Bicara mengenai danau, biasanya danau di Indonesia tercipta akibat letusan gunung berapi dan menciptakan kubangan besar yang kemudian terisi air hujan. Sebutlah Danau Toba ataupun Danau Segara Anak di Rinjani. Danau-danau ini tercipta akibat aktivitas vulkanik. Sementara di luar sana, danau tak cuma terbentuk dari letusan gunung berapi. Bisa jadi karena es yang meleleh dan menjadi kubangan air serupa danau.

Ada fenomena unik yang barangkali cuma terjadi di Austria. Ada sebuah taman unik yang bentang alamnya berubah ketika berubah musim. Green Lake, sebuah danau yang wujudnya tidak berupa danau sepanjang waktu. Sebelumnya, danau ini adalah berupa taman yang sangat indah dengan bangku-bangku dan juga jembatan. Tak lupa pohon-pohonnya pun menghiasi taman tersebut. Lantas kenapa taman ini bisa berubah jadi danau? Aneh tapi nyata memang, tapi ada penjelasan ilmiahnya. Yuk simak sama-sama.

Terdengar aneh memang, tapi taman di Austria ini memang berwujud taman selama musim dingin. Tapi jadi danau di musim panas. Unik banget kan?

saat musim dingin, tamannya keren via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Ada sebuah taman yang bisa dikatakan paling unik di dunia. Taman ini berada di desa desa Tragoess, negara Bagian Styria, Austria. Dari pusat Kota Graz, jaraknya hanya sekitar 2 jam naik mobil untuk tiba di danau yang persisnya ada di kaki Pegunungan Hochschwab. Ketika musim dingin, taman ini benar-benar berwujud taman, lengkap dengan kursi dan jembatan. Dataran ini benar-benar kering dan bisa untuk bermain menikmati pemandangan gunung yang sangat indah di sana. Jalanan setapak yang tertata rapi dan bangku-bangku kayu ada di tiap sudut tamannya. Tapi sayangnya, taman itu cuma bisa dinikmati pada saat musim dingin saja.

Namun ketika musim semi hingga musim panas (summer) maka es di pegunungan Hochschwab akan mencair dan menenggelamkan taman ini

tamannya tenggelam via holidaystoaustria.com

Berbeda dengan musim dingin yang bisa menampilkan taman secara utuh, di musim panas taman ini justru berbeda 180 derajat. Ketika musim panas, salju dari pegunungan Hochschwab akan mencair dan debit air dari Green Lake akan melesat naik. Taman ini pun akan tenggelam dengan sangat dramatis. Memang tidak dalam, hanya sekitar 2 meter, namun itu sudah cukup menenggelamkan bangku dan jembatan di taman itu. Termasuk pohon-pohonnya juga. Dunia taman sudah berpindah ke dunia bawah air. Menakjubkan sekali bukan?

Banyak yang memanfaatkan perubahan ini untuk diving di danau ini. Bahkan ada operator wisatanya pula. Keren banget ya diving di sana

indah banget ya via www.dailymail.co.uk

Airnya yang jernih dan bersih membuat traveler ingin menikmati diving di danau tersebut. Apalagi pemandangan sekitarnya juga indah banget. Paduan pegunungan salju dengan hutan-hutan hijau sangat melengkapi keindahan danau ini. Maka tak salah tempat ini jadi destinasi wisata yang cukup populer di Austria sejak 3 tahun silam. Tur diving di danau ini harganya sekitar 7 juta rupiah.

diving di taman yang tenggelam oleh air via www.bbc.com

Advertisement

Nah, kamu tertarik nggak ke taman yang tenggelam ini. Unik banget sih ya. Kalau kita punya Umbul Ponggok sih, mirip kan? Hehehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya