7 Tempat Bersejarah di Bandung yang Bisa Kamu Kunjungi. Kalau ke Bandung, Jangan Lupa Nggak Main ke Sana!

Tempat bersejarah di Bandung

Bandung bukan hanya terkenal karena udaranya yang sejuk dan makanannya yang enak serta melimpah ruah lho SoHip. Ibu kota provinsi Jawa Barat ini juga sarat dengan cerita sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.

Advertisement

Untuk masalah sejarah dan perjuangan, kota yang memiliki sebutan Paris Van Java ini nggak kalah dengan kota-kota lain seperti Jakarta, Surabaya, atau Yogyakarta. Bandung memiliki segudang cerita dan peristiwa sejarah yang sampai sekarang masih bisa SoHip nikmati untuk mengenang perjuangan para pahlawan atau sekedar menambah ilmu pengetahuan kalian. Nah jika ingin melakukan wisata sejarah, kamu bisa mendatangi destinasi-destinasi berikut ini

Gedung Merdeka, tempat dilaksanakannya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pertama

Tampak depan Gedung Merdeka | Credit: Paul Arps via commons.wikimedia.org

Gedung ini menjadi sebuah saksi sejarah bagaimana bangsa Indonesia melakukan inisiasi untuk membangun sebuah kerjasama negera-negara Asia dan Afrika dalam berbagai bidang untuk melawan ketidakadilan dan penjajahan. Gedung dengan arsiterktur kolonial ini pernah beberapa kali beralih fungsi. Dari toko hingga sebuah klub mewah tempat perkumpulan orang-orang Belanda yang bernama Societeit Concordia.

Gua Belanda di Tahura yang menyimpan aura mistis

Pintu Masuk Gua Belanda | Credit: michiel1972 via commons.wikimedia.org

Gua yang lokasinya berada di dekat area Taman Hutan Raya (Tahura) di derah Djuanda ini, pada masa kolonial digunakan sebagai tangki penyimpanan air untuk musim kemarau.  Selain dijadikan sebagai cadangan air, gua ini juga menjadi sebuah benteng pertahanan milik Belanda. Terdapat sekitra 15 lorong dan beberapa ruangan yang bisa SoHip telusuri di sini. Buat pecinta misteri, kabarnya gua ini juga menjadi salah satu spot angker yang wajib dikunjungi jika kamu ke Bandung

Advertisement

Gedung Indonesia Menggugat, saksi bisu peradilan Soekarno melawan penjajah

Meskipun terlihat seperti rumah biasa, Gedung Indonesia Menggugat ini pernah menjadi lokasi peradilan Soekarno dan pejuang lain atas tuduhan hendak menggulingkan pemerintah Hindia Belanda. Pidato pembelaan Soekarno dalam persidangan tersebut kemudian dikenal dengan nama “Indonesia Menggugat”. Atas dasar itulah kini gedung tempat dilangsungkannya persidangan tersebut dikenal dengan nama Gedung Indonesia Menggugat. Selain menjadi tempat sejarah kini Gedung Indonesia Menggugat juga berfungsi sebagai tempat penelitian, pameran atau ruang pertemuan dan kebudayaan.

Gedung Sate, pusat pemerintahan Jawa Barat yang terkenal karena memiliki atap unik

Gedung Sate, icon Bandung dan Jawa Barat | Credit: Merbabu via commons.wikimedia.org

Siapa sih yang nggak kenal sama gedung satu ini? Gedung yang menjadi ikon kota Bandung dan memiliki atap menyerupai sate ini kini berfungsi sebagai pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Meski SoHip nggak bisa masuk ke sini sembarangan, tetapi di sekitar kawasan gedung ini terdapat sebuah museum yang bisa kamu kunjungi. Di dalamnya, kamu bisa mencoba wahana virtual reality untuk melihat pemandangan Gedung Sate dengan lebih jelas.

Monumen Bandung Lautan Api, untuk memperingati pengorbanan dan kegigihan rakyat Bandung melawan penjajah

Monumen yang masih satu wilayah dengan Taman Lampion Tegalega ini menjadi salah satu spot yang ramai dikunjungi wisatawan. SoHip pernah dengar kisah “Bandung Lautan Api” yang juga tercantum dalam lirik lagu “Halo Halo Bandung“? Nah monumen ini didirikan untuk mengingat perjuangan rakyat Bandung yang rela membakar habis kotanya agar tidak jatuh ke tangan musuh. Oh iya, kalau mampir ke sini, kamu juga bisa mengunjungi Taman Lampion Tegalega yang memiliki lampion dengan bentuk yang beraneka ragam lho, lumayan buat foto-foto!

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat yang menceritakan perjuangan rakyat Jawa Barat dari dulu hingga kini

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat dari dekat | Credit: RiskiAndikaS via commons.m.wikimedia.org

Monumen yang letaknya nggak jauh dari Gedung Sate ini ternyata juga memiliki sebuah museum lho. Dalam museum tersebut terdapat tujuh buah diorama yang menceritakan sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat dari masa kerajaan hingga kemerdekaan. Di sekitaran daerah monumen ini juga banyak dipadati oleh pedagang/pasar kaget pada hari Minggu.

Jalan Braga yang bakal bikin kamu merasakan “Bandung Tempoe Doeloe”

Jalan Braga, buat SoHip yang ingin menikmati suasana Bandung tempo dulu | Credit: J-lorentz via commons.wikimedia.org

Jalan Braga adalah salah satu bagian Bandung yang menjadi bagian “kota tua”. Di sini SoHip serasa berjalan melintasi lorong waktu kembali ke zaman kolonial karena masih banyak bangunan bergaya klasik peninggalan zaman Hindia Belanda yang masih berdiri kokoh di daerah ini. Sekarang, daerah ini juga sudah mulai dipenuhi dengan tempat nongkrong anak muda yang hits dan memiliki dekorasi yang aesthetic.

Bandung bukan sekedar batagor, udara dingin, dan hujan semata. Kota ini selain menjadi pusat Jawa Barat, juga menjadi salah satu saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia dalam mempertahankan atau merebut kemerdekaan. Nah buat SoHip yang ingin mengenal Bandung lebih dalam lagi, kamu bisa banget mengunjungi tempat-tempat yang ada di atas. Jadi kira-kira kamu mau ke tempat yang mana dulu nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE