Fenomena Bulan Purnama ‘Strawberry Moon’ Bakal Datang 5 Juni. Jangan Sampai Kelewatan ya!

Strawberry Moon 5 Juni

Fenomena alam Strawberry Moon akan datang ke Indonesia pada tanggal 5 Juni. Tak cuma itu saja, ada pula gerhana bulan penumbra yang akan datang pada tanggal 6 Juni dini hari dan puncak dari Strawberry Moon di tanggal yang sama. Disebut Strawberry Moon karena saat itu wajah bulan sepenuhnya disinari cahaya matahari dikarenakan letaknya di belakang bumi.

Advertisement

Seperti apa sih bulan purnama Strawberry Moon? Apakah seperti buah strawberry?

Tanggal 5-6 Juni esok, Strawberry Moon bisa disaksikan dari Indonesia. Bulan purnama tampak lebih indah dari biasanya

gerhana bulan penumbra via www.thesun.co.uk

“Pada fenomena ini, Bulan akan terletak di belakang Bumi jika dilihat dari Matahari, dan wajahnya akan sepenuhnya disinari oleh cahaya Matahari,” jelas Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dikutip dari akun Instagramnya, Kamis (4/6/2020).

Tanggal 5 sampai 6 Juni esok adalah waktu yang terbaik untuk menikmati keindahan bulan. Selain karena memang masuk bulan purnama, ada fenomena langit pula yang menyertainya. Jumat besok bakal muncul Strawberry Moon di mana bulan akan tampak sangat terang karena sepenuhnya disinari cahaya matahari. Bulan purnama akan tampak lebih cantik jika masuk fase Strawberry Moon. Nama lain dari bulan purnama ini adalah Hot Moon (Bulan Panas) karena di bulan Juni di belahan utara Bumi tepatnya di Garis Baltik Utara (23,5 derajat lintang Utara) sedang memasuki musim panas.

Advertisement

Asal usul nama Strawberry Moon bukan merujuk pada warnanya, tapi berasal dari referensi lama yaitu musim panen stroberi di Amerika Utara

strawberry moon via www.tricitynews.com

Sebenarnya nama strawberry bukan berarti bulan berwarna merah atau pink seperti strawberry. Strawberry Moon biasanya hadir saat musim panen strawberry di Amerika Utara. Jadi namanya disebut demikian. Strawberry Moon akan muncul nanti malam, atau sekitar pukul 02.12 Jumat dini hari. Saat itu wajah bulan akan dipenuhi sinar matahari sehingga akan tampak lebih cantik. Puncak Strawberry Full Moon akan terjadi pada tanggal 6 Juni 2020 pukul 02.12 WIB pada jarak 369.005 kilometer dari pusat Bumi. Bulan purnama ini dapat kamu saksikan dari arah barat daya.

Sementara itu, Gerhana Bulan Penumbra akan datang juga pada tanggal 6 Juni. Gerhana Bulan Penumbra dimulai pukul 00.45.51 WIB, puncaknya pukul 02.24.55 WIB, dan berakhir pada pukul 04.04.03 WIB. Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika Bulan melewati bayangan sebagian Bumi atau penumbra. Selama gerhana ini, Bulan akan sedikit lebih gelap dari biasanya.

Jadi jangan sampai kelewatan ya nanti malam!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE