Terkesan Nggak Memiliki Gravitasi, 3 Destinasi Alam Ini Akan Bikin Wisatawan Seperti di Luar Angkasa

Tempat yang tidak memiliki gravitasi

Satu hal di antara banyak hal menarik dari luar angkasa adalah di sana nggak ada gravitasi seperti di bumi. Seperti dijelaskan oleh guru mata pelajaran sains, gravitasi merupakan hukum yang menyebut kalau semua benda di alam semesta selalu tarik menarik. Batu yang di lempar dan jatuh ke tanah merupakan salah satu contoh sederhananya.

Advertisement

Nah, tapi ternyata ada lo, beberapa tempat di bumi yang “menolak” hukum gravitasi sehingga terasa seperti di luar angkasa. Bukan karena benar-benar nggak ada gravitasi, melainkan karena beberapa alasan yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Penasaran di mana saja? Yuk simak.

1. Di Bendungan Hoover, Nevada, Amerika Serikat, air yang dituang nggak akan jatuh ke bawah

Tempat pertama yang “menolak” hukum gravitasi adalah Bendungan Hoover yang terletak di antara Arizona dan Nevada. Seperti dilansir dari Bright Side, jika kamu berkunjung ke sana maka bisa membuktikan sendiri kalau air yang dituang di atas bendungan nggak akan turun melainkan naik. Persis seperti astronot di ruang angkasa kalau menuang air.

Advertisement

Nah, tapi kondisi ini terjadi bukan karena nggak ada gravitasi, melainkan karena terdapat updraft atau hentakan ke atas yang sangat kuat dari struktur bendungan. Jadi air yang naik ketika dituang alih-alih turun ini disebabkan oleh hentakan angin yang sangat kuat.

2. Mobil yang diparkir dalam keadaan gigi netral di Bukit Magnetic, Leh Ladakh, India bisa bergerak sendiri

| Ashwin Kumar from Bangalore, India, CC BY-SA 2.0 via commons.wikimedia.org

Destinasi selanjutnya yang juga “menolak” hukum gravitasi adalah Bukit Magnetic yang berlokasi di jalan raya Leh-Kargil-Baltik, India. Di tempat ini gravitasi seakan nggak berlaku karena terdapat medan magnetik yang kemudian ditandai oleh sebuah papan informasi berwarna kuning.

Advertisement

Nah, cara membuktikan kalau di bukit tersebut gravitasi “nggak ada” cukup mudah. Silakan berkendara menuju medan magnet yang ditandai papan informasi berwarna kuning, lalu parkir mobil dalam keadaan netral. Dipastikan mobil tersebut akan bergerak dengan sendirinya. Saking kuatnya magnet di bukit ini, konon pesawat Angkatan Udara India enggan melintas di atas kawasan ini demi menghindari gangguan.

3. Nggak seperti layaknya air terjun, Air Terjun Kepulauan Faroe mengucur deras ke arah atas

View this post on Instagram

A post shared by @sasha_gnatyk

Nah, mirip-mirip seperti fenomena di Bendungan Hoover, di Kepulauan Faroe, Samudera Atlantik antara Skotlandia dan Islandia kamu bisa menemukan air terjun yang mengucur ke arah atas. Sebenarnya ada banyak air terjun seperti ini di dunia. Tapi yang satu ini cukup fenomenal di kalangan wisatawan karena pemandangannya juga menakjubkan. Penyebab mengapa air terjun ini mengucur ke atas alih-alih ke bawah adalah karena kekuatan angin seperti yang berlaku di Bendungan Hoover.

Nah, itu dia 3 destinasi alam yang unik karena terkesan nggak memiliki hukum gravitasi. Di samping itu, ada banyak destinasi buatan yang didesain khusus jika kamu benar-benar ingin merasakan sensasi zero gravity.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE