Kabar gembira hadir buat para pendaki. Setelah menunggu hampir setengah tahun, pendakian Gunung Semeru akan dibuka lagi di bulan ini. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memutuskan untuk membuka pendakian Semeru pada tanggal 12 Mei nanti. Gunung Semeru sendiri ditutup sejak tanggal 3 Januari 2019 lalu.

Tapi ada satu hal yang harus kamu pahami mengenai prosedur pendakian ke Semeru. Pendaftaran untuk pendakian Semeru harus dilakukan secara online dengan berbagai syarat yang mesti kamu penuhi sebelumnya. Yuk siap-siap mendaki lagi!

Musim hujan telah reda, Gunung Semeru kembali dibuka. Namun pendakian cuma dibatasi sampai Kalimati

enak sama teman-teman bersenandung bersama via www.journalkinchan.com

Advertisement

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan TNBTS antara Maret hingga April 2019, curah hujan di gunung Semeru tidak ekstrem dan relatif menurun. Musim hujan bisa dikatakan sudah hampir usai. Di sisi lain, permintaan akan dibukanya gunung Semeru cukup besar. Banyak pendaki gunung dan pemangku wisata di Semeru yang berharap gunung ini segera dibuka. Untuk itu, Balai TNBTS memutuskan untuk membuka kembali gunung Semeru pada tanggal 12 Mei 2019.

Mendaki Semeru tidak boleh sampai puncak, mending kamu menikmati pagi di Ranu Kumbolo

ranu kumbolo via www.instagram.com

Seperti dijelaskan di atas, pendakian Semeru hanya diizinkan sampai Kalimati. Jadi jangan coba-coba mendaki sampai puncak Mahameru ya, karena pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tidak bertanggungjawab dengan pendaki yang nekat ke Mahameru. Kalau mau tetap ke puncak silakan aja, tapi resiko tanggung sendiri ya.

Mending kamu mendaki santai ke Ranu Kumbolo saja. Trekking cukup mudah, hanya 4 jam saja. Pemandangan alamnya mempesona dan bikin betah. Minum kopi susu hangat di tepi Ranu Kumbolo saat mentari pagi terbit adalah sebuah kebahagiaan hakiki. Cobain deh!

Untuk mendaki Semeru, kamu harus mendaftar secara online. Begini prosedurnya yang harus kamu lalui

alur pendaftaran pendakian semeru via www.instagram.com

Advertisement

Buat kamu yang udah nggak sabar mendaki Semeru, ingat ya kalau kamu nggak bisa datang begitu aja ke sana. Kamu harus mendaftar secara online melalui website http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org. Ikuti semua prosedur dan kamu harus membayar lewat rekening bank. Lumayan ribet sih perlengkapan yang harus disiapkan. Tapi ini juga demi kenyamanan dan keselamatan pendaki. Harus segera mendaftar ya soalnya kuota pendakian per hari cuma 600 pendaki. Itu sangatlah sedikit mengingat animo pendakian yang cukup tinggi akhir-akhir ini. Jadi pendakian akhir pekan atau saat liburan pasti cepat habis kuotanya.

Yuk packing kembali ranselmu, Semeru telah menunggu!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya