Jika biasanya Hipwee mengajak kamu menelusuri berbagai destinasi wisata di Pulau Jawa, kini yuk melipir sebentar melihat aneka surga wisata di Sumatera Selatan. Di provinsi yang terkenal dengan ibukotanya Palembang ini ada banyak tempat epik yang layak dijelajahi.

Tidak hanya ada Sungai Musi dan Jembatan Ampera saja, ternyata di berbagai tempat lainnya banyak pula cuilan nirwana yang bisa jadi luput dari pandangan mata. Mau tahu apa saja?

1. Kunjunganmu ke Sumatera Selatan akan semakin berkesan bila menyempatkan diri mendatangi Masjid Agung Palembang yang terkenal

Masjid Agung Palembang

Masjid Agung Palembang via www.pinterest.com

Advertisement

Salah tempat wisata religi yang layak kamu datangi saat berada di Sumatera Selatan adalah Masjid Agung Palembang. Berbeda dengan masjid kebanyakan yang memiliki kubah besar, bagian atap masjid ini justru berbentuk mirip klenteng. Bentuk jendela dan pintu masjid yang berukuran besar disebabkan karena masjid ini memang bergaya arsitektur campuran Indonesia, Eropa, dan China.

Pembangunan masjid cantik ini sudah dimulai sejak tahun 1.738 dan berakhir pada 1.748. Banyak orang yang mengunjungi tempat ibadah ini bukan hanya karena bangunannya yang unik tapi juga karena nilai sejarahnya. Konon masjid berukuran 1.080 meter persegi ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin yang adalah salah satu tokoh penting bagi masyarakat Palembang.

2. Meski harus menempuh perjalanan panjang, namun keelokan Danau Ranau akan membuat ingatanmu sulit lekang

Kalau Sumatera Utara punya Danau Toba, maka di Sumsel ada danau sejenis yang gak kalah epiknya bernama Danau Ranau. Meski dari segi ukuran memang kalah kecil dari danau yang terletak di bagian utara sumatera, namun soal keindahan tidak boleh dipandang sebelah mata. Terletak di perbatasan Lampung dan Sumsel, Danau Ranau dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 8-9 jam.

Advertisement

Hamparan air danau berwarna biru bening berpadu harmonis dengan udara sejuk di sekitar membuat siapa saja yang datang ke sana terpesona. Jika bosan berpetualang di area danau jangan ragu mengunjungi Pulau Marissa yang terkenal dengan pemandian air panasnya. Meski harus menjalani perjalanan yang panjang, namun sensasi berlibur di Danau Ranau tak akan membuatmu menyesal.

3. Kepak kerilmu dan dakilah puncak tertinggi Gunung Dempo yang keindahannya dijamin bikin pendaki melongo

Bagi pecinta wisata pegunungan, nama Gunung Dempo mungkin tidak asing lagi. Memiliki ketinggian kurang lebih 3.195 mdpl, puncak gunung berapi yang masih aktif ini menjadi incaran banyak pendaki yang ingin merasakan sensasi berdiri di atas gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Apabila kamu memulai perjalanan dari Palembang, maka waktu tempuh untuk sampai di areal Gunung Dempo adalah 7 jam.

Hamparan perkebunan teh lengkap dengan barisan pepohonan adalah sajian alam yang banyak diincar para penikmatnya. Tidak hanya para pendaki saja, orang datang juga dengan kepentingan untuk mencari udara segar di kaki pegunungan. Biasanya pengunjung yang tidak mendaki datang menikmati pemandangan sambil meneguk minuman khas Gunung Dempo yakni hitam yang aduhai rasanya.

4. Sudah puas menjelajah Dempo? Yuk arahkan kaki menengok kecerlangan air terjun Lematang yang banyak dikagumi orang

air terjun Lematang

air terjun Lematang via zyeo.wordpress.com

Tidak jauh dari lokasi wisata Gunung Dempo, ada lagi tempat indah lainnya yang wajib pula dikunjungi bernama Air Terjun Lematang. Meski hanya memiliki tinggi 40 meter, tapi bukan berarti air terjun satu ini memiliki level keanggunan biasa saja. Buktinya ada banyak wisatawan yang sudah berulang kali datang karena jatuh cinta dengan pemandangan di sana.

Untuk bisa menikmati si cantik Lematang, pengunjung harus menuruni tangga licin. Sesampainya di bawah pengunjung akan disambut dengan debet air yang keras dan berair jernih. Di dasarnya terdapat pula bebatuan besar yang menambah semarak serunya berlibur di Lematang. Wisata indah bertambah pesonanya karena untuk menikmati pengunjung hanya perlu merogoh uang sebesar Rp.4.000 saja.

5. Napak tilas ke makam raja-raja legendaris di Bukit Siguntang akan membuka mata. Ternyata dulu ada kejayaan yang pernah begitu megahnya

Bukit Siguntang

Bukit Siguntang via lemabang.wordpress.com

Indonesia tidak hanya terkenal dengan aneka tempat wisata alamnya saja tapi juga tempat bersejarahnya. Termasuk pula di Palembang yang memiliki situs bersejarah bernama Bukit Siguntang. Konon katanya dulu bukit ini merupakan tempat peribadatan sekaligus pertapaan para raja di Sumatera Selatan.

Terletak di Kecamatan Lir Barat I, kamu dapat mengunjungi Bukit Siguntang yang tingginya hanya berkisar 20-30 meter saja. Di tempat ini kamu dapat mengunjungi makan raja-raja yang pernah memerintah di zaman dulu. Setelah puas mengelilingi bukit, silahkan mengisi perut dengan aneka kuliner yang terletak di sekitar bukit dengan rasa yang mengunggah selera.

6. Jangan hanya menghabiskan waktu di jembatan Ampera saja, cobalah datang Sabokingking yakni makam raja yang hingga kini masih terjaga kelestariannya

Sabokingking

Sabokingking

Walaupun tidak familiar namun nama Sabokingking adalah salah satu nama pemakaman sakral bagi masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan. Di sinilah tempat dimakamkannya Ratu Sinuhun yang merupakan penulis dari Kitab Simbur Cahaya yang berisi hukum adat masyarakat setempat. Meski kecil tapi dapat dikatakan bahwa makam tersebut menjadi salah satu makam bersejarah yang hingga kini masih terawat dengan baik.

Di makan ini tidak ada kesan angker yang dapat ditangkap oleh mata. Sebabnya, makam raja-raja tersebut dipasangi keramik putih dan sangat dijaga kebersihannya. Kepada para pengelola di sana pengunjung dapat bertanya tentang sejarah para bangsawan yang dimakamkan di Sabokingking.

7. Untuk pecinta wisata adrenalin tantang nyalimu berarung jeram di Sungai Manna yang memanjang dari Bengkulu hingga daerah Pagar Alam Sumatera Selatan

arum jeram sungai manna

arum jeram sungai manna via websta.me

Wisata adrenalin juga bisa kamu lakukan kala sedang pelesiran ke Sumatera Selatan yakni dengan melakukan arum jeram di Sungai Manna. Sungai yang panjangnya membelah antara Provinsi Bengkulu dengan hulunya di Sumsel ini memang banyak penari perhatian para pendayung kelas kakap karena tingkat kesulitannya yang mencapai grade 4 ini cukup menantang.

Melawan derasnya air tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kamu penikmat olahraga ekstrim satu ini. Dengan membayar paket tur sekitar Rp.300.000 kamu sudah dapat mencicipi serunya ‘dibanting’ dalam arus kencang. Oh ya wisata arum jeram ini berada di daerah pagar alam dekat dengan Gunung Dempo.

Itu tadi berbagai spot wisata memesona lainnya yang selain Musi dan Ampera yang bisa dikunjungi kala berlibur di Sumatera Selatan. Kalau kamu punya rekomendasi tempat asyik lainnya ahboleh banget loh kasih tahu Hipwee via kolom komen di bawah.

Featured Image: rizkirahmatia.wordpress.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya