Jujur saja pasti pernah terbesit dalam pikiranmu buat solo traveling. Cuma karena kamu cewek, muncul keraguan pengen merealisasikannya. Rasa khawatir jalan-jalan sendirian berhari-hari tanpa ada yang menemani adalah salah satunya. Padahal, solo traveling bisa juga sebagai pintu dimulainya kamu mandiri dan belajar interaksi dengan orang baru lo.

Meski traveling sendirian, jangan sampai kamu benar-benar kesepian pas jalan-jalan. Nah, untuk itu kamu harus cari teman atau kenalan baru. Caranya gimana ya? Simak dalam ulasan berikut ini biar solo traveling-mu aman dan berkesan.

1. Cari tahu informasi tempat wisata yang kamu datangi. Biar mudah akrab dan nggak gampang ketipu sama kenalan baru

cari tahu dulu (photo by: Daria Nepriakhina) via unsplash.com

Advertisement

Untuk menyiapkan liburan, kamu harus bikin itinenary. Baiknya kamu cari tahu secara lengkap dulu beragam informasi terkait tempat-tempat wisata yang bakal dikunjungi. Mulai dari lokasinya aman atau tidak, transportasi dan tempat makannya mudah ditemukan atau tidak. Dengan begitu, informasi yang kamu dapat bisa di-share ke kenalan baru biar makin akrab. Di sisi lain, kamu pun jadi nggak mudah ketipu sama orang-orang baru yang ditemui nanti. Dengan informasi yang cukup kamu bisa enjoy ngobrol sama orang baru tanpa takut ditipu.

2. Kamu harus ramah, tapi ada batasnya. Biar mudah dapat temen jalan namun terlalu percaya ya

ramah boleh, tapi ada batasnya via www.pexels.com

Ramah jadi kunci paling gampang buat nyari temen jalan. Pasti senang banget bertemu orang baru yang seru dan klop sama kamu dalam beberapa hal. Tapi seasyik-asyiknya mereka jadi teman, kamu harus beri batasan. Jangan sampai terlalu percaya atau bertukar informasi pribadi. Mau bagaimanapun, mereka baru kamu kenal beberapa hari doang. Benar nggak?

3. Pasang earphone saat bingung mau ngobrol apa lagi. Lumayan juga buat hindari mereka kalau lama-lama bikin risih

pasang earphone (photo by: Siddarth Bhogra) via unsplash.com

Jangankan sama orang baru, dengan orang yang sudah lama kita kenal bisa saja muncul situasi awkward. Sudah habis bahan obrolan misalnya atau takut salah ngomong karena khawatir nanti dibilang sok akrab. Kamu pun bisa antisipasi momen seperti ini dengan pasang earphone. Btw, cara ini juga sekaligus bisa menghindari mereka kalau lama-lama bikin risih ~

4. Kenalan baru bukan berarti sesama traveler doang. Coba akrabkan diri dengan penduduk setempat

kenalan sama penduduk setempat (photo by: Alicia Steels) via unsplash.com

Advertisement

Ketika solo traveling, kita bisa saja bertemu dengan sesama solo traveler. Tapi sebenarnya nggak melulu sama solo traveler karena kenalan dengan penduduk setempat nggak kalah berkesan. Justru, kamu jadi tahu lebih dekat identitas masyarakat setempat. Terlebih, bisa saja kamu nanti diajak berkeliling kota, dibantu mencari penginapan, atau diberikan makanan lo!

5. Bantu traveler lain yang kesulitan semampumu. Yang penting perlihatkan dirimu ikhlas membantu

bantu fotoin misalnya (photo by: Daria Shevtsova) via www.pexels.com

Salah satu cara jitu supaya cepat dapat kenalan baru yaitu jangan sungkan bantu sesama traveler semampumu. Bantuan receh seperti kamu yang fotoin mereka misalnya, itu bisa membuka peluang dapat kenalan. Lagipula mereka juga bakal bantuin kamu kok. Selama bantu-bantuan yang diberikan satu sama lain sesuai kemampuan dan ada batasan, aman dan berkesan.

6. Jangan lupa minta akun media sosial mereka jika kamu memang pengen meneruskan pertemanan dengan kenalan baru

minta akun media sosialnya (photo by: Josh Rose) via unsplash.com

Ada kalanya kamu temukan teman baru yang memang asyik jadi teman liburan. Jika mereka terlihat nggak keberatan berteman, kamu bisa minta akun media sosialnya. Lambat laun kamu nanti makin mengenalnya dan yang penting selama berteman dengan mereka, kamu tahu batasan. Semoga deh setelah liburan kalau kalian memang cocok berteman, bisa makin akrab dan jadi teman jalan-jalan di liburan selanjutnya.

Jadi traveler cewek yang pengen solo traveling memang susah-susah gampang. Saat mau cari kenalan baru misalnya, kamu nggak boleh asal bersikap lo. Maka dari itu, terapkan 6 tips tadi biar liburanmu aman dan berkesan.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya