Dampak Virus Corona, Tiket Pesawat dan Hotel Akan Diturunkan Segera. Semoga Beneran ya!

Tiket Pesawat dan Hotel

Virus Corona sungguh sangat memukul dunia pariwisata nasional dan internasional. Total 150 juta wisatawan asal China adalah angka terbesar di dunia dan menyebar ke semua negara-negara tujuan wisata. Puluhan ribu turis China membatalkan liburannya ke Indonesia, terutama ke Bali. Dari 2 juta turis China ke Indonesia, bakal berkurang drastis bahkan bisa separuhnya jika wabah virus Corona belum teratasi beberapa bulan ke depan. Menparekraf Wishnutama mengatakan kerugian akibat batalnya turis China ke Indonesia menyentuh angka 54 Trilyun!

Advertisement

Dampaknya begitu terasa di Bali. Guide berbahasa Mandarin pun kini banyak yang menganggur dan beralih profesi. Jika hal ini berlarut bakal sangat menjatuhkan pariwisata RI. Untuk mengantisipasi dampak virus Corona ini, harus ada tindakan tegas yang harus dilakukan oleh stakeholders terkait pariwisata.

Langkah yang akan diambil dalam waktu dekat adalah menurunkan harga tiket pesawat dan hotel

tiket pesawat via www.hdwallpapersin.com

Dilansir dari Detik, Ketua Perhimpunan Hotel Republik Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani, berencana untuk menurunkan harga tiket penerbangan dan hotel. Hal ini dilakukan agar wisatawan mau traveling dan tidak cuma berdiam diri di rumah. Rencananya, usulan penurunan harga tiket penerbangan dan hotel akan disampaikan dalam munas PHRI yang akan diadakan Senin (10/2) lusa.

Harapannya adalah, wisatawan mau pergi liburan dengan iming-iming tiket pesawat dan hotel murah. Karena jika tidak ada stimulus itu, orang malas bepergian

liburan ke danau sentani papua via travel.detik.com

Pelaku wisata harus memutar otak agar wisatawan mau memindahkan tujuan wisata ke dalam negeri. Sebenarnya pengusaha dalam sektor pariwisata punya potensi meningkatkan jumlah wisatawan domestik ke destinasi wisata. Hal ini dikarenakan banyak wisatawan domestik yang mengalihkan perjalanan wisatanya dari luar negeri ke Indonesia. Tentu dengan stimulus berupa iming-iming tiket murah dan akomodasi yang terjangkau. Hal ini dikarenakan selama ini tiket pesawat ke luar negeri lebih murah ketimbang di dalam negeri.

Advertisement

Beberapa hari lalu, Menparekraf Wishnutama sudah berencana memberikan diskon ke tiga rute domestik. Mana saja?

tiket pesawat turun? via www.merdeka.com

“Jadi usaha untuk meningkatkan wisatawan lokal untuk berlibur di Indonesia ini adalah salah satu upaya kita untuk melindungi atau menjaga industri pariwisata secara umum, khususnya di Bali sulsel dan di daerah Bintan,” terang Wishnutama.

Tak cuma pelaku usaha yang berpikiran demikian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, juga punya pendapat senada. Beberapa hari lalu, Wishnutama menekankan bahwa akan ada diskon penerbangan, terutama ke 3 rute domestik seperti Bali, Sulawesi Utara dan Bintan. Konsepnya serupa, mengubah tujuan wisata dari luar negeri (China, Jepang, Korea, Singapura dst) ke destinasi wisata dalam negeri.

Advertisement

“Rencananya, mau ada diskon buat tiga rute domestik; Bali, Sulawesi Utara, dan Bintan. Jadi, ini upaya yang kita lakukan, karena di beberapa tempat dampaknya terasa sekali,” tambahnya.

Kita tunggu aja ya. Semoga benar ada penurunan harga tiket penerbangan dan hotel ya. Awas aja kalau PHP lagi kaya yang kemarin-kemarin. Hehehe.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE