Purwokerto, sebuah kota di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah ini ternyata memiliki surga tersembunyi yang layak kamu sambangi. Bukan hanya punya beragam kuliner yang bisa kamu santap, kota yang sering disebut sebagai kota kripik ini memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa indahnya. Dari sekian banyak destinasi wisata yang berada di sana, kamu bisa mencoba menjelajahi Telaga Sunyi yang sudah nggak diragukan lagi keindahannya.

Sesuai dengan namanya, telaga ini merupakan aliran sungai yang hening dan sunyi. Diselimuti dengan udara sejuk serta dikelilingi oleh alam yang berada di sekitarnya menjadikan tempat ini masih asri dan alami. Hal tersebutlah yang membuat banyak wisatawan datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan. Bukan hanya bisa menjernihkan pikiran, kamu juga akan merasakan kenikmatan Tuhan yang tidak bisa lagi kamu dustakan.

Advertisement

Lalu hal menarik apa aja sih yang bisa kamu eksplorasi di Telaga Sunyi ini?

Akses yang mudah dan nggak jauh letaknya dari tempat wisata Baturaden, Telaga Sunyi ini bisa kamu capai dengan mobil ataupun motor

kamu bisa berenang di tempat ini via jalan2.com

Berlokasi sekitar 3 km dari salah satu destinasi terkenal di Purwokerto, yakni Baturaden kamu bisa ke sana hanya dalam waktu 15 menit saja. Telaga Sunyi ini terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Karena kota yang terkenal adalah Purwokerto, jadi tempat ini dianggap berada di Purwokerto. Hehehe. Ya mirip Borobudur yang sering dianggap wisata Jogja.

Akses jalan menuju Telaga Sunyi ini juga sangat mudah. Kamu bisa menggunakan kendaraan beroda empat atau roda dua. Untuk bisa mencapai ke titik telaga ini, kamu hanya perlu berjalan kaki dari area parkiran. Akan ada jalan setapak dengan pemandangan indah seperti anak sungai yang jernih dan bersih, serta area persawahan yang begitu cantik.

Memiliki spot yang ciamik, foto underwater kamu bisa lebih kece karena airnya yang sangat jernih

bersih banget airnya via www.instagram.com

Advertisement

Jika kamu sangat menyukai kegiatan di bawah air, kamu bisa langsung nyebur dan merasakan kesegarannya. Jajaran batu yang berada di dasar telaga ini bisa menjadi spot cantik buat kamu yang ingin berswafoto di dalam air. Tak hanya indah di lihat dari atas, Telaga Sunyi juga sungguh menawan dari dalam air.

Tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini juga cukup murah, yakni hanya Rp 7.000 saja. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati jernihnya air di Telaga Sunyi. Bebatuan besar yang ada di dalamnya pun bisa terlihat dengan jelas dari daratan. Udara yang jernih jauh dari polusi juga bisa kamu hirup untuk bisa menenangkan pikiran. Rasanya sunyi dan bikin adem hati.

Percaya nggak percaya, ternyata Telaga Sunyi ini juga menyimpan mitos dari para leluhur kita terdahulu

sejernih ini airnya! via www.instagram.com

Namanya juga alam, sudah seharusnya kita jaga bersama tanpa mengotorinya dengan sampah maupun perkataan yang sembarangan. Di tempat ini, penduduk lokal mempercayai beberapa mitos yang memang sudah sering terjadi. Salah satu mitos yang dipercayai di sini ialah ketika seseorang berkata kotor akan ada makhluk halus yang mendorong sampai ke dasar sungai.

Menurut beberapa wisatawan yang telah mengunjungi tempat ini, sudah banyak yang membuktikan mitos ini. Ya terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, kita memang nggak seharusnya berkata kasar di manapun apalagi di alam bebas. Bukan tanpa alasan jika hal itu benar adanya, tapi namanya juga kita berkunjung ke tempat orang lain harus tetap menjaga sopan santun.

Jadi tunggu apa lagi, waktu tempuh dari Jakarta ke Purwokerto yang hanya 5 jam dengan kereta pasti buat kamu tergiur untuk mengeksplorasi wisata di Purwokerto maupun Banyumas yang satu ini. Tak hanya Telaga Sunyi, kamu juga bisa menjelajah ke berbagai tempat lainnya. Tapi ingat ya, terus jaga kebersihan dan bersikap yang baik di manapun kamu berpetualang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya