Fenomena langit merupakan sebuah kejadian langka yang tidak bisa datang setiap hari. Untuk itu, berbagai fenomena langit yang hadir sangat sayang apabila dilewatkan, karena belum tentu bisa terulang. Bersyukur jika di tahun ini banyak sekali keindahan langit yang bisa kamu saksikan dari Indonesia.

Nah, kabar baiknya kamu nggak usah menunggu lama untuk menikmati fenomena langit yang indah itu. Salah satu kejadian astronomi yang menarik yang bakal datang di bulan ini adalah fenomena Supermoon. Supermoon adalah peristiwa ketika bulan tampak jauh lebih besar ketimbang bulan biasanya. Kira-kira kapan dan seperti apa sih Supermoon yang bakal menyapa kita itu? Yuk simak saja ulasan dari Hipwee Travel.

Supermoon bakal menyapa kita semua di akhir bulan Januari. Lebih tepatnya di tanggal 30 dan 31 Januari. Wow, dua hari ya kamu bisa melihat Supermoon

supermoon tampak di myanmar via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Supermoon adalah fenomena alam di mana bulan tampak 14 % lebih besar dan 38 % lebih terang ketimbang bulan purnama biasa. Bulan akan berada di posisi terdekatnya dengan bumi, 356.565  km. Fase Supermoon dimulai pada tanggal 30 Januari pukul 16.56 WIB. Puncak fase purnama Supermoon ini dapat dilihat di malam hari dan terjadi pada 31 Januari 2018 pukul 20:26 WIB. Supermoon akhir Januari ini akan disertai oleh gerhana bulan total di mana bulan akan tampak lebih merah. Berhati-hatilah karena air laut akan pasang selama beberapa hari. BMKG telah mengeluarkan peringatan agar masyarakat pesisir mewaspai peristiwa tersebut.

Supermoon ini adalah periode terakhir dari Supermoon trilogi (3 periode) yang dimulai pada 3-4 Desember 2017 (trilogi pertama) dan pada 1-2 Januari 2018 trilogi kedua.

supermoon trilogi via www.dailymail.co.uk

Bulan Desember 2017 lalu, kamu pasti sempat mendengar informasi tentang hadirnya Supermoon trilogi ya, alias Supermoon yang hadir 3 kali dalam waktu yang berdekatan. Pada tanggal 3-4 Desember lalu adalah Supermoon trilogi yang pertama. Sementara di tahun baru yang lalu, 1-2 Januari jadi trilogi yang kedua. Dan kemudian 30-31 Januari ini bakal menjadi trilogi yang terakhir. Jika kamu melewatkan dua trilogi awal, masa sih mau melewatkan lagi trilogi yang terakhir ini? Sayang banget deh.

Di mana sih tempat menyaksikan Supermoon? Kamu yang belum pernah lihat pasti pengen banget ‘kan mengabadikan fenomena langit ini…

US Capitol, Washington DC via www.dailymail.co.uk

Sebenarnya syarat utama menyaksikan Supermoon adalah langit yang cerah. Jika langit di daerahmu terkena mendung atau polusi, maka sulit untuk menyaksikan Supermoon dengan mudah. Cara paling mudah untuk mengamati bulan yang berukuran besar ini adalah dengan pergi ke gunung ataupun pantai. Di gunung dan pantai, langit biasanya lebih cerah. Jadi kamu berpeluang besar untuk menyaksikan Supermoon dari tempat-tempat tersebut. Berhubung akhir Januari ini masih musim hujan, agak sulit mencari kawasan yang bebas mendung ya. Hehehe.

Advertisement

Selamat hunting foto Supermoon ya. Semoga langitmu cerah akhir bulan nanti, nggak seperti dompet yang suram di akhir bulan. Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya