6 Spot Belanja Barang Unik untuk Oleh-oleh dari Jogja

Spot oleh-oleh unik Jogja

Di sela-sela kesibukan, berwisata ke Jogja bisa menjadi hiburan yang sangat menyenangkan. Di kota ini, kita bisa menikmati suasana kehidupan yang tenang dan membahagiakan. Entah ada apa dengan Jogja, tetapi yang jelas kota ini mampu menarik para wisatawan untuk berlama-lama singgah. Dengan disuguhkan berbagai objek wisata alam, budaya, hingga kuliner, wisatawan seakan ‘tersihir’ dengan pesona kota ini.

Advertisement

Namun, kebahagiaan itu tentu tidak ingin disimpan sendiri. Kita bisa membagikannya kepada keluarga dan teman lewat oleh-oleh yang dibawa dari Kota Budaya ini. Jika biasanya oleh-oleh hanya berupa makanan saja, kali ini hipwee akan mengajak kamu berburu barang-barang antik di Jogja. Tak hanya berburu oleh-oleh saja, kamu juga bisa sekalian melihat proses pembuatan barang yang akan kamu beli di sudut-sudut Kota Jogja.

1. Di Kasongan, kamu bisa menemukan beragam oleh-oleh dari gerabah yang memanjakan mata

Kerajinan gerabah | Credit: Asri Nurhayati [CC BY-SA 4.0] via Wikimedia

Membeli barang-barang kerajinan gerabah mungkin sudah biasa. Tetapi, melihat langsung pembuatan gerabah tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Di Kasongan inilah kamu bisa mencari oleh-oleh gerabah dan karya seni lainnya sekaligus menyaksikan pembuatannya. Barang-barang gerabah yang tersedia di Desa Wisata Kasongan sangat beragam, mulai dari kendi, kuali, guci, vas, hingga hiasan dinding dan bisa kamu jadikan oleh-oleh yang tidak membosankan.

2. Kalau kamu penggemar fesyen, sentra kerajinan kulit di Manding ini wajib dikunjungi

Kerajinan kulit Manding | Credit: kec-bantul.bantulkab.go.id

Bagi penggemar mengoleksi barang-barang dari kulit, tempat yang satu ini akan menjadi surga untukmu. Di wilayah Kabupaten Bantul, ada sebuah desa wisata yang memproduksi aneka jenis barang dari kulit, yaitu Desa Manding. Di sana, kalian bisa menemukan bermacam-macam produk fesyen dari kulit, mulai dari tas, sepatu, ikat pinggang, hingga pernak-pernik yang dijual dengan harga bervariasi. Namun, kalian tak perlu khawatir karena harga-harga di sana tentu saja lebih ramah di kantong daripada harga di toko besar. Hal itu karena banyak pengrajin kulit di Manding yang menyalurkan dagangannya ke berbagai wilayah untuk di jual kembali.

Advertisement

3. Sudah jarang ditemui, di Pucung kamu akan menemukan bermacam-macam tokoh wayang kulit

Desa Pucung | Credit: kec-imogiri.bantulkab.go.id

Saat ini, pertunjukan wayang sudah jarang ditemukan di kota-kota besar lainnya. Padahal, wayang menjadi warisan budaya yang sangat berharga. Namun, di Jogja ada sebuah wilayah yang masih terus melestarikan wayang dengan cara memproduksinya. Wilayah itu ada di Pucung, Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul. Di sana, mereka membuat wayang dari kulit kerbau yang dikerok sampai halus hingga kering. Kamu bisa mengunjungi langsung ke sana untuk melnemukan berbagai tokoh-tokoh wayang dan aksesoris yang terbuat dari kulit kerbau.

4. Di Desa Wisata Krebet, kamu bisa langsung membuat batik dengan media kayu yang cocok untuk oleh-oleh

Desa wisata Krebet | Credit: tour-yogyakarta.com

Lagi lagi di Bantul, ada sebuah sentra industri batik kayu yang disebut dengan Desa Wisata Krebet. Di sana, kamu bisa mendapatkan oleh-oleh berupa kerajinan batik dari kayu langsung dari pengrajinnya. Berbeda dengan batik kain, media yang digunakan oleh para pengrajin di Krebet adalah kayu. Produk yang dihasilkan dari kerajinan ini beragam, mulai dari gantungan kunci, piring, mangkok, dan hiasan rumah yang cocok untuk oleh-oleh. Selain bisa membeli barang yang sudah jadi, kamu juga bisa membuatnya sendiri dipandu oleh para pengrajin di Desa Krebet, Pajangan, Bantul ini.

5. Tak jauh dari tengah kota, kamu bisa menemukan kerajinan perak di Kotagede

Kerajinan perak | Credit: indonesiakaya.com

Tidak perlu jauh-jauh dari pusat Kota Jogja, di Kotagede kamu sudah bisa melihat deretan toko yang menjual kerajinan perak. Di sana, kamu akan menemukan berbagai aksesoris, mulai dari cincin, gelang, kalung, hingga barang-barang lain yang terbuat dari perak. Uniknya, di Kotagede kamu juga bisa melihat langsung cara pembuatan perhiasan perak dari para pengrajinnya.

Advertisement

6. Pusat kerajinan keris di Banyusumurup jadi surganya para pecinta barang antik

Kerajinan keris | Credit: kec-imogiri.bantulkab.go.id

Bagi kamu penggemar barang unik, keris mungkin jadi salah satu barang yang kamu idam-idamkan untuk dimiliki. Barang satu ini memang tidak biasa karena hingga kini masih digunakan sebagai ritual adat tertentu. Namun, tidak ada salahnya kamu melihat bagaimana para pengrajin membuat keris hingga bisa menjadi senjata yang eksotis. Kalau berniat mengunjunginya, kamu bisa mendatangi pusat kerajinan keris itu berada di Desa Banyusumurup, Imogiri, Bantul.

Itu dia beberapa tempat membeli oleh-oleh barang antik yang akan sulit kamu temukan di luar Jogja. Tidak hanya membeli barang saja, kamu juga akan mendapatkan pengalaman menarik dari para pengrajinnya langsung. Kalau di antara keenamnya, mana yang paling ingin kamu kunjungi SoHip?

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE