Taman Sungai Mudal Kulonprogo, Surga Tersembunyi di Pelosok Jogja. Seger Banget Airnya!

Sungai Mudal Kulonprogo

Jogja nggak pernah kehabisan tempat wisata yang seru dan bikin mupeng pengen ke sana. Tiap bulan selalu ada aja tempat wisata baru yang keren abis. Meski sudah sering ke Jogja, pasti selalu kangen kan main ke sana lagi. Tapi karena bulan-bulan ini sedang ada wabah virus Corona, sebaiknya tunda dulu ya main ke sana.

Advertisement

Buat referensi kamu saat ke Jogja nantinya, ada tempat wisata menarik di Kulonprogo yang bisa kamu kunjungi bernama Taman Wisata Sungai Mudal. Pengen tahu kan serunya liburan ke sana? Yuk simak ulasan Hipwee Travel aja ya.

Wisata taman Sungai Mudal ini berupa kolam pemandian yang airnya sangat jernih dan berwarna biru tosca. Bakalan betah deh di sana

Mudal adalah sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun hingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar melalui pipa-pipa. Atas inisiatif warga, sungai Mudal ini lalu dijadikan tempat wisata berupa taman wisata air Sungai Mudal. Bentuknya jadi kolam pemandian dengan air yang jernih dan berwarna biru tosca.

Advertisement

Selain airnya jernih, ada juga air terjun yang menyegarkan mata. Seru sih buat liburan keluarga

Meski lokasinya terpelosok, namun fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap. Ada mushola, toilet, pelampung, warung makan, gazebo, tempat camping sampai wahan flying fox juga lho. Wah mantep bener. Selain itu ‘air terjun’ mini yang indah juga bikin liburan ke sana makin betah. Kalau begini cocok banget nih buat liburan keluarga. Mandi di kolam pemandian alami dengan pemandangan alam yang menyejukkan jiwa dan mata.

Untuk tiketnya sendiri, kamu cukup membayar 6 ribu rupiah untuk sekali masuk. Murah banget kan?

Advertisement

Lokasi tempat wisata ini memang bisa dibilang agak jauh dari kota Jogja. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Sungai Mudal lumayan jauh yaitu sekitar 33,2 kilometer. Jarak ini memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor sekitar 1 jam saja.

Tiket masuk ke Sungai Mudal ini relatif cukup murah, cukup 6 ribu rupiah saja kamu bisa menyelami segarnya air Sungai Mudal. Sementara itu karcis parkirnya 2 ribu rupiah untuk motor dan 3 ribu rupiah untuk mobil.

Nanti kalau Corona sudah reda, segera packing ranselmu ke Jogja lagi ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE