Ada banyak tempat indah di muka bumi yang menarik untuk dikunjungi. Namun, ada pula beberapa tempat, sebagian besar tak berpenghuni, yang ternyata memiliki pesona sekaligus terbalut misteri.  Jika kamu adalah seseorang yang bernyali besar dan menyukai tantangan, mungkin kamu akan lebih tertarik untuk menguji nyalimu di tempat-tempat seru dan seram berikut ini.

1. Menara Pendingin IM, Belgia

IM Cooling Tower via www.chaosurbex.com

IM Cooling Tower adalah sebuah menara pendingin yang menjadi bagian dari pusat pembangkit listrik di Monceau, Belgia. ketika beroperasi, menara ini bisa mendinginkan 480.000 galon air panas dalam semenit. Pusat pembangkit listrik ini ditutup tahun 2006.

2. Kolmanskop, Namibia

Pemandangan di balik dinding Kolmanskop via photography.nationalgeographic.com

Kota mati via www.lovethesepics.com

Advertisement

Kolmanskop di Namibia merupakan kota mati yang dulunya besar karena tempat tersebut kaya akan berlian. Namun, setelah cadangan berlian di tambang-tambang habis, kota ini mulai ditinggalkan para penghuninya dan kini menjadi kota tak berpenghuni yang pelan-pelan ditelan pasir gurun.

3. Hutan Terapung di Sydney, Australia

Hutan Terapung via animalnewyork.com

Hutan terapung ini telah berusia 100 tahun lebih dan merupakan sisa-sisa dari kapal SS Ayrfield, yang mulanya akan dibongkar di Teluk Homebush setelah Perang Dunia II. Namun sebelum kapal ini dibongkar, tempat pembongkarannya ditutup dan akhirnya kapal ini terbengkalai di pesisir. Kapal ini terlihat indah sekaligus menyeramkan.

4. Pripyat, Ukraina

Taman bermain di Pripyat via abandonedplanet.tumblr.com

Didirikan tahun 1970, Pripyat merupakan tempat tinggal bagi pekerja-pekerja Chernobyl. Bencana nuklir tahun 1986 membuat kota ini terpapar radiasi dan menjadi kota mati. Sekarang, kota ini bisa dikunjungi bersama pemandu khusus.

5. Nara Dreamland, Jepang

Lintasan wahana roller-coaster via www.totorotimes.com

Nara Dreampark adalah taman bermain yang terinspirasi oleh Disneyland. Tempat ini dibangun tahun 1961 dan ditutup pada 31 Agustus 2006 karena kekurangan pengunjung. Nara Dreampark merupakan salah satu destinasi favorit bagi penjelajah urban, meski harus kucing-kucingan dengan penjaga keamanan. Konon tempat ini berhantu.

6. Tempat Penggilingan di Sorrento, Italia

Penggilingan yang terlupakan via pixeldustvisions.blogspot.com

Di sebuah kota bernama Sorrento yang terletak di dekat Naples, Italia bagian selatan, terdapat lembah yang cukup dalam yang disebut Valley of Mills, atau Lembah Penggilingan. Tempat penggilingan ini beroperasi sejak tahun 900-an dan produksi utamanya adalah tepung. Tempat ini ditutup tahun 1886 karena pembangunan Tasso Square membuatnya terisolasi dari lautan, mengakibatkan tingkat kelembaban menjadi tinggi.

7. Stasiun Sentral Michigan di Detroit, AS

Michigan Central Station via doppelgangerurbex.blogspot.com

Bagian dalam stasiun Michigan via urbnexplorer.com

Stasiun ini dibangun pada 1913 di Detroit sebagai salah satu pusat transportasi massal yang baru. Namun, kesalahan  serta perubahan perencanaan membuat tempat ini ditutup pada 1988. Tempat ini beberapa kali digunakan untuk syuting.

8. Rumah kayu tak berpenghuni, Rusia

Rumah kayu Rusia via englishrussia.com

Rumah kayu yang indah dengan dekorasi bangunan yang unik ini berada di pedalaman hutan Rusia. Area yang terisolasi membantu bangunan ini tetap utuh.

9. Lawang Sewu, Semarang, Indonesia

Bangunan yang dibangun Belanda tahun 1904 ini dinamakan Lawang Sewu karena memiliki pintu yang jumlahnya sangat banyak. Ketika dikuasai Jepang, tempat ini dijadikan markas militer dan penjara. Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan paling terkenal di Indonesia karena nilai sejarah serta daya tarik mistisnya.

10. Kota Bawah Air di Shicheng, China

Lion City via giraff.md

Kota bawah air yang menakjubkan ini telah berusia lebih dari 1300 tahun lho. Kota ini tenggelam pada tahun 1959 selama pembangunan pembangkit listrik tenaga air di Sungai Xin’An. Air melindunginya dari erosi angin dan hujan, sehingga kondisinya saat ini masih tergolong baik.

11. Hotel Salto, Kolombia

Hotel Salto dan air terjun Tequendema via desertedplaces.blogspot.com

Hotel de Salto didirikan pada 1928 di dekat air terjun Tequendema, Kolombia untuk memfasilitasi turis yang berkunjung ke air terjun. Tempat ini ditutup di awal 90-an karena minimnya pengunjung dan dibuka kembali tahun 2012 sebagai museum.

12. Pulau Hashima, Jepang

Pulau Hashima dari kejauhan via www.totorotimes.com

Gedung-gedung terbengkalai di Hashima via www.totorotimes.com

Pulau Hashima punya beberapa julukan, antara lain Pulau Kapal Perang dan Pulau Hantu. Dari akhir 1800-an sampai akhir 1900-an, pulau ini berpenghuni karena memiliki akses ke tambang batubara yang berada di bawah laut. Namun, ketika Jepang beralih dari batubara ke minyak, tempat ini ditutup dan ditinggalkan.

13. San Zhi, Taiwan

Bangunan-bangunan di San Zhi via test.photomonde.fr

Bangunan-bangunan mirip UFO di San Zhi mulanya diperuntukkan sebagai destinasi liburan, terutama bagi perwira-perwira AS yang pulang dari bertugas di Asia. Namun, karena investasinya dicabut dan sempat terjadi kecelakaan, tempat ini dututup tak lama setelah selesai dibangun. Bangunan-bangunan ini akhirnya dibongkar tahun 2010.

14. Lubang Buaya, Jakarta

Sumur Lubang Buaya via blogs.swa-jkt.com

Lubang buaya merupakan tempat pembuangan korban-korban yang dibunuh pada pemberontakan G30S/PKI. Di tempat ini kini berdiri Lapangan Peringatan Lubang Buaya yang berisi Monumen Pancasila serta museum.

15. Rumah Sakit Tentara Beelitz, Jerman

Salah satu ruangan rumah sakit Beelitz via www.flickr.com

Berani masuk ke sini sendirian? via blog.riotmarket.com

Bekas rumah sakit militer Jerman selama Perang Dunia I, yang kemudian dikuasai Soviet sampai reunifikasi Jerman tahun 1995. Kompleks rumah sakit ini terdiri dari 60 gedung yang sebagian telah difungsikan kembali. Gedung-gedung rumah sakit yang tidak difungsikan dibiarkan begitu saja, menimbulkan suasana kota mati.

16. Pangkalan Kapal Selam di Balaklava, Ukraina

Pangkalan Kapal Selam Balaklava via www.flickr.com

Pangkalan bawah tanah ini dulunya merupakan basis militer rahasia Soviet . Kabarnya pangkalan ini bisa bertahan dari serangan nuklir karena konstruksi bawah tanahnya. Sekarang tempat ini dimanfaatkan sebagai museum angkatan laut.

17. Katakombe Paris

Susunan Tengkorak di Katakombe Paris via asa100.com

Katakombe Paris merupakan pemakaman bawah tanah yang berada tepat di bawah kota Paris, Perancis. Tempat ini merupakan gua-gua dan terowongan bekas petambangan batu yang menampung lebih dari enam juta jenazah dan dibuka untuk umum sejak 1874.

18. Rumah Sakit Hellingly, Sussex

Salah satu lorong di Hellingly via www.foroseries.com

Rumah Sakit Hellingly via thegrotesque.tumblr.com

Hellingly merupakan bekas rumah sakit jiwa yang terletak di Sussex, Inggris. Rumah sakit ini ditutup sejak 1994 dan menjadi salah satu destinasi penjelajah urban sejak tahun 2003.

19. Kastil Miranda, Belgia

Kastil Miranda, Belgia via www.proj3ctm4yh3m.com

Kastil Miranda adalah kastil bergaya abad 19 yang terletak di Celles, Belgia. Kastil ini dibangun tahun 1866 dan telah ditinggalkan sejak 1991.

20. Benteng Pendem, Cilacap

Terowongan Benteng Pendem via santoso-galeri.blogspot.com

Satu lagi bangunan peninggalan Belanda yang cukup menarik sekaligus seram. Benteng yang dibangun tahun 1861 dan rampung tahun 1879 ini difungsikan sebagai markas pertahanan pasukan hindia belanda sampai akhirnya diambil-alih Jepang pada 1942. Terowongan Benteng Pendem sering dijadikan lokasi uji nyali oleh stasiun televisi swasta.

Itulah tempat-tempat di dunia yang bisa membuat bulu kudukmu berdiri. Berminat untuk mencoba beruji nyali di salah satu tempat di atas?