Naik pesawat bukanlah sebuah hal yang mewah bagi traveler. Bagi yang suka traveling, naik pesawat sudah jadi kebiasaan sehari-hari. Dari nongkrong dan tidur dari bandara ke bandara pun sudah biasa. Sebagai traveler, naik pesawat tentu jadi sebuah rutinitas yang menyenangkan ya.

Tapi ternyata ada banyak hal di pesawat yang mungkin belum kamu ketahui. Hipwee Travel kali ini bakal mengulas 10 rahasia yang ada dalam pesawat. Yakin deh nggak banyak yang udah kamu tahu. Nggak percaya? Yuk simak aja ulasannya seperti dilansir Insider Travel.

1. Masker oksigen hanya mampu memompa oksigen selama 15 menit aja lho!

masker oksigen via www.thisisinsider.com

Advertisement

Masker oksigen yang sering banget diperagakan oleh pramugari ternyata cuma bisa kamu gunakan selama 12-15 menit. Tapi tenang aja, biasanya pilot sudah mampu mengatur pesawat turun di ketinggian yang aman. Oh iya, kalau kamu nggak menggunakan masker oksigen saat pesawat tiba-tiba menurunkan ketinggian, dalam 30 detik kamu bisa pingsan lho!

2. Secara teknis, tidak mungkin ada kematian di dalam pesawat yang tengah mengudara

tidak mungkin mati saat di dalam penerbangan via www.thisisinsider.com

Seperti dilansir dari BBC, tidak adanya awak kabin yang bisa menentukan waktu kematian seseorang di pesawat, menjadikan secara teknis tidak mungkin ada kematian di pesawat. Secara hukum, tidak ada kematian di dalam penerbangan karena individu akan dinyatakan mati saat mendarat.

3. Jika ada seseorang mati di tengah penerbangan, tidak ada tempat khusus untuk jenazahnya. Jadi ia hanya akan didudukkan di kursinya

jenazah akan diikat di kursinya via www.thisisinsider.com

Kebanyakan pesawat tidak mempunyai ruang penyimpanan  jenazah di kabin. Untuk itu, jenazah yang terindikasi telah meninggal akan tetap didudukkan di kursinya sembari mengikatkan tubuhnya ke kursinya jika tidak ada kursi yang kosong untuk meletakkannya. Kemudian jenazah tersebut ditutup dengan selimut.

4. Toilet di pesawat bisa dibuka dari luar lho. Ada tombol rahasia yang biasanya terletak di bawah tanda larangan merokok

toilet pesawat via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Toilet di pesawat memang tidak memberi privacy yang aman buat penumpang. Demi alasan keamanan, pintu toilet bisa dibuka dari luar melalui mekanisme kunci eksternal yang biasa diletakkan di bawah tanda larangan merokok.

5. Sebaiknya kamu tidak memesan teh atau kopi di dalam pesawat karena ternyata mengandung bakteri e coli

jangan pesan kopi atau teh via www.klikdokter.com

Pada tahun 2012, dilakukan sebuah pengujian air bersih di penerbangan komersial dan menemukan bahwa 12% hasilnya adalah positif terhadap bakteri e coli. Bakteri ini biasa ditemukan di toilet. Selain itu, ternyata wadah yang digunakan untuk kopi tidak benar-benar dicuci setiap habis digunakan.

6. Sebagian besar pramugari dibayar per jam ketika pintu mulai tertutup dan selesai ketika pintu terbuka. Jadi banyak aktivitas mereka yang tidak dibayar

pramugari via ardiantoyugo.com

Dikutip dari The Points Guy, sebagian pramugari dibayar per jam dan dihitung mulai dari pintu tertutup sampai pintu terbuka kembali. Sewaktu pramugari masuk ke bandara, mempersiapkan pesawat, menaikkan penumpang ke dalam pesawat dan ketika menurunkan pesawat, tidak dibayar oleh perusahaan. Mereka bekerja hanya ketika pintu tertutup hingga terbuka saja. Tapi ini nggak semua sih.

7. Kamu boleh meminta tambahan makanan di pesawat. Pramugari akan memberikannya jika persediaannya masih ada

kalau masih laper minta lagi aja via www.kaskus.co.id

Bicara tentang makanan di dalam pesawat, biasanya kita akan sungkan untuk meminta tambahan makanan seperti snack atau sekedar minuman dingin. Tapi sebenarnya, selama persediaannya ada, awak kabin akan memberikan tambahan buatmu. Bahkan jika masih ada sisa, mereka akan menawarimu tanpa kamu harus memintanya.

8. Boarding pass menyimpan banyak sekali informasi mengenai dirimu. Jadi jangan diunggah di media sosial

boarding pass via www.thisisinsider.com

Jangan alay upload foto boarding pass ya di sosial media. Barcode boarding pass sudah cukup bagi seseorang untuk masuk ke profilmu di situs web maskapai penerbangan dan mendapat informasi penerbanganmu. Lebih dari itu, orang dengan decoder dapat membatalkan penerbanganmu, mengganti nomor kursimu, memperoleh alamat rumahmu dan berdasarkan nomor frequent flyer-mu. Selain itu dia juga bisa melacak catatan penerbangan masa lalu dan masa depanmu. Ngeri ‘kan? Makanya jangan alay deh ya.

Gimana, apakah informasi ini cukup membantumu? Semoga perjalananmu di pesawat menyenangkan ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya