Raya Bogor selalu jadi salah satu destinasi wisata favorit setiap akhir pekan tiba. Nggak heran kalau setiap Sabtu dan Minggu, kebun yang berada di jantung kota Bogor ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.
Tapi siapa sangka, di balik pepohonan yang rindang dan udara yang segar Kebun Raya Bogor juga kental dengan nuansa mistis. Ada beberapa spot yang terlihat berbeda dari tempat-tempat lain di kebun itu. Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa kisah mistis yang ada di sekitar Kebun Raya Bogor.

Berbagai macam penampakan sering terlihat di dekat makam belanda yang sudah ada sejak tahun 1800-an.

Makam belanda bernuansa horor via www.heibogor.com

Advertisement
Salah satu tempat yang paling kental nuansa horornya adalah makam Belanda. Letak pemakaman itu nggak jauh dari pintu masuk sebelah barat kebun raya. Menurut cerita masyarakat, saat hari mulai gelap sering terlihat banyak penampakan makhluk halus yang muncul di sekitar makam. Bentuknya bermacam-macam, ada sosok wanita berambut panjang dengan pakaian serba putih, sosok lelaki berbulu lebat dan bertubuh besar, atau sekadar suara-suara aneh seperti orang merintih kesakitan.

Banyak yang bercerita, di sekitar Danau Gunting sering muncul penampakan noni belanda dan ular raksasa.

Penampakan ular raksasa sering muncul di Danau Gunting via www.bujangjuaro.com

Advertisement
Danau gunting memang terlihat cantik kalau siang hari. Saat hari mulai malam, suasana berubah jadi mencekam. Banyak yang bilang, danau gunting adalah rumah dari sosok hantu noni belanda dan siluman ular raksasa. Beberapa petugas kebersihan di kebun raya mengaku pernah diperlihatkan wujud noni yang sedang berjalan-jalan sendirian di sekitar danau. Si noni itu berjalan-jalan santai sambil bersenandung. Warga yang iseng memancing di danau itu juga pernah diganggu hantu ular raksasa yang muncul dari dalam danau.

Komplek makam istri Prabu Siliwangi juga selalu dihindari petugas keamanan karena penampakan harimau putih.

Wujud makam Ratu Galuh dari luar via www.republika.co.id

Di Kebun Raya juga ada kompleks pemakaman istri Prabu Siliwangi yang bernama Ratu Galuh. Pemandangan di sekitar komplek pemakaman itu memang terlihat berbeda dari tempat-tempat lainnya. Makam itu berada di bawah sebuah pohon besar dan rindang. Jadi, saat siang hari pun lokasi itu terlihat gelap. Saat malam datang, kompleks pemakaman ini selalu dihindari petugas keamanan yang berpatroli. Bukan karena letaknya yang jauh, tapi karena mereka nggak mau melihat penampakan harimau putih yang menjaga makam.

Makam misterius di Taman Meksiko juga sering jadi bahan perbincangan. Petugas kebersihan sering diganggu suara aneh.

Makam misterius di Kebun Raya via indonesiana.merahputih.com

Selain makam Belanda dan makam Ratu Galuh, ada satu komplek pemakaman yang menyeramkan di Kebun Raya. Pemakaman misterius itu berada di wilayah Taman Meksiko. Letaknya tersembunyi, sehingga banyak yang nggak sadar akan keberadaan makam itu. Di tempat itu, petugas kebersihan yang kebetulan lewat sering diganggu makhluk halus lewat suara-suara aneh. Nggak jarang, makhluk halus itu juga sering memanggil-manggil nama si petugas kebersihan, tapi setelah dihampiri nggak ada siapa-siapa.

Bangunan bekas laboratorium juga nggak kalah serem. Di situ sering muncul penampakan wanita bule dan sosok hitam besar.

Bangunan bekas lab ini juga jadi sarang makhluk halus via www.bogorheritage.net

Pengalaman mistis juga pernah dirasakan petugas kebersihan di Kebun Raya di sekitar bangunan bekas laboratorium. Pengalaman mistis itu berbagai macam jenisnya, ada yang melihat penampakan wanita bule, ada juga yang melihat sosok tinggi besar berwarna hitam. Bahkan, seorang petugas pernah sampai jatuh sakit setelah melihat penampakan di sekitar lab tersebut. Sampai sekarang, masih banyak orang yang nggak mau bercerita lebih lanjut karena mereka takut cerita itu justru mengancam kehidupan mereka.
Itulah tadi beberapa kisah mistis yang sering jadi bahan perbincangan di wilayah Kebun Raya Bogor. Artikel ini tidak bermaksud untuk menakut-nakuti, Hipwee cuma mengingatkan bahwa hampir setiap tempat ada penghuninya. Jadi, alangkah baiknya kalau kita senantiasa saling menjaga sikap dan menghargai.

Penasaran sama hal-hal berbau mistis? Kamu bisa tanya langsung sama Nyai Damar, Sara Wijayanto!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya