Sungai Cikahuripan, Surga Tersembunyi yang Cantik di Bandung Barat. Nggak Kalah sama Green Canyon!

Sungai Cikahuripan Bandung Barat

Selain dikenal udaranya yang sejuk, Kota Bandung ternyata memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Sungai Cikahuripan. Sungai yang berada di Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Sungai ini terbentuk dari anak sungai Citarum purba.

Advertisement

Tempat wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang tak diragukan lagi. Airnya yang jernih berwarna hijau yang diapit dengan tebing tinggi menjulang membuat Sungai Cikahuripan disebut-sebut sebagai Green Canyon Bandung Barat. Nggak heran kalau banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Yuk, simak ulasan Hipwee Travel tentang Sungai Cikahuripan yang mirip dengan Green Canyon yang satu ini.

Disebut-sebut sebagai Green Canyon di Bandung Barat, ternyata bukan hanya aliran sungainya yang menarik. Tebing tinggi yang menjulang di kedua sisi sungai bikin makin cantik

Sungai Cikahuripan via explorebandungbarat.com

Tempat wisata yang memiliki air yang jernih mungkin menurutmu sudah jadi hal yang biasa. Yang membuat Sungai Cikahuripan ini menarik adalah pemandangan kedua tebing batu yang menjulang tinggi di kedua sisi sungai. Kombinasi jernihnya air sungai dan tebing tersebut membuat tempat wisata ini sangat memanjakan mata. Lokasinya berada di Sungai Cikahuripan sendiri terletak di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat. Meski kamu harus melakukan perjalanan kaki sejauh 1 kilometer untuk menuju ke sini, hal itu nggak jadi masalah karena pamandangan yang disuguhkan begitu indah. Tempat ini cocok banget deh buat kamu yang suka jalan kaki.

Bukan hanya indah dan jernih, Sungai Cikahuripan memiliki banyak manfaat dalam hal pengobatan

Sungai Cikahuripan, Green Canyon Bandung Barat via netz.id

Berbeda dengan Green Canyon Pengandaran, Sungai Cikahuripan ini jauh lebih kecil dan kamu tidak perlu menaiki perahu untuk mencapai aliran sungainya. Airnya juga terbilang dangkal lo, hanya 4 meter aja. Kamu bisa menyewa pelampung di sekitar sungai untuk menyusuri Sungai Cikahuripan.

Advertisement

Nama sungai ini berasal dari bahasa Sunda yang berarti air yang membawa kehidupan. Konon, warga di sekitar Sungai Cikahuripan percaya bahwa air sungai tersebut dapat memberi berbagai manfaat terutama dalam hal pengobatan. Kamu bahkan bisa langsung meminum airnya lo.  Wah, mungkin maksudnya karena air memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh kali ya.

Sungai ini cocok banget jadi tempat untuk melepas penat di akhir pekan bareng keluarga dan orang tersayang~

Sungai Cikahuripan via urbanradiobandung.com

Tempatnya yang asri membuat tempat ini menjadi tujuan akhir pakan yang menakjubkan barengan dengan keluarga atau kerabat dekat. Menghabiskan waktu dengan mendengarkan kicauan burung dan bermain air akan membuatmu jauh lebih rileks dan siap memulai hari baru. Jangan lupa berfoto biar teman-temanmu juga tergoda untuk kemari!

Nah, itu dia pesona Sungai Cikahuripan yang harus kamu tahu sebelum kamu memutuskan untuk mengunjunginya. Meski banyak pengunjung, tempat wisata satu ini masih terbilang asri dan belum banyak faislitas yang disediakan seperti tempat sampah. Kalau ke sini, jangan lupa jaga kebersihan ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE