Yeah, bentar lagi liburan lebaran tiba! Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, liburan Idul Fitri dimanfaatkan buat kumpul-kumpul bareng keluarga yang (mungkin) cuma setahun sekali bisa dikunjungi.

Udah kebayang gembiranya ketemu kakek-nenek kamu, sepupu, keponakan dengan segala tetek bengeknya? Sabar dulu, satu perjalanan maha agung harus kamu lalui dulu: Mudik! Ya, tradisi khas Indonesia ini bisa jadi mimpi buruk bagi kamu.

Gimana nggak? Jutaan kendaran mengangkut puluhan juta penumpang bergerak berbarengan di saat yang sama. Namun, mudik itu gak harus bosenin kok. Malah kamu bisa tetap have fun selama diperjalanan. Ikuti tips mudik aman dan asik ala Hipwee.

1. Periksa Dulu Kondisi Kendaraan Kamu

Bawa mobil ke bengkel untuk di servis via kingcustomz.co.za

Andai kata kamu mudik menggunakan mobil pribadi, (Hipwee gak menganjurkan kamu naik motor) cek dulu kondisinya. Mulai dari ban serta ban cadangan, lampu, pelumas dan mesin. Untuk lebih aman, bawa mobil kamu ke bengkel terdekat buat perawatan dan jelasin ke mekaniknya kalo kamu mau mudik menggunakan mobil yang ini.

Advertisement

Jangan lupa periksa kelengkapan dokumen mobil seperti STNK dan SIM. Kalau kamu naik kendaraan umum gak ada salahnya kok buat tanya-tanya sopir atau kernetnya soal kondisi mobil atau bus-nya.

2. Jaga Kondisi Tubuh Kamu

Kalo udah mulai ngantuk segera istirahat via www.beritagar.com

Terutama jika kamu yang menyetir. Pastikan kamu udah tidur lebih dari 6 jam sebelum tancap gas. Jangan melakukan perjalanan dengan perut kosong, makan dulu, dong. Jika kamu puasa pilihan terbaik ialah berangkat setalah santap sahur. Jangan memaksakan nyetir kalau udah ngantuk, segera menepi dan beristirahatlah.

Manfaatkan waktu solat dan makan untuk tidur selama 15 menit. Walaupun kamu gak nyetir kamu juga harus berada dalam kondisi yang fit untuk mudik karena perjalanan akan sangat panjang dan daya tahan tubuhmu pasti akan diuji.

Beberapa hari sebelum mudik, perhatikan apa yang kamu makan. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan protein jadi gak cuma karbohidrat aja yang kamu santap.

3. Pack Like A Pro!

Bundle-wrapping via www.onebag.com

Urusan packing barang kadang emang bikin pusing. Kamu mau bawa pakaian sebanyak mungkin dengan koper yang sedikit mungkin, kalau perlu cukup satu koper aja. Daripada melipat atau menggulung pakaian, yang bisa bikin kusut, coba teknik bundelan.

Pertama kamu musti tentuin baju apa aja yang mungkin kamu bawa, lalu tinggalkan beberapa yang gak penting dan cuma bikin tas kamu penuh. Untuk bikin bundelan, mulai dari pakaian yang bahan kainnya paling berat seperti jas, jaket atau coat. Rentangkan di permukaan yang datar, lalu lapisi dengan satu kemeja tapi dalm posisi yang terbalik, seperti gambar (1&2). Khusus untuk celana posisinya harus melintang (3).

Ulangi lagi membuat lapisan seperti langkah (1,2,3) hingga semua pakaian yang mau kamu bawa tersusun. Lalu letakkan inti bundelan di atas lapisan itu (4). Inti bisa berisi, pakaian dalam, kaos kaki dan peralatan mandi. Kemudian mulailah membungkus inti mulai dengan celana lalu baju (5,6).

Bundelan kamu udah siap tinggal di masukan ke koper dan ternyata masih meninggalkan ruang buat barang lain. Karena bundelan tadi emang hemat tempat.

4. Hati Tenang Meninggalkan Rumah

Lengkapi rumah dengan alarm via rack.0.mshcdn.com

Satu hal yang paling penting saat ninggalin rumah dalam keadaan kosong ialah: jangan bikin rumah keliatan kosong. Karena rumah yang kelihatan banget kosong adalah undangan terbuka bagi para pencuri. Minta agen koran kamu gak mengantarkan koran selama kamu pergi, pasang lampu otomatis yang menyala ketika mulai gelap dan tetap susun sepatu di depan pintu rumah.

Dengan begitu rumah kamu terlihat seperti berpenghuni. Simpan uang dan perhiasan di bank, cabut perabotan dari listrik, cabut gas, dan matikan saluran PDAM. Informasikan ke tetangga yang kamu percaya bahwa kamu lagi mudik. Kalau perumahanmu ada satpamnya, infokan ke mereka juga. Dengan begitu kamu bisa tenang mudik karena tahu rumah kamu udah aman.

5. Bawa Bekal Dan Obat-Obatan

Sebaiknya bawa bekal dari rumah, makanan yang kering dan gak mudah basi selama di jalan. Hindari makan yang pedas dan bersantan, kamu gak mau kan dapat masalah perut di dalam bus?

Roti, biskuit dan kacang-kacangan adalah pilihan yang aman, tapi gak ada salahnya kamu bawa pisang, jeruk dan apel. Sebisa mungkin hindari menerima makanan dari orang asing karena bisa-bisa kamu jadi korban pembiusan.

Jangan lupa bawa obat-obat yang memang kamu butuhkan atau untuk sekedar berjaga-jaga bawa obat anti mabuk, obat maag dan obat sakit kepala. Dan yang paling penting, bekali dirimu dengan air putih.

6. Agar Gak Menderita Selama Duduk

Senam saat duduk via www.evaair.com

Pastikan kamu minum air putih secara berkala, jangan biarkan diri kamu dehidrasi. Gerakkan otot betis, perut dan pantan secara teratur, kencangkan dan kendurkan agar peredaran darah kembali ke jantung tetap lancar. Angkat kedua tumit kaki, dengan bola kaki tetap di lantai, lalu turunkan kembali. Lalu sebaliknya, kali ini bola kaki yang diangkat dan tumit tetap di lantai.

Rajin-rajinlah meluruskan kaki sejauh mungkin jika ada ruang di depan kamu. Kalau kamu naik bus atau pesawat, sesekali berjalan sepanjang lorong gak apa-apa, kok. Selama kamu tetap tertib dan gak ganggu penumpang lain apalagi ganggu sopir atau pilot.

7. Mencegah Mabuk Perjalanan

Mungkin dia lelah via www.otomotifnet.com

Penyebab mabuk perjalan bisa bermcam-macam, ada yang mabuk karena kelelahan dan pusing, ada yang mabuk karena kendaraannya terlalu kencang bahkan beberapa mabuk karena mencium aroma parfum berlebihan di bus atau bau pesing di kapal.

Pemilihan tempat duduk sangat penting buat kamu yang langganan mabuk di jalan. Kalau kamu naik kapal, pilih kabin yang di tengah karena goyangan kapal di titik ini gak terlalu terasa. Duduk di barisan sayap jika kamu mudik menggunakan pesawat. Duduk menghadap depan dan di samping jendela kalau kamu naik kereta dan duduk di samping sopir saat kamu naik mobil.

Mual-mual selama perjalanan dapat dikurangi dengan minum jahe hangat. Jika mual berlanjut makan buah-buahan yang udah kamu bawa, jeruk adalah pilihan terbaik karena aromanya yang segar. Jangan bikin mata kamu lelah dengan menoleh ke kiri dan kanan karena efek gerakan yang cepat di luar kendaraan bisa bikin kamu pusing dan mual.

Membaca emang bagus buat menghilangkan kebosanan, tapi jika kamu lagi mabuk jangan membaca dulu karena mata yang tertunduk dan lelah bisa menambah rasa mual. Jika mual udah gak bisa ditolerir, muntahkan saja. Isi lagi perut kamu lalu minum obat anti mabuk biar kamu bisa tidur nyenyak.

8. Agar Gak Bosen

Gunakan Waze, sebuah GPS berbasis sosial. via i.huffpost.com

Pertama-tama kamu harus buang jauh-jauh pikiran kalau mudik itu membosankan. Ayolah, itu perjalanan panjang yang hadiahnya adalah senyuman manis dari Ibu dan pelukan erat dari Ayah, gak ada yang lebih indah dari itu. Makanya, anggap aja mudik sebagai ibadah untuk membahagiakan keluarga.

Tapi tentu saja kamu butuh kegiatan selain duduk aja di dalam mobil, kan? Coba lengkapi dirimu dengan kamera. Gak perlu kamera mahal, kamera saku juga gak apa-apa. Besar kemungkinan kamu akan melewati beberapa kota selama perjalanan, bikin kenangan di tiap kota dengan menjepret monumen, pasar atau orang-orangnya. Kalau kamu memotret dengan kamera film malah akan lebih seru karena kamu jadi penasaran hasilnya seperti apa.

Kalau kamu penggila gadget, pastikan baterainya selalu penuh. Dan yang paling penting sih pulsa/data internetnya juga penuh hahaha…

Tetap aktif di sosial media selama perjalanan. Lagian smartphone kamu juga bisa dimanfaatkan jadi GPS kok. Unduh aja Waze. Di situ kamu bisa bernavigasi sekaligus melaporkan kemacetan, kecelakaan, hujan atau banjir ke pengguna Waze lain, jadi kalian bisa saling membantu.

Dan, cara paling ampuh untuk membunuh kebosanan selama perjalan mudik adalah terus mantengin Hipwee 🙂

9. Stay Informed

Mudik jadi asik kalau kamu punya informasi yang jelas via www.businessinsider.com

Salah satu keuntungan ada akses internet ialah kamu gak pernah ketinggalan informasi mengenai lalu lintas. Ada banyak akun twitter yang selalu update soal lalu lintas salah satunya twitter milik NTMC Polri, @NTMCLantasPolri dan beberapa milik instansi pemerintah seperti @keretaapikita, @KAI121, @AP_Airports dan @pelimfo_kemhub.

Selain itu, follow juga akun-akun bermanfaat ini, @pulkam, @twittmudik, @lewatmana dan @MudikKompas. Agar jangkauan info yang kamu terima lebih dekat dan spesifik, andalkan radio. Tiap kota yang kamu lewati punya stasiun radio masing-masing, pada musim mudik biasanya mereka melakukan liputan arus mudik yang melalui kota mereka.

Gimana guys? Udah siap mudik? Udah siap melihat wajah orang-orang tersayang? Selamat menikmati waktu bersama keluarga ya, semoga kamu selalu berbahagia!